7 Karakter Superhero Yang Paling Populer


7 Karakter Superhero Yang Paling Populer 1

Superhero atau pahlawan super adalah karakter fiktif yang memiliki kekuatan super. Biasanya karakter ini terdapat dalam komik dan cerita-cerita fiksi lainnya. Dalam perkembangannya, karakter fiktif ini menjadi idola bagi anak-anak. 

Tidak hanya di komik, karakter superhero kini mulai meranah ke dunia layar lebar. Bukan hanya anak kecil saja, orang dewasa pun mulai menggemari sosok superhero, entah karena karisma dan karakter yang dimiliki atau karena alur cerita maupun konflik yang menarik dalam ceritanya. 

Setidaknya, berikut ini adalah beberapa tokoh superhero yang paling populer:

1. Superman

Superman versi Henry Cavill
Superman versi Henry Cavill

Superman adalah pahlawan super fiksi yang muncul dalam buku komik Amerika yang diterbitkan oleh DC Comics. Superman secara luas telah dianggap sebagai ikon budaya yang melambangkan kekuatan budaya Amerika Serikat.

Dalam bahasa Inggris, Superman memiliki beberapa julukan seperti “The Man of Steel” (“Manusia Baja”) “The Man of Tomorrow” (“Pria Masa Depan”) dan “The Last Son of Krypton” (“Putra Terakhir Planet Krypton”). 

Superman adalah bocah alien dari planet Krypton yang dikirim ke bumi. Superman yang masih bayi kemerah-merahan harus dikirimkan oleh kedua orang tuanya karena konflik yang terjadi di planetnya. Superman kemudian mendarat di bumi dan ditemukan oleh pasangan petani tua di ladang milik mereka. Pasangan ini kemudian merawat bayi tersebut dan memberinya nama Clark Kent.

Karakter ini diciptakan oleh seorang seniman Kanada, Joe Shuster, dan penulis Amerika Serikat Jerry Siegel pada tahun 1932 saat mereka masih remaja di Cleveland, Ohio. Dengan kesuksesan petualangannya, Superman membantu menciptakan ragam pahlawan super lainnya dan membuat buku-buku komik Amerika Serikat menjadi populer.

Karakter Superman telah beberapa kali tayang di layar lebar dengan diperankan oleh berbagai aktor yang berbeda. Ingin menyusul kesuksesan Marvel, DC Comics mencoba peruntungan di dunia layar lebar dengan mengusung konsep universe yang sama dengan Marvel. DC Comics menamai universe mereka dengan DC Extended Universe. Karakter Superman dalam DCEU diperankan oleh Henry Cavill dan sosok Henry Cavill sekarang lebih melekat dan dikenal sebagai Superman. 

2. Batman

Batman versi Ben Affleck 
Batman versi Ben Affleck 

Batman adalah tokoh fiksi pahlawan super yang diciptakan oleh seniman Bob Kane dan penulis Bill Finger dan diterbitkan oleh DC Comics. Identitas asli Batman adalah Bruce Wayne, seorang pengusaha yang kaya raya. Nama Bruce Wayne itu sendiri diambil dari nama tokoh sejarah, yaitu Robert the Bruce dan Anthony Wayne.

Identitas asli dari Batman adalah Bruce Wayne, playboy Amerika yang kaya, dermawan, dan pemilik Wayne Enterprises. Setelah menyaksikan pembunuhan orang tuanya, Dr. Thomas Wayne dan Martha Wayne ketika masih anak-anak, ia bersumpah membalas dendam terhadap para penjahat. Sumpah ini lahir karena digerakkan oleh rasa keadilan. Bruce Wayne kemudian melatih dirinya sendiri secara fisik dan intelektual dan menciptakan kepribadian yang terinspirasi dari kelelawar untuk memerangi kejahatan.

Karakter Batman sendiri telah lama muncul di layar lebar dengan dibintangi oleh berbagai aktor. Namun karena niat DC Comics untuk menyatukan para pahlawan super mereka dalam universe film yang sama, makan dalam DCEU, Ben Affleck didapuk menjadi peran untuk film-film Batman kedepannya. Karakter Ben Affleck sendiri kini sudah melekat sebagai Batman, begitu juga sebaliknya.

3. Spider-Man

Spider-Man dengan 3 pemeran yang berbeda
Spider-Man dengan 3 pemeran yang berbeda

Spider-Man atau Manusia Laba-laba adalah pahlawan super dari Marvel Comics yang diciptakan oleh Stan Lee dan seniman Steve Ditko. Ia pertama muncul dalam Amazing Fantasy #15 (Agustus 1962). Ia telah menjadi salah satu pahlawan super yang paling populer dari Marvel Comics dan berbagai filmnya pun digemari oleh banyak orang.

Spider-Man adalah seorang pemuda remaja bernama Peter Parker. Setelah pamannya meninggal, Uncel Ben maka Peter Parker harus tinggal sendiri bersama bibinya, Aunt May. 

Franchise Spider-Man yang pertama kali terkenal adalah trilogi Spider-Man yang diperankan oleh Tobey Maguire. Ingin menyusul kesuksesan film sebelumnya, karakter Spider-Man kemudian muncul lagi dengan judul berbeda, The Amazing Spider-Man yang diperankan oleh Andrew Garfield. Tidak dapat menyusul kesuksesan trilogi Spider-Man sebelumnya, film Spider-Man yang diperankan oleh Andrew Garfield harus berhenti di film keduanya dan penggarapan film ketiga harus dibatalkan.

Tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama, pihak Sony sebagai pemilik lisensi atas Spider-Man kemudian menerima kerja sama dengan pihak Marvel untuk memasukkan karakter Spider-Man dalam Marvel Cinematic Universe. Karakter Spider-Man kemudian diperankan oleh Tom Holland sebagai Spider-Man versi MCU. Karakter ini mendulang kesuksesan yang cukup besar mengikuti berbagai jajaran film Marvel lainnya. 

4. Wonder Woman

Wonder Woman versi Gal Gadot
Wonder Woman versi Gal Gadot

Wonder Woman adalah karakter perempuan superhero fiktif yang muncul di DC Comics. Karakter ini adalah seorang putri pejuang dari bangsa Amazon (berdasarkan pada suku perempuan pejuang Amazon dari Mitologi Yunani) dan dikenal di tanah airnya, Themyscira, sebagai Putri Diana dari Themyscira. Ketika tengah berada di luar tanah airnya, Amazon, dia kadang menggunakan identitas samaran sebagai Diana Prince. 

Karakter Wonder Woman kembali diangkat ke dalam layar lebar dengan memasukkannya sebagai salah satu karakter penting di DC Extended Universe. Wonder Woman memainkan peran penting sebagai salah satu anggota Justice League di DCEU. Dalam DCEU, karakter Wonder Woman diperankan oleh Gal Gadot. 

5. Iron Man

Iron Man versi Robert Downey Jr.
Iron Man versi Robert Downey Jr.

Iron Man dengan nama asli Anthony Edward “Tony” Stark adalah pahlawan super yang muncul dalam buku komik Amerika yang diterbitkan oleh Marvel Comics. Karakter ini diciptakan oleh Stan Lee, yang kemudian dikembangkan oleh Larry Lieber, dan dirancang oleh seniman Don Heck dan Jack Kirby. Iron Man muncul pertamanya di Tales of Suspense #39 tertanggal bulan Maret 1963.

Karakter Iron Man semakin dikenal masyarakat dalam penampilan di layar lebar dalam trilogi Iron Man. Film Origin Iron Man yang muncul di tahun 2008 dengan diperankan oleh Robert Downey Jr. adalah pembuka bagi kesuksesan Marvel Cinematic Universe. Melalui MCU juga, karakter Iron Man menjadi karakter yang didambakan oleh banyak orang dan meninggalkan kenangan tersendiri terutama pada film terakhirnya di Avengers: Endgame.

6. Captain America

Captain America yang diperankan oleh Chris Evans
Captain America yang diperankan oleh Chris Evans

Captain America adalah sosok pahlawan super fiktif dari Marvel Comics. Memiliki musuh besar bernama Red Skull dan Baron Zemo. Dibuat oleh komikus Joe Simon dan Jack Kirby, karakter pertama kali muncul di Captain America Comics # 1 (cover Maret 1941) dari Timely Comics, pendahulu dari Marvel Comics. Captain America memakai kostum yang dikenakan bendera bermotif bendera Amerika Serikat, dan dipersenjatai dengan perisai hampir tidak bisa dihancurkan saat ia melempar pada musuh.

Captain America sendiri adalah seorang tentara Amerika Serikat yang menjadi bahan percobaan dari serum super soldier. Steve Rogers adalah tentara AS yang tidak memiliki kemampuan sama sekali. Namun berkat bantuan Dr. Joshef Reinstein dengan serum super soldiernya. Pahlawan yang lahir pada tahun 1920 ini menjadi pahlawan perang Amerika Serikat saat menghadapi sekutu NAZI yang dipimpin oleh Adolf Hitler. Captain America terlahir kembali dalam layar lebar dengan diperankan oleh Chris Evans. Karakter Captain America sendiri adalah tokoh yang penting dalam MCU dan dapat disejajarkan dengan Iron Man dan Thor. 

7. Wolverine

Hugh Jackman sebagai Wolverine
Hugh Jackman sebagai Wolverine

Wolverine terlahir dengan nama James Howlett namun umumnya dikenal sebagai Logan karena ingatannya yang hilang dan kadang-kadang sebagai Weapon X. Wolverine adalah karakter fiksi yang muncul di buku komik Amerika yang diterbitkan oleh Marvel Comics. Kata Wolverine sendiri diambil dari nama hewan dari California yang diyakini sebagai jelmaan iblis. Beredar kabar seseorang telah melihat hewan tersebut memakan beruang yang ukurannya lebih besar darinya.

Wolverine sebenarnya tidak dapat sepenuhnya dikatakan sebagai superhero. Wolverine lebih dikenal sebagai mutan dan karakter ini sering muncul dalam berbagai adaptasi cerita X-Men seperti dalam komik maupun filmnya. 

Hugh Jackman sukses membintangi berbagai film X-Men dengan karakternya sebagai Woverine. Karena memiliki chemistry yang kuat, ketika mendengar kata ‘Wolverine’ kebanyakan orang akan langsung mengingat wajah Hugh Jackman sebagai pemerannya. Hugh Jackman telah bermain sebagai Wolverine dalam 9 dari 10 film X-Men. Petualangan Hugh Jackman sebagai Wolverine akhirnya berakhir dalam film berjudul Logan. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Adriel Prastyanto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap