5 Cara Mengatasi Handphone Lemot Saat Digunakan

5 Cara Mengatasi Handphone Lemot Saat Digunakan 1

Di zaman yang semakin berkembang ini, disertai juga perkembangan Teknologi yang semakin cepat pula. Salah satu contohnya ialah penggunaan Handphone atau Smartphone yang hampir dimiliki oleh semua orang, mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Penggunaan Smartphone ini pun sangat membantu aktivitas manusia, ada banyak hal yang dengan mudah dilakukan dengan bantuan smartphone ini. Maka dari itu, tidak heran semakin lama maka semakin banyak pula pengguna handphone di dunia.

Namun, handphone yang kita gunakan tidak dapat bertahan dengan keadaan awal seiring berjalannya waktu. Performa sebuah handphone akan semakin menurun jika sudah lama dipakai. Oleh sebab itu, banyak perusahaan handphone yang terus mengeluarkan model model baru dengan performa yang lebih baik dan lebih tahan. Namun untuk membeli handphone dengan performa yang lebih bagus, juga akan membuat isi dompet semakin menipis.

Nah, untuk mengatasi performa handphone yang semakin menurun, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, yaa setidaknya bisa sedikit meningkatkan performa handphone yang kita gunakan.

1. Membersihkan data yang tidak dipakai dan juga file file sampah yang ada di handphone kita. Dengan menghapus file tersebut, maka memori handphone yang tadinya penuh dan mengakibatkan handphone menjadi lemot, dapat dikosongkan yang membuat handphone akan semakin baik kinerjanya. Ada banyak cara untuk menghapus file file yang tidak digunakan tersebut, bisa menggunakan aplikasi bawaan handphone, menghapus secara manual, ataupun menggunakan aplikasi yang dapat di download di play store/appstore.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai, sering kali kita ingin mendownload aplikasi aplikasi yang kita anggap menarik. Namun tidak jarang kita semakin bosan dan tidak memakai aplikasi tersebut. Nah, kalau tidak digunakan lagi sebaiknya aplikasi tersebut langsung dihapus saja karena dengan dihapus maka, kapasitas memori dan ruang pemrosesan (RAM) akan semakin besar. Jika aplikasi tersebut tidak dapat diuninstal, maka bisa dimatikan kinerjanya supaya tidak memakan memori yang besar

3.Perbarui Sistem Operasi (OS) secara berkala dan rutin, biasanya setiap handphone akan selalu memperbaharui sistem operasi yang secara berkala. Nah, kebanyakan orang tidak memperdulikan hal itu dan tetap bertahan pada sistem operasi yang digunakanya. Sedangkan dengan memperbaharui sistem operasi juga akan meningkatkan performa ponsel dan juga memperbaiki kinerja ponsel.

4. Matikan fitur fitur yang tidak penting dan jarang digunakan, misalnya bluetooth, gps, battery saver, wifi. Aktifkanlah fitur tersebut jika ingin digunakan saja, jika tidak lebih baik kalian matikan saja guna memperbesar ruang RAM handphone kalian. RAM yang semakin kecil, akan membuat handphone kalian menjadi lemot dan membuat kinerja handphone kalian akan semakin buruk.

5. Cara terakhir jika handphone kalian sudah benar benar lemot bangetttt, kalian lakukan reset ponsel atau factory reset yang akan membuat handphone kalian akan kembali ke setelan pabrik atau keadaan dimana kalian baru pertama kali beli handphone tersebut. Sebelum kalian melakukan reset ponsel, jangan lupa kalian harus melakukan backup data yang penting agar tidak hilang saat ponsel di reset. Setelah di reset dan handphone kembali pada keadaan awal, nah kalian tinggal download ulang aplikasi yang kalian butuhkan saja untuk menghemat memori dan RAM.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Phitersam18