Apa itu Static Modifier, Final Modifier, dan Singleton Pattern?


Apa itu Static Modifier, Final Modifier, dan Singleton Pattern? 1

Halo sobat koding… Pada kesempatan kali ini gw mau bahas yang gak terlalu spesifik. Gw mau bahas Static Modifier, Final Modifier, dan Singleton Pattern agak  absurd ya pembahasannya, tapi komponen-komponen ini mungkin akan sering kita gunakan dalam membuat program, khususnya dalam bahasa Java. Jadi, apa itu Static Modifier, Final Modifier, dan Singleton Pattern ?

Static Modifier adalah salah satu modifier yang memungkinkan mengakses Property atau Method dari Class lain tanpa harus menginisialisasi atau instance Class tersebut terlebih dahulu. Sebelumnya gw sudah bikin method runProgram() yang isinya berupa perintah untuk menampilkan keterangan mobil Ferrari. Gw buat method ini di class SubMobilItem.  Berikut contohnya:

Image for post

Ketika menggunakan static modifier, kita tidak perlu meng-intances class terlebih dahulu. Namun, langsung memanggil class tersebut ditambah nama method-nya contoh : . Berikut hasil running program :

Image for post

Final Modifier adalah salah satu modifier yang memberikan sifat final value (tidak dapat diubah) pada Property dan Method. Jika digunakan pada Property maka harus menginisialisasi value saat deklarasi. Sedangkan kalau digunakan pada Method, Method tersebut tidak bisa diubah bentuknya. Berikut contoh penggunaannya :

Image for post

Static dan Final bisa digunakan secara bersama, berarti Property atau Method tersebut bisa kalian akses tanpa inisialisasi Class dan nilai nya sudah final. Berikut contoh penggunaanya :

Image for post

Singleton Pattern merupakan salah satu design pattern yang digunakan untuk membatasi instanisasi dari suatu class menjadi satu object, tidak seperti pada class yang tidak menerapkan pattern ini dimana bisa ada banyak instance yang tercipta. Terkadang suatu sistem akan beroperasi lebih efisien jika hanya ada satu atau beberapa object saja.

Ketika sudah menerapkan Singleton maka untuk membuat Object dari SubMobilItem Class cukup memanggil. Berikut contoh penggunaanya seperti berikut:

Image for post

Nah cukup sekian penjelasan gw tentang Static Modifier, Final Modifier, dan Singleton Pattern. Mereka akan sering dijumpai pada saat membuat sebuah program. Mudah-mudahan postingan saya ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Mohon maaf jika ada kata-kata gw yang membingungkan. Thank You

See you…


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

silverTaurus11

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments