5 Kali Orang Gagal Memahami Cara Kerja Zoom

5 Kali Orang Gagal Memahami Cara Kerja Zoom 1

Dengan keadaan dunia yang dipaksakan untuk isolasi, apkilasi-aplikasi video jarak jauh menjadi sangatlah penting dari sebelumnya. Aplikasi konferensi seperti Zoom adalah jalur penyelamat bagi orang-orang yang terkunci. Bagi banyak dari kita, aplikasi seperti itu adalah satu-satunya cara untuk melihat orang yang kita cintai secara langsung, serta alat untuk bekerja dan pendidikan.

Tetapi tidak semua orang berhasil memahami teknologi baru ini. Seperti misalnya, orang paruh baya yang terus-menerus menyalakan filter baru secara tidak sengaja. Terdapat dua orang yang menjelek-jelekkan satu sama lain tanpa menyadari bahwa setiap orang dapat mendengarnya. Dan politisi memiliki kebiasaan yang tidak menguntungkan ketika melaksanakan pertemuan penting , tanpa mengenakan pakaian. Berikutlah sekiranya 5 kecelakaan tak disengaja pada zoom yang memalukan :

1. Bos mengubah dirinya menjadi kentang

5 Kali Orang Gagal Memahami Cara Kerja Zoom 3

Suatu Senin pagi, para pekerja di Washington DC masuk ke rapat online yang kemudian dikejutkan oleh bos mereka yang mengubah dirinya menjadi kentang. Lizet Ocampo secara tidak sengaja, memasang filter yang membuatnya tampak seperti kentang. Wajahnya benar-benar hilang, digantikan oleh gambar kentang di tanah, hanya mata dan mulutnya yang terlihat.

Begitu mereka melihat bos mereka yang berkepala kentang itu, semua orang dalam rapat tertawa cekikikan. Ocampo, direktur di People For The American Way, dibuat bingung dengan penampilannya yang menjadi aneh. Dia mencoba mematikan filter, tetapi tidak berhasil. Pada akhirnya, Ocampo memutuskan untuk mempertahankan wajahnya yang menjadi kentang tersebut. Seorang karyawan bernama Rachele Clegg, memposting rekaman kecelakaan bosnya tersebut di Twitter.Ia pun mengatakan bahwa, ia dan rekan sekerjanya tertawa sekiranya selama sepuluh menit.

2. Anggota kongres membalikkan mukanya

5 Kali Orang Gagal Memahami Cara Kerja Zoom 4

Terkadang, filter Zoom lebih merepotkan daripada yang kita kira. Pada Februari 2021, anggota kongres AS Tom Emmer muncul dalam panggilan video dengan wajah yang salah.

Politisi Minnesota tersebut, menghadiri rapat komite Dewan Perwakilan Rakyat online dengan filter yang dipasang secara tidak sengaja. Dia berencana untuk menyampaikan pidato tentang keamanan kerja, tetapi rekan-rekannya tampak terganggu oleh kepalanya yang terbalik dan terlihat seperti berusaha menahan tawa mereka. “You’re upside down, Tom,”  seorang rekannya mengatakan pada Tom bahwa ia terbalik. Untungnya, cukup dengan mematikan dan menghidupkan kembali perangkatnya, muka Emmer dapat kembali menjadi normal.

3. Dosen yang menjelekkan presentasi mahasiswa

5 Kali Orang Gagal Memahami Cara Kerja Zoom 5

Saat menggunakan Zoom, sebaiknya anda selalu periksa siapa yang dapat mendengarkan percakapan anda sebelum anda mulai membuat komentar kasar. Dua dosen perguruan tinggi menemukan diri mereka dalam masalah setelah, secara tidak sengaja menyiarkan percakapan yang menghina siswa mereka.

Cerita bermulai dari para dosen bisnis yang sedang menilai presentasi mahasiswa di Institut Teknologi Galway-Mayo di Irlandia. Para dosen tersebut, tidak ada yang terkesan dengan apa yang mereka lihat. Setelah menyangka mahasiswa sudah keluar dari virtual meeting, para dosen mulai curhat soal kualitas presentasi. Terdapat dosen yang menggambarkan presentasi seorang siswa sangat menyakitkan untuk didengar,ketika mendengarkan rasanya seperti sebuah gigi yang dibor. Yang lainnya, mengatakan terdapat siswa yang sangat lambat dalam berpresentasi, sehingga membuat ia bertanya-tanya apakah siswa tersebut cacat.

Para dosen itu gagal memperhatikan bahwa siswa masih terhubung ke panggilan Zoom. Setiap kata penghinaan mereka disiarkan langsung ke kelas. Salah satu siswa merekam percakapan mereka dan, setelah mengunggahnya ke media sosial, perguruan tinggi tersebut meminta maaf.

3. Senator Meksiko yang tidak berpakaian

5 Kali Orang Gagal Memahami Cara Kerja Zoom 6

Pada Mei 2020, seorang anggota parlemen di Meksiko membuat kesalahan ketika dia bergabung dengan pertemuan Zoom pemerintah tanpa busana. Martha Lucía Mícher Camarena tidak menyadari bahwa kameranya merekam ketika dia melepas pakaiannya untuk berganti pakaian dan kemudian terlihatlah tubuh bagian atasnya, saat berdiskusi tentang ekonomi.  Peserta lain segera memberi tahu Camarena tentang kesalahannya, dan dia meminta maaf kepada semua orang yang menonton.

Namun, politisi tersebut mengatakan dia menolak untuk merasa malu dengan tubuhnya yang terekspos. “Saya seorang wanita berusia 66 tahun,” tulisnya di Twitter, “yang telah menyusui empat anak, tiga di antaranya saat ini adalah pria profesional dan bertanggung jawab, dan saya merasa bangga dengan tubuh saya karena telah memberi makan mereka.” Beberapa rekan Camarena mendukung pendiriannya, menyebutnya sebagai “wanita teladan”. Sebaliknya, mereka mengkritik orang-orang yang menyebarkan gambar kecelakaannya di media sosial.

4. Seorang chief di Filipina tertangkap telah tidur dengan bendahara

5 Kali Orang Gagal Memahami Cara Kerja Zoom 7

Mungkin hal terburuk yang bisa Anda lakukan di Zoom adalah tidur dengan seseorang. Seorang pejabat pemerintah di Filipina secara tidak sengaja menyiarkan langsung dirinya berhubungan seks dengan bendahara selama konferensi video.

Kepala dewan desa Fatima Dos, Jesus Estil sedang mendiskusikan pandemi dengan pejabat lokal lainnya. Di tengah pertemuan, dia mematikan micnya dan mulai bercinta dengan anggota stafnya. Ketika pasangan itu selesai, Estil menyelinap kembali ke pertemuan dan berlagak seolah-olah tidak ada yang terjadi, tidak menyadari bahwa dia baru saja menyiarkan dirinya sendiri dalam aksinya dengan bendahara tersebut.

Kecelakaan  Estil tersebut direkam oleh peserta lain. Lalu, kedua pejabat tersebut mengundurkan diri dari jabatannya masing-masing.

5. Orang tua setengah berpakaian mabuk saat kelas anak mereka

5 Kali Orang Gagal Memahami Cara Kerja Zoom 8

Bayangkan pemandangannya. Anda sedang bersiap-siap untuk kelas online di pagi hari, dan anda melihat ibu teman sekelas anda lewat dengan celana dalamnya sambil merokok.

Seorang guru Florida menggunakan rapat dewan sekolah untuk mengeluarkan peringatannya kepada ibu dan ayah setengah berpakaian yang muncul di kelas online-nya. Edith Pride dari Boca Raton Elementary mendorong para orang tua untuk mengenakan pakaian dan menyembunyikan mariyuana saat anak-anak mereka menggunakan Zoom.  “Para orang tua, saat anda membantu anak-anak anda di depan komputer, mohon jangan muncul dengan big joints dan rokok,” saran Pride.

5 kejadian di atas memalukan bukan? Berhati-hatilah ketika anda menggunakan virtual meeting, pastikan anda belajar dahulu supaya anda tidak malu apabila terdapat kejadian-kejadian yang tak terduga. Pastikan pula mic tersilent dan video anda matikan ketika akan beraktivitas lain di luar meeting tersebut.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Carelo Caiiel