5 Manfaat Menonton Anime Yang Perlu Anda Ketahui

5 Manfaat Menonton Anime Yang Perlu Anda Ketahui

adalah dari yang digambar dengan tangan ataupun menggunakan komputer, kata berasal dari bahasa Inggris yaitu yang merujuk ke semua jenis .

sendiri merupakan istilah di luar untuk merujuk ke semua jenis yang diproduksi di , meski tidak tertutup kemungkinan ada yang diproduksi diluar .

pertama yang mencapai kepopuleran yang luas adalah Astro Boy. 

karya Ozamu Tezuka pada 1963. Saat ini, sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan zaman dahulu, dengan grafis yang sudah berkembang sampai alur cerita yang lebih menarik dan seru.

Masyarakat , dari anak-anak hingga orang dewasa, sangat antusias menonton  dan membaca .

Mereka menganggap  itu bagian dari kehidupan mereka.  

Meskipun demikian, masih banyak orang yang menganggap kalau menuntun itu buang-buang waktu, pemborosan listrik, menyebabkan kecanduan, merusak mata bahkan merusak pikiran anak-anak muda.

Ungkapan itu tidak salah, tapi apapun yang berlebih-lebihan pasti akan merugikan.

Disisi lain, ada manfaat yang didapatkan dari penonton anime dibandingkan menonton film dalam negeri yang penuh dengan drama hingga menurunkan kualitas film.

Manfaat Menonton Anime

1. Belajar Bahasa

5 Manfaat Menonton Anime Yang Perlu Anda Ketahui

Bahasa adalah bahasa asli dari yang berasal dari tersebut, meski banyak negara yang mulai mendubbing anime kedalam bahasa negara mereka.

Baca juga  7 Organisasi Ghoul Kuat Yang Ada di Anime Tokyo Ghoul

Meskipun begitu, anime memang lebih cocok untuk dimainkan dalam bahasa , bukan hanya gaya bicara serta suara seiyu nya yang khas menambah kenikmatan anime tersebut.

Bahasa juga menjadi bahasa yang diminati oleh kalangan anak muda, buktinya dibukanya Program Studi Sastra di Perguruan-perguruan tinggi di Indonesia, selain itu, bahasa juga mulai dikenalkan kepada para siswa melalui mata pelajaran bahasa di SMA.

Anime yang pada dasarnya berbahasa jepang akan mengajari penonton pelafalan bahasa yang benar serta membiasakan penonton untuk berbicara serta memahami bahasa jepang, buktinya akhir-akhir ini orang Indonesia kerap menggunakan kata ‘Ganbatte‘ sebagai ganti Semangat.

Jadi, siapa bilang kalau anime itu hanya sebuah kesia-siaan?

2. Belajar Pelajaran Moral

5 Manfaat Menonton Anime Yang Perlu Anda Ketahui

Anime itu tidak hanya tentang baku hantam melulu, ada juga nilai moral yang dapat diambil dari anime. 

Pesan moral dalam anime sendiri bisa muncul dalam berbagai bentuk.

Mulai dari kata-kata bijak yang disampaikan tokoh utama, pemain lain , hingga perubahan hidup si tokoh (biasanya dari buruk menjadi baik).

Salah satu pesan moral yang terkenal di anime adalah pesan yang disampaikan Kakashi kepada ketiga anggota tim 7 yang berasal dari temannya Obito.

Baca juga  5 Makanan Tradisional Jepang yang Perlu Untuk Dicoba

Pesan itu yaitu “Orang yang meninggalkan misi adalah sampah, tapi orang yang meninggalkan temannya lebih buruk dari sampah”

3. Memacu Kreativitas

5 Manfaat Menonton Anime Yang Perlu Anda Ketahui

Lagi stuck dan gak tahu mau melakukan apa? Mungkin anime bisa jadi jalan keluar yang bagus, anime pada dasarnya adalah buah pemikiran kreatornya, bagi kalian yang butuh ide, pemikiran brilian kreator anime bisa dikembangkan menjadi kenyataan.

Contohnya, baling-baling bambu doraemon yang anehnya meskipun kecil dan ringan namun mampu mengangkat orang-orang yang jauh lebih besar dan berat darinya, ini membuat kita bertanya-tanya bagaimana mungkin itu bisa terjadi?

Bisakah kita membuat nya menjadi kenyataan sehingga kehidupan menjadi lebih mudah?

Benar, Anime merupakan sumber inspirasi yang memacu penonton terutama para peneliti untuk mengembangkan keahlian dan minat mereka.

Para penulispun juga bisa menjadikan anime sebagai sumber inspirasi mereka mengingat anime itu sendiri pada dasarnya mengambil ide dari kenyataan seperti keluarga, persahabatan hingga kejahatan yang juga terjadi di dunia nyata, cocok buat kamu yang ingin jadi penulis novel terlebih penulis naskah.

4. Menambah Wawasan

5 Manfaat Menonton Anime Yang Perlu Anda Ketahui

Semua anime tanpa kecuali berisikan informasi-informasi yang dapat menambah pengetahuan penonton, contohnya anime olahraga seperti Kuroko no Basuke membuat penonton mengetahui arti istilah Dunk, Pass bahkan Misdirection Kuroko.

Baca juga  Top 5 Anime Summer 2021 Yang Paling DI Tunggu

Pengetahuan-pengetahuan mengenai budaya terutama budaya jepang juga kental dalam anime bahkan pengetahuan sains dan sosial juga tidak luput dari anime, bila kita menonton anime Shokugeki no Souma kita bakalan dapat pengetahuan mengenai teknik memasak, kandungan masakan selain Fan servicenya tentu saja.

Anime Hataraku Saibo memberikan pengetahuan mengenai aktifitas sel di dalam tubuh serta mekanisme mereka melawan patogen atau penyakit yang menyerang tubuh.

Detective Conan dan Dr. Stone juga tidak dapat dilupakan, penonton diajarkan untuk berpikir kritis disetiap kasus yang terjadi, bukan hanya itu anime Dr. Stone juga memberi wawasan bagaimana kehidupan manusia zaman dulu serta perkembangan mereka.

Jadi selain mendapatkan hiburan, pengetahuan kita juga bertambah.

5. Hiburan

5 Manfaat Menonton Anime Yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi utama Anime adalah sebagai hiburan setelah aktifitas sehari-hari yang melelahkan, penghibur ketika bersedih, penenang ketika marah, jadi kalau kita tidak punya tempat untuk melampiaskan kesedihan dan kemarahan, anime bisa jadi pengganti yang bagus.

Kelima hal diatas merupakan sekian dari banyaknya manfaat yang kita dapatkan dari menonton anime? Bagaimana? Apakah masih menganggap menonton anime itu merupakan sebuah kesia-siaan? Selama tidak berlebihan, menonton anime memiliki manfaat yang baik, Genre nya jangan lupa disesuaikan ya!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Abyan