5 Rekomendasi Manga dengan Worldbuilding Terbaik

5 Rekomendasi Manga dengan Worldbuilding Terbaik 1

Worldbuilding merupakan sebuah proses dimana penulis menyampaikan gambarannya mengenai dunia imajiner yang tentunya berbeda dengan dunia pada kenyataan. Pada umumnya worldbuilding meliputi beberapa aspek, seperti geografi, budaya, sistem ekonomi, politik dan sejarah yang kesemuanya itu merupakan hasil imajinasi.

Dalam dunia manga biasanya worldbuilding mudah dijumpai pada genre fantasi petualangan. Worldbuilding dalam manga/anime merupakan aspek yang tidak kalah penting, selain alur cerita dan karakter, karena dapat menjadi unsur pemikat yang dapat menentukan kepopuleran dari seri tersebut. Berikut ini merupakan daftar manga dengan worldbuilding terbaik yang perlu kamu ketahui :

1. Toriko

5 Rekomendasi Manga dengan Worldbuilding Terbaik 3

Mungkin di telinga kalian cukup asing dengan nama yang satu ini, namun pada jamannya manga ini cukup memiliki tempat tersendiri bagi penggemarnya. Toriko merupakan manga karya Mitsutoshi Shimabukuro, yang mengisahkan tentang petualangan Toriko dan Komatsu dalam perjalanan mencari bahan makanan legendaris.

Dunia dimana Toriko sendiri tinggal adalah dunia dengan kondisi geografis yang sangat ektrem dengan budaya dan monster berukuran super besar yang unik. Yang menarik adalah setiap monster di manga ini memiliki level kekuatan dan tingkat bahayanya tersendiri.

2. Naruto

5 Rekomendasi Manga dengan Worldbuilding Terbaik 4

Setting tempat dalam cerita Naruto karya Masashi Kishimoto ini mengambil di sebuah benua antah berantah yang terbagi menjadi 5 negara besar yang di setiap negara tersebut terdapat desa dimana para ninja atau yang populer disebut sebagai shinobi tinggal.

Uniknya di setiap desa shinobi tersebut memiliki sistem pemerintahannya sendiri dan memiliki lanskap yang berbeda-beda, seperti misalnya Sunagakure memiliki lanskap yang kering bagaikan padang pasir, Kirigakure merupakan desa yang selalu tersembunyi di balik kabut, atau Kumogakure yang merupakan desa shinobi yang terletak di atas awan karena letaknya yang berada di ketinggian gunung.

3. Hunter x Hunter

5 Rekomendasi Manga dengan Worldbuilding Terbaik 5

Worldbuilding dalam manga buatan Yoshihiro Togashi ini dapat termasuk yang unik dan dapat dikatakan sebagai salah satu yang terbaik. Tidak hanya menyajikan seputar lansgkap geografis yang berbeda, tetapi Togashi juga menciptakan bahasa, sistem penulisan hingga mata uangnya sendiri. Dunia dalam Hunter x Hunter  juga dipenuhi oleh monster-monster yang aneh.

Yang menarik, dunia dimana Gon dan Killua sebagai karakter utama dalam cerita ini tinggal hanyalah berupa kumpulan benua yang terletak di sebuah danau raksasa yang di sebut Mobius. Sementara itu Danau Mobius sendiri merupakan danau yang berada di tengah daratan misterius yang bernama Dark Continent.

4. One Piece 

5 Rekomendasi Manga dengan Worldbuilding Terbaik 6

Tidak diragukan lagi bahwa One Piece selalu dapat memikat para pembacanya dengan lanskap geografis yang memukau. Eiichiro Oda selaku penulis One Piece dapat membuat dunia imajiner dimana Luffy dan temannya-temannya mengarungi samudera untuk menjadi raja bajak laut. Uniknya dalam manga ini di setiap pulau yang Luffy kunjungi selalu menyimpan kejutan tersendiri, mulai dari musim yang berbeda di setiap pulaunya hingga penduduk pulau yang tidak biasa.

5. Berserk

5 Rekomendasi Manga dengan Worldbuilding Terbaik 7

Berbeda dengan manga-manga di atas yang merupakan shonen, Berserk merupakan manga yang masuk kategori seinen. Banyak yang menganggap bahwa manga ini merupakan salah satu yang terbaik dari segi alur cerita, karakter , seni dan worldbuilding. Kekuatan worldbuilding  dalam manga ini tidak terletak dari variasi lanskap yang unik. Mengambil tema Abad Pertengahan, Kentaro Miura berhasil membawa pembacanya hanyut dalam dunia gelap bagaikan mimpi buruk dimana monster-monster yang disebut sebagai apostle bebas berkeliaran.

Akhir kata, daftar ini hanyalah berdasarkan pendapat penulis berdasarkan pengalamannya membaca manga. Walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa diluar sana masih terdapat manga/anime dengan worlbuiding yang tidak kalah menarik. Semoga artikel ini dapat membawa manfaat dan menambah referensi bagi pembacanya.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

GUTS