5 Historical Manga dengan Cerita dan Aksi yang Memukau Mata

5 Historical Manga dengan Cerita dan Aksi yang Memukau Mata 1

Manga bertema sejarah atau historical manga pada umumnya mengambil cerita berdasarkan suatu kejadian bersejarah di masa lalu, walaupun begitu cerita yang ditampilkan di dalamnya tidak selalu sama persis dengan kejadian aslinya. Pada umumnya manga ini bergenre seinen karena setiap unsurnya selalu digambarkan serealistis mungkin mulai dari art, adegan pertarungan, latar tempat hingga karakter. Adegan seks yang vulgar, karakter yang kompleks hingga pertarungan yang brutal dan berdarah-darah merupakan hal yang umum dijumpai pada manga seinen bertema sejarah, yang tentunya akan susah ditemui pada manga shounen kebanyakan. 

Bagi kalian, yang suka dengan adegan pertarungan dengan jurus-jurus keren yang digunakan karakternya tidak akan dijumpai disini, tetapi justru daya tariknya terletak pada adegan pertarungan yang brutal dan sadis, yang tidak membuat mata kita terpukau dalam setiap aksinya. Nah, berikut ini adalah deretan historical manga terbaik :

5. Golden Kamuy

5 Historical Manga dengan Cerita dan Aksi yang Memukau Mata 3

Manga yang sudah memenangkan banyak penghargaan ini , bercerita mengenai petualangan Sugimoto The Immortal dan Asirpa untuk mencari suatu harta karun tersembunyi. Dalam perjalanannya mereka harus berlomba dengan para pemburu harta karun lainnya dan tidak jarang pertumpahan darah harus terjadi. Karakter dalam manga ini digambarkan dengan wajah dan ekspresi yang unik, dan penggambaran mengenai baik dan jahat digambarkan secara abu-abu  yang membuat ceritanya lebih sulit untuk ditebak.

Menariknya, manga ini mengambil setting tempat Hokkaido pada masa setelah perang Russia-Jepang, selain itu mangaka dari Golden Kamui yang tidak lain adalah Satoru Noda menambah unsur pendidikan dengan cara yang tidak biasa. Hal ini dikarenakan dalam setiap kesempatan selalu terselip tentang budaya orang Ainu dan bagaimana mereka bertahan hidup yang tentunya sangat jarang ditemui dalam manga lainnya.

4. Innocent

5 Historical Manga dengan Cerita dan Aksi yang Memukau Mata 4

Karya Sakamoto Shinichi yang memang tidak pernah mengecewakan mata, sejak terkenal dengan manganya, Kokuo no Hito dan muncul kembali dengan manga bertema sejarahnya Innocent, Sakamoto selalu berhasil menghadirkan mangan dengan artwork yang detail. Bahkan dalam Innocent, detail pakaian maupun istana sebagai latarnya sangat diperhatikan di sini, sehingga nuansa Perancis pada abad ke-18 terasa sangat kental bagi para pembacanya.

Cerita dari manga ini berdasarkan kisah nyata tentang seorang bernama Charles-Henri Sanson yang bekerja sebagai algojo pada masa kekuasaan Raja Louis XVI. Manga ini memang tidak seratus persen akurat sesuai dengan bukti sejarah, namun lebih melihat kehidupan Sanson sendiri yang dramatis, dimana di satu sisi dia tidak nyaman dengan pekerjaannya sebagai algojo, namun di sisi lain dia harus meneruskan bisnis keluarganya yang telah lama bergelut dalam bidang eksekusi manusia.

3. Vinland Saga

5 Historical Manga dengan Cerita dan Aksi yang Memukau Mata 5

Tema Viking memang tidak pernah habis-habisnya untuk dieksplor, mulai dari novel, film, lagu, komik barat hingga manga pasti pernah mengambil dunia seputar viking sebagai inspirasinya. Kali ini giliran Makoto Yukimura yang sukses membawa dunia viking ke dalam manga. Vinland Saga ini memang sudah lama dikenal bagi para pembaca manga.

Sebagai sang penulis dari manga ini, Makoto Yukimura berhasil membawa pembaca ke dalam dunia viking abad ke-11 yang brutal dan kejam, dimana seorang anak bernama Thorfinn harus menghadapi kenyataan pahit melihat keluarganya dibunuh oleh segerombolan viking, yang membuatnya ingin terus bertahan hidup dan membalaskan dendam keluarganya. 

2. Vagabond

5 Historical Manga dengan Cerita dan Aksi yang Memukau Mata 6

Tidak dapat diragukan lagi kualitas dari manga karya Takehiko Inoue yang satu ini. Vagabond dapat dikatakan sebagai sebuah masterpiece manga dengan art yang paling detail dan memanjakan mata. Setiap panel dari manga ini seperti sebuah lukisan yang detail dan pewarnaannya membuat pembaca serasa tidak seperti membaca sebuah manga. Selain itu gaya pertarungan dalam manga ini juga dibuat secara tidak berlebihan, walaupun terkadang terasa sedikit dramatis, tetapi hal ini yang menambah keindahan dari manga ini. 

Bagi sebagian besar pembaca mungkin ada yang merasa manga ini terlalu berat karena terkadang cerita dalam manga ini bercampur dengan filosofi kehidupan. Pembaca pun akan dibawa kepada Jepang di masa Pertempuran Sekigahara, dimana merupakan masa yang penuh dengan pertempuran antar klan yang berdarah. Namun sangat disayangkan, karena Vagabond sendiri sedang hiatus untuk waktu yang belum ditentukan, sehingga kelanjutan dari cerita ini masih dipertanyakan.

1. Kingdom

5 Historical Manga dengan Cerita dan Aksi yang Memukau Mata 7

Dapat dikatakan pada saat ini Kingdom merupakan manga bertema sejarah peperangan terbaik. Ini dikarenakan karena Yasuhisa Hara tidak hanya menggambarkan peperangan antar kerajaan yang sengit, namun dalam setiap perangnya selalu ada strategi rumit, dimana setiap jendralnya berusaha mengungguli lawannya dengan strategi yang lebih baik.

Perang dalam manga ini dapat berlangsung sangat lama, namun bukan berarti membosankan, karena setiap bagian dalam pertempuran tersebut memiliki teka-teka tersendiri yang dapat menentukan suatu pihak menang atau kalah. Pertempuran dalam manga ini juga sulit ditebak, dimana bisa saja jendral yang lebih pintar kalah dengan jendral yang hanya mengandalkan insting.

Kingdom sendiri bercerita mengenai keadaan China sekitar abad 200 sebelum masehi, dimana pada saat Itu China masih terbagi menjadi 7 kerajaan. Karakter utama dalam manga ini adalah Shin, seorang anak yatim piatu biasa yang bermimpi ingin menjadi jendral. Pada suatu hari hidupnya berubah sepenuhnya, ketika dia secara tidak sengaja bertemu dengan calon raja yang sedang dalam misi melarikan diri dari para pembunuhnya.

Historical manga sebenarnya memiliki pasar yang terbatas yang membuat genre ini belum bisa mengalahkan manga dengan genre action shounen. Ini disebabkan karena sebagian besar demografi pembaca genre manga ini adalah remaja laki-laki sampai usia dewasa yang kebanyakan lebih menyukai shounen. Namun bagi mereka yang ingin membaca manga dengan jalan cerita dan pertarungan yang lebih kompleks dan realistis, genre manga yang satu ini sangat disarankan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

GUTS