6 Fakta Grisha Yeager dalam Serial Attack on Titan

grisha yeager

Grisha Yeager menjadi tokoh yang cukup penting dalam serial Attack on Titan. Meskipun kemunculannya tidak cukup banyak, namun Grisha Yeager memegang peranan kunci dalam serial Attack on Titan. 

Grisha yang merupakan ayah dari tokoh utama dalam serial ini memiliki cukup banyak fakta yang tidak boleh sampai terlewatkan. Berikut ini adalah beberapa fakta mengena Grisha Yeager:

Berasal dari Liberio

Grisha dan Adiknya sewaktu di Liberio
Grisha dan Adiknya sewaktu di Liberio

Bukan asli dari Paradise, Grisha sebenarnya adalah warga asli Liberio. Berangkat dari warga asli Liberio, Grisha lahir sebagai Eldia di tengah-tengah bangsa Marleyan. Grisha memiliki seorang adik perempuan bernama Faye dan berasal dari keluarga dokter. 

Pada waktu kecil, Grisha dan Faye pernah pergi ke luar gerbang Liberio untuk melihat sebuah benda terbang. Karena tindakannya yang melanggar peraturan, Grisha dan Faye harus mendapatkan hukuman dari pihak berwajib. Grisha berhasil pulang dengan selamat, namun tidak dengan Faye yang harus mati secara mengenaskan di luar gerbang Liberio. Karena tindakannya ini, keluarga Grisha harus mendapatkan hukuman dari pihak berwajib untuk mendisiplinkan anaknya. 

Sejak saat itu Grisha mendapatkan petuah-petuah dari orang tuanya mengenai sejarah Eldia. Sejak saat itu pula, Grisha harus hidup dengan penyesalan akan tindakannya. Namun itu semua berubah ketika ia mengetahui bahwa kematian adiknya ada turut campur tangan dari pihak berwajib Marleyan. Sejak saat itu, Grisha menyimpan dendam kepada Marleyan yang selalu memandang sebelah mata para Eldia.

Bagian dari Gerakan Restorasi Eldia

Grisha bergabung dalam Gerakan Restorasi Eldia
Grisha bergabung dalam Gerakan Restorasi Eldia

Sebagai seorang Eldia yang hidup di tengah-tengah Marleyan, Grisha harus mengalami tekanan dan direndahkan oleh para Marleyan. Semuanya itu semakin lengkap dengan ditambah kematian adiknya karena ulah pihak berwajib Marleyan yang menganggap rendah para Eldia. Sejak saat itu, kebencian Grisha sebagai seorang Eldia kepada para Marleyan menjadi bulat. 

Kebencian terhadap Marleyan membuat Grisha bergabung dalam Gerakan Restorasi Eldia. Grisha menjadi salah satu orang penting dalam organisasi ini dengan mendapatkan banyak informasi dari seseorang dengan julukan “The Owl”. Dari sini, Grisha berhasil mengumpulkan banyak informasi mengenai rahasia para Titan bahkan langsung dari keturunan bangsawan Eldia, yaitu Dina Frizt.

Di luar dari dugaan siapapun, The Owl sebenarnya adalah orang dalam pemerintahan Marleyan. The Owl memiliki rencana untuk pergi ke Paradise demi mengambil kekuatan Founding Titan. Karena keadaan yang tidak memungkinkan, The Owl menyerahkan tanggung jawab tersebut kepada Grisha. Pada akhirnya, The Owl pun mengungkapkan identitasnya. The Owl memiliki nama asli Eren Kruger yang mana nama depannya digunakan oleh Grisha sebagai nama anaknya kelak di Paradise.

Keluarga Titan

Grisha dan Eren Kruger
Grisha dan Eren Kruger

Selama bergabung menjadi bagian dari Gerakan Restorasi Eldia, Grisha bertemu dengan Dina Frizt. Dina adalah seorang dari keturunan bangsawan Eldia. Dina datang ke pertemuan rahasia militan Eldia untuk menjelaskan mengenai rahasia Titan dan bangsa Eldia yang disembunyikan oleh Marleyan.

Kedekatan Grisha dengan Dina membuat mereka memiliki perasaan yang tumbuh di antara mereka berdua. Pada akhirnya, Grisha dan Dina menikah dan melahirkan seorang anak laki-laki yang mereka beri nama Zeke Yeager. 

Karena penghianatan yang Zeke lakukan, kedua orang tuanya harus menerima hukuman untuk diubah menjadi Titan. Dina Frizt berhasil mendapatkan suntikan serum Titan dan berubah menjadi Titan Murni yang Tidak Berakal. Dalam keadaan Titan, Dina berjalan menuju dinding. Berbeda dengan Dina, Grisha berhasil selamat karena Eren Kruger yang membuatnya menjadi Attack Titan. Kini Zeke hidup di Liberio dengan bergabung dalam pasukan Marley dan berhasil mewarisi kekuatan Beast Titan.

Grisha bertemu dengan Carla untuk pertama kalinya
Grisha bertemu dengan Carla untuk pertama kalinya

Dalam perjalanannya di dalam dinding, Grisha berhasil menjalani hidup yang baru dengan menikahi Carla, penduduk asli dari dalam dinding. Grisha dan Carla dikarunia seorang anak laki-laki yang mereka beri nama Eren.

Dalam penyerangan dinding Maria, Carla harus dimakan oleh Titan yang ternyata adalah Dina, istri pertama Grisha. Tak lama kemudian, Grisha memberikan kekuatan Titannya kepada Eren. Dari sini, dapat diketahui bahwa kedua anak Grisha memiliki kekuatan Titan, dan kedua istri Grisha punya hubungan dengan Titan; yang satu menjadi Titan, yang satu dimakan oleh Titan.

Penyesalan Grisha

Grisha memeluk Zeke
Grisha memeluk Zeke

Sebagai bagian dari Gerakan Restorasi Eldia, Grisha memiliki visi kedepan yang luar biasa. Grisha merencanakan untuk masuk menjadi bagian dari orang penting di militer Marleyan untuk mendapatkan kekuatan Titan. Karena tahu bahwa hal tersebut tidak mungkin untuk dia lakukan, Grisha kemudian mendoktrin anaknya, Zeke untuk menyelamatan bangsanya, Eldia dari para Marleyan. 

Grisha mendoktrin Zeke mengenai sejarah Eldia dan Marleyan yang sesungguhnya dan bagaimana Eldia harus bangkit dari keterpurukan saat ini. Sayangnya, rencana Grisha dengan menjadikan Zeke sebagai tokoh utama dalam rencananya berjalan gagal. Zeke menghianati kedua orang tuanya dan menemukan jati dirinya sendiri.

Karena dikhianati oleh anaknya sendiri, Grisha harus hidup di dalam dinding Paradise dan membangun keluarga baru. Bersama Carla, istri baru Zeke yang berasal dari dalam dinding, mereka berdua memiliki seorang anak bernama Eren.

Karena rasa bersalah yang dipendam oleh Grisha, kali ini ia merawat anaknya dengan lebih baik. Seakan tidak ingin mengulang kesalahan yang sama, Grisha lebih banyak menghabiskan waktunya untuk keluarganya. Meskipun Grisha tetap mencari informasi mengenai keberadaan Founding Titan namun ia tidak segera merebut kekuatan Titan tersebut. Seakan lupa dengan tujuan awalnya datang ke Paradise, setelah Grisha menemukan keberadaan Founding Titan, ia hanya meninggalkan tempat tersebut untuk kembali ke keluarganya. Grisha baru kembali ke tempat tersebut setelah Titan menyerang dinding Maria.

Memiliki 2 Titan

Dina Frizt disuntikan serum Titan
Dina Frizt disuntikan serum Titan

Grisha sebagai bangsa Eldia tentunya dapat berubah menjadi Titan seperti objek Ymir lainnya. Grisha mendapatkan kekuatan Titan pertamanya ketika hendak dieksekusi oleh petugas pemerintah karena ia dan beberapa orang lainnya tergabung dalam Gerakan Restorasi Eldia. Bukannya dieksekusi, petugas yang bertanggung jawab mengeksekusi Grisha ternyata adalah The Owl, informannya selama berada di Gerakan Restorasi Eldia. Dari The Owl lah Grisha mendapatkan kekuatan Titannya, yaitu Attack Titan.

Di dalam dinding, Grisha mendapatkan kekuatan Founding Titan. Bukan tanpa usaha, selama berada di dalam dinding, Grisha berusaha untuk mencari keberadaan keluarga kerajaan yang sebenarnya demi mengetahui siapa yang memiliki kekuatan Founding Titan sebenarnya. Meskipun tidak segera merebut kekuatan Titan tersebut, pada akhirnya Grisha berhasil merebut kekuatan Founding Titan dengan bermodalkan Attack Titan miliknya. Meskipun Grisha berhasil mengambil kekuatan Founding Titan, sayangnya ia tidak bisa menggunakannya lantaran ia bukanlah keturunan bangsawan Eldia.

Kedua kekuatan Titan yang dimiliki oleh Girsha akhirnya ia berikan kepada Eren. 

Dimanipulasi Eren

Grisha yang sedang dimanipulasi oleh Eren untuk berubah menjadi Titan.
Grisha yang sedang dimanipulasi oleh Eren untuk berubah menjadi Titan.

Eren adalah anak yang dimiliki oleh Grisha sewaktu tinggal di dalam dinding. Di akhir hidupnya, Grisha memberikan kedua kekuatan Titan yang dimilikinya kepada Eren, Attack Titan dan Founding Titan sekaligus.

Kedua kekuatan Titan ini bukan main hebatnya. Founding Titan mampu menghapuskan ingatan dan berbagai hal luar biasa lainnya, sedangkan Attack Titan mampu melihat masa depan pemilik kekuatan Titan tersebut selanjutnya. Jika kedua kekuatan Titan ini digabungkan, pemiliknya akan menjadi Titan yang tak terkalahkan. 

Setelah Eren berhasil bersentuhan dengan pemilik darah bangsawan Eldia, ia akhirnya berhasil mengatur masa lalu agar masa yang mendatang terjadi sesuai dengan keinginannya. Eren diketahui telah memanipulasi ayahnya, Grisha untuk mengambil kekuatan Founding Titan dari keluarga kerajaan Eldia. Meskipun pada awalnya Grisha telah mengurungkan niatnya untuk merebut kekuatan tersebut, Eren yang terhubung pada Grisha melalui Path akhirnya mempengaruhinya untuk merebut kekuatan Founding Titan dengan paksa. 

Wujud Attack Titan milik Grisha
Wujud Attack Titan milik Grisha

Meskipun jarang muncul, tapi perannya sangat penting dalam kesuksesan tokoh utama untuk mendapatkan kekuatan Titannya.  Terimakasih banyak sudah membaca !

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Adriel Prastyanto