5 Novel Populer yang Diadaptasi Menjadi Film

5 Novel Populer yang Diadaptasi Menjadi Film 1

Novel dan film merupakan dua medium yang berbeda yang keduanya dapat digunakan untuk mengisahkan sebuah cerita. Meski berbeda, tidak sedikit film yang diadaptasi dari novel. Film yang diadaptasi dari novel dapat menjadi theatre of mind atau bentuk visual dari cerita yang kita bayangkan berdasarkan kisah yang kita baca.

Meski tiap-tiap pembaca memiliki theatre of mind masing-masing ketika membaca cerita dalam novel, tidak sedikit film dari adaptasi novel yang berhasil memberikan gambaran theatre of mind tersebut meski secara universal.

Di Indonesia, sudah banyak novel yang diadaptasi menjadi film dan laris di pasaran. Beberapa novel Indonesia yang diadaptasi menjadi film adalah sebagai berikut.

1. Dilan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Novel trilogi Dilan, yaitu Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990, Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1991, dan Milea: Suara dari Dilan, merupakan 3 novel best seller karya Pidi Baiq yang sangat laris di pasaran. Tahun 2018, salah satu buku serialnya, yaitu Dilan 1990 diadaptasi menjadi film yang langsung mendapatkan respons positif dari masyarakat. Di tahun berikutnya, buku keduanya  yaitu Dilan 1991 juga kembali diadaptasi menjadi film, kemudian buku yang terakhir ditayangkan di bioskop pada 2020. Sekuel film Dilan tersebut sukses besar dan mendapatkan banyak penghargaan.

2. Perahu Kertas

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Perahu Kertas merupakan novel karya Dewi Lestari (Dee Lestari) yang diterbitkan kali pertama pada tahun 2009 oleh penerbit Bentang Pustaka. Tahun 2012, novel best seller ini kemudian diadaptasi menjadi film dengam judul sama yang diproduksi oleh rumah produksi Starvision dan Mizan Production. Tokoh utama perempuan dalam novel Perahu Kertas, yaitu Kugy, diperankan oleh Maudy Ayunda dalam filmnya, sedangkan tokoh utama laki-laki, yaitu Keenan, diperankan oleh Adipati Dolken.

3. Refrain

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Novel selanjutnya yang diadaptasi menjadi film adalah Refrain. Refrain merupakan novel yang ditulis oleh Wina Effendi dan diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama yang rilis pada 2013. Dalam film Refrain ini, Maudy Ayunda kembali menjadi pemeran utama wanita, yaitu Niki, sedangkan tokoh utama pria diperankan oleh Afgan.

4. Geez & Ann

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Geez & Ann merupakan novel yang ditulis oleh Rintik Sedu (Tsana). Geez & Ann memiliki 3 sekuel, yaitu Geez & Ann #1, Geez & Ann #2, serta Geez & Ann #3. Tidak seperti Dilan yang ketiga sekuel bukunya juga dijadikan sekuel film, Geez & Ann hanya diadaptasi menjadi satu film. Namun, cerita dalam satu film tersebut sudah mencakup cerita dari ketiga sekuel novel Geez & Ann. Geez dalam film Geez & Ann diperankan oleh Junior Roberts, sedangkan Ann diperankan oleh Hanggini. Film Geez & Ann ini baru saja rilis pada 2021 yang dapat kamu saksikan di berbagai saluran streaming film online.

5. Critical Eleven

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Critical Eleven merupakan salah satu novel best seller karya Ika Natassa yang juga diadaptasi menjadi film. Novel Critical Eleven ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada 2015. Dengan judul yang sama dengan novel, film adpatasi dari novel Critical Eleven ini kali pertama rilis pada 2017. Tokoh Ale dalam novel Critical Eleven diperankan oleh Reza Rahardian dan tokoh Anya diperankan oleh Adinia Wirasti. Seperti novelnya yang best seller, film Critical Eleven pun mendapatkan respons yang positif dari masyarakat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh