Daftar Pemenang Shogakukan Manga Award Kategori Shounen Tahun 2000-2010

Daftar Pemenang Shogakukan Manga Award Kategori Shounen Tahun 2000-2010 1

Shogakukan Manga Award adalah salah satu penghargaan manga terkemuka Jepang, yang disponsori oleh Shogakukan Publishing. Penghargaan ini telah diberikan setiap tahun untuk manga serial sejak tahun 1955 dan menampilkan kandidat dari sejumlah penerbit.

Mari simak Manga yang sudah memenangkan penghargaan ini!

Tahun 2000: Detective Conan dan Cheeky Angel

Cover Volume 40
Cover Volume 40

Shinichi Kudou, seorang siswa SMA dengan bakat luar biasa sebagai detektif, terkenal karena telah memecahkan beberapa kasus yang menantang. Suatu hari, ketika Shinichi melihat dua pria yang mencurigakan dan memutuskan untuk mengikuti mereka, dia secara tidak sengaja menjadi saksi aktivitas ilegal yang mengganggu. Sayangnya, dia tertangkap basah, sehingga dua orang itu memberinya obat percobaan yang diformulasikan oleh organisasi kriminal mereka, meninggalkannya sampai mati. Namun, yang membuatnya heran, Shinichi tetap hidup, tetapi sekarang dalam tubuh seorang anak berusia tujuh tahun.

Cover Volume 12
Cover Volume 12

Megumi Amatsuka, seorang anak laki-laki berusia sembilan tahun yang kasar, selalu bermimpi menjadi “pria paling jantan di dunia.” Setelah menerima buku sihir dari seorang penyihir yang dia selamatkan dari sekelompok preman lokal, Megumi memanggil jin untuk membuat permintaan. Namun karena takdir yang tidak menyenangkan, jin itu ternyata jahat, dan Megumi akhirnya menjadi “wanita paling kewanitaan di bumi”! Enam tahun kemudian… Megumi adalah gadis yang paling diinginkan di sekolah, tapi jauh di dalam hatinya tetaplah tukang omong kosong yang sama, anak laki-laki ‘punk-stompin’.

Tahun 2001: InuYasha

Cover Volume 1
Cover Volume 1

Kehidupan biasa Kagome Higurashi tiba-tiba berubah ketika iblis menyeretnya jauh ke dalam sumur, membawanya lima ratus tahun ke masa lalu. Di era ini, Kagome mempelajari dua hal: iblis berjalan di antara manusia dan dia tanpa sadar membawa benda berbahaya dari dunianya—bola seukuran marmer yang dikenal sebagai Permata Shikon. Bola yang tidak biasa ini membawa kekuatan yang luar biasa untuk setiap iblis yang memilikinya, dan Kagome adalah sasaran empuk bagi siapa pun yang cukup bertekad untuk mencurinya.

Saat bertarung dengan iblis, upaya tergesa-gesa untuk menangkisnya menyebabkan Kagome secara tidak sengaja menghancurkan permata itu, mengirimkan potongan-potongan yang tak terhitung jumlahnya ke seluruh Jepang feodal. Dia segera mengetahui konsekuensi serius dari tindakannya ketika dia harus bekerja dengan setengah iblis Inuyasha untuk mengumpulkan semua bagian permata sebelum jatuh ke tangan yang salah.

Tahun 2002: Zatch Bell!

Cover Volume 1
Cover Volume 1

Kiyomaro Takamine, siswa sekolah menengah yang jenius, suatu pagi disambut oleh Gash Bell, seorang bocah lelaki dengan buku merah misterius. Ditugaskan oleh ayahnya untuk menguraikannya, Kiyomaro segera mengetahui bahwa Gash bukan anak biasa. Mampu menembakkan petir dari mulutnya saat mengucapkan sepatah kata pun, Gash adalah anak iblis—salah satu bagian dari perang yang terjadi setiap 1000 tahun untuk memutuskan Raja Iblis. Dengan Kiyomaro menjadi satu-satunya yang bisa membaca buku Gash, tugas sebagai partner dibebankan padanya dalam kisah menarik tentang persahabatan, tekad, dan melon…?

Tahun 2003: Yakitate!! Japan dan Fullmetal Alchemist

Cover Volume 15
Cover Volume 15

Azuma Kazuma tidak terlalu pintar, tapi dia memiliki hati yang baik dan keterampilan yang hebat—dalam membuat kue. Sejak kecil, dia telah melakukan pencarian untuk membuat roti yang sempurna untuk mewakili Jepang secara internasional. Sekarang, ia berusaha memasuki toko roti Pantasia yang terkenal, dengan harapan mencapai tujuannya.

Cover Volume 1
Cover Volume 1

Alkemis adalah individu berpengetahuan luas dan secara alami berbakat yang dapat memanipulasi dan memodifikasi materi karena seni mereka. Namun terlepas dari berbagai kemungkinan, alkimia tidak sekuat yang diyakini kebanyakan orang. Transmutasi manusia dilarang keras, dan siapa pun yang mencobanya berisiko menerima konsekuensi yang berat. Meski begitu, saudara kandung Edward dan Alphonse Elric memutuskan untuk mengabaikan tabu besar ini dan menghidupkan kembali ibu mereka. Sayangnya, mereka tidak hanya gagal membangkitkannya, mereka juga membayar harga yang sangat mahal untuk kesombongan mereka: Edward kehilangan kaki kirinya dan Alphonse seluruh tubuhnya. Selanjutnya, Edward juga menyerahkan lengan kanannya untuk menyegel jiwa saudaranya kedalam baju zirah.

Bertahun-tahun kemudian, para alkemis muda melakukan perjalanan ke seluruh negeri mencari Batu Bertuah, dengan harapan dapat memulihkan tubuh lama mereka dengan kekuatannya. Namun, pencarian mereka untuk batu yang ditakdirkan juga membawa mereka untuk mengungkap rahasia yang jauh lebih gelap daripada yang pernah mereka bayangkan.

Tahun 2004: Bleach

Cover Volume 19
Cover Volume 19

Sejauh yang dia ingat, siswa sekolah menengah Ichigo Kurosaki mampu melihat arwah orang mati, tetapi itu tidak menghentikannya menjalani kehidupan biasa. Suatu hari, Ichigo kembali ke rumah untuk menemukan penyusup di kamarnya yang memperkenalkan dirinya sebagai Rukia Kuchiki, seorang Soul Reaper yang bertugas membantu jiwa-jiwa meninggal. Tiba-tiba, keduanya tersentak dari percakapan mereka ketika Hollow — roh jahat yang dikenal suka memakan jiwa — menyerang. Saat Ichigo melakukan upaya untuk menghentikan Hollow, Rukia masuk dan melindunginya dari serangan balik. Terluka dan tidak mampu untuk terus berjuang, Rukia menyarankan rencana berisiko — mentransfer setengah dari kekuatan Soul Reaper-nya ke Ichigo. Dia menerima dan, yang mengejutkan Rukia, akhirnya menyerap kekuatannya sepenuhnya, memungkinkan dia untuk dengan mudah menghabisi Hollow.

Tahun 2005: Wild Life

Cover Volume 19
Cover Volume 19

Tessho adalah berandalan SMA. Dia memiliki kemampuan khusus dalam perfect pitch. Dia menyelamatkan seekor anjing liar dengan bantuan Kashu, seorang dokter hewan. Dia kemudian menamai anjing liar itu inu (bahasa Jepang untuk “anjing”). Dia kemudian menemukan tujuan hidupnya: menjadi dokter hewan.

Tahun 2006: Kekkaishi

Cover Volume 35
Cover Volume 35

Pada malam hari, siswa SMP Yoshimori Sumimura menjadi “kekkaishi”—pemburu iblis yang berspesialisasi dalam menciptakan penghalang magis di sekitar mangsanya. Pada siang hari, Yoshimori memiliki iblis lain untuk diperangi: kecanduan permen dan kakek yang sangat nakal! Tetangga dan teman masa kecil Yoshimori yang berusia 16 tahun, Tokine Yukimura, juga seorang kekkaishi, tetapi keluarga mereka berselisih tentang siapa praktisi seni yang sebenarnya.

Tahun 2007:  Diamond no Ace

Cover Act II Volume 25
Cover Act II Volume 25

Manga ini bercerita tentang Eijun Sawamura, seorang pitcher yang bergabung dengan sekolah elit bersama seorang catcher hebat bernama Kazuya Miyuki. Bersama dengan anggota tim lainnya, mereka berjuang untuk kejuaraan Koushien bertingkat Jepang melalui kerja keras dan tekad.

Tahun 2008: Cross Game

Cover Volume 1
Cover Volume 1

Kou Kitamura adalah siswa kelas lima yang keluarganya menjalankan toko peralatan olahraga. Salah satu pelanggan tetap toko keluarganya adalah Tsukishima Batting Center, jadi dia mengenal empat putri keluarga Tsukishima (Ichiyo, Wakaba, Aoba, dan Momiji) dengan sangat baik. Karena Kou telah menghabiskan begitu banyak waktu berlatih di tempat pemukul mereka, dia telah menjadi pemukul jenius, tetapi tidak memiliki pengetahuan tentang aspek lain dari bisbol. Ini berbeda dengan Aoba, yang, meski setahun lebih muda, adalah pelempar dan pemukul yang mahir. Wakaba adalah teman sekelas Kou, dan dia tampaknya sepenuhnya berniat menikahinya ketika dia dewasa. Semua tampak indah di dunia mereka, sampai tragedi terjadi. Cerita kemudian melompat ke empat tahun kemudian, karena Kou telah melanjutkan pelatihan yang dia mulai empat tahun lalu, tetapi tidak bermain dalam pertandingan bisbol sejak itu. Saat dia akhirnya mulai bermain lagi, masih harus dilihat apakah dia akan memenuhi harapan mereka yang mengetahui bakat sebenarnya yang dia sembunyikan selama ini atau tidak.

Tahun 2009: Sket Dance

Cover Volume 14
Cover Volume 14

SMA Kaimei penuh dengan individu, siswa, dan guru yang eksentrik. Di antara banyak klub sekolah adalah Brigade SKET, yang secara resmi dikenal sebagai Klub Bantuan Hidup. Terdiri dari Yuusuke “Bossun” Fujisaki yang agak bodoh, Hime “Himeko” Onizuka yang gagah, dan Kazuyoshi “Switch” Usui yang pendiam tapi sangat populer, Brigade SKET didedikasikan untuk memecahkan berbagai masalah di kampus. Namun, klub jarang menerima permintaan, sehingga para anggota menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bermain-main dengan hal-hal sepele dan random. Baik lucu dan menghangatkan hati, SKET Dance adalah komedi ringan yang mengikuti kehidupan sekolah menengah sehari-hari dari trio teman yang aneh.

Tahun 2010: King Golf

Cover Volume 30
Cover Volume 30

Di SMA Teirin, kamu menjadi bagian dari geng atau pemain olahraga elit. Sousuke Youki, yang disebut “predator,” adalah ahli yang tak terkalahkan dalam pertempuran. Suatu pagi, saat dia menyelesaikan pertarungan, Kazumi, pemain golf amatir yang ajaib, melihat Sousuke, mengabaikannya, dan berjalan melewatinya. Marah, Sousuke menetapkan untuk membalas dendam pada Kazumi karena membencinya tetapi balas dendam Sousuke mengambil jalan memutar saat dia terlibat dalam bermain golf oleh pelatih golf preman. Akankah berandalan ini menghancurkan legenda dan menjadi “The King of Golf?”

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lyra