Biografi Dwayne Johnson & 12 Fakta Lengkap Menariknya

Biografi Dwayne Johnson

“The Rock” merupakan nama panggung yang terkenal dari aktor papan atas ini. Julukan The Rock bukanlah nama perannya dalam sebuah film. Nama panggung ini didapatkan dari karir suksesnya sebagai pegulat di arena gulat WWE. Selain menjadi pegulat, Dwayne juga laris menjadi seorang aktor, terbukti dengan banyaknya judul film yang sudah ia bintangi. Namun ternyata, cukup banyak sisi lain dari hidupnya yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Nah, dalam tulisan kali ini kami akan mengupas tuntas biografi & kisah hidup dari Dwayne Johnson. Check this out guys!

 

Profil Dwayne Johnson

Nama: Dwayne Douglas Johnson
Tempat/Tanggal Lahir: Hayward, California, USA / 2 Mei 1972
Panggilan Lain: The Rock, Dewey, The Great One, Flex Kavana, The Brahma Bull, The People’s Champion
Tinggi/Berat Badan: 196cm / 120kg
Pasangan: Dany Garcia (1997-2007), status mantan istri
Anak: Simone Alexandra Johnson & Jasmine Johnson
Profesi: Pemain Gulat Professional, Actor & Producer
Terkenal Lewat: Peran Raja Scorpion di film “The Scorpion King” (2002)

 

Masa Muda, Sering Berbuat Onar, Hingga Ganti-ganti Sekolah

Biografi Dwayne Johnson & 12 Fakta Lengkap Menariknya 1

Pria yang lahir tahun 1972 ini merupakan cucu dari pegulat profesional di jamannya, ia adalah Peter “High Chief” Fanene Maivia. Tidak berakhir disitu saja, ternyata ayah Dwayne juga meneruskan jejak sang kakek, nama panggung ayahnya adalah “Rocky Johnson”. Masa muda pria kelahiran Hayward, California ini tidak semulus saat ini, saat masih duduk di bangku sekolah ia cukup sering berpindah sekolah akibat dikeluarkan dari sekolah. Penyebab keluarnya tidak lain adalah perbuatan onar yang kerap dilakukannya saat masih muda.

Freedom High di Betlehem merupakan sekolah keempat yang disinggahinya dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Sudah sejak muda perawakan pria ini memang besar, tinggi dan tegap, mungkin karena silsilah dari keluarganya yang berprofesi sebagai atlet gulat. Badan besar sebagai anak muda inilah yang kadang membuatnya di adu oleh teman-teman sekolahnya. Hal tersebut menjadi awal mula keonaran yang sering ia lakukan, Dwayne tumbuh menjadi anak muda yang semena-mena. Berbuat onar dengan teman, melanggar peraturan sekolah hingga menggunakan toilet di ruang guru hanya karena ia tidak menyukai aroma toilet untuk murid pun pernah ia lakukan.

 

Kehidupan Mulai Berubah

Biografi Dwayne Johnson & 12 Fakta Lengkap Menariknya 2

Bermula dari kisah menggunakan toilet ruang guru tersebutlah kehidupan “The Rock” muda ini mulai berubah. Pada saat kejadian di toilet tersebut, Dwayne ditegur oleh salah satu guru laki-laki berperawakan pendek, berkumis dan terlihat sangat galak. Sebagai pembuat onar, tentu Dwayne sempat tak mengindahkan teguran lelaki itu, hingga akhirnya sang guru pun menghempaskan badan Dwayne ke tembok. Seumur hidup belum pernah ia diperlakukan seperti itu, dia kaget dan merasa takut.

Tidak lama setelah kejadian tersebut, Dwayne mencari sosok guru tersebut dan ternyata ia baru mengetahui nama lelaki berkumis itu adalah “Jody Cwik”. Dalam pertemuan itu Dwayne mengakui bahwa sebenarnya ia pun tak ingin tumbuh menjadi anak yang sering berbuat onar. Ia meminta maaf dengan tulus kepada guru tersebut. Saat itu Mr. Cwik lalu menggenggam tangannya dengan erat seraya berkata “Nak, aku ingin kau keluar ke lapangan untuk bermain football”. Di hari itu pula semua mulai berubah, kehidupannya berubah, ungkap Dwayne (dilansir dari Sport Illustrated).

 

Kecintaan Dwayne Muda Pada Football

Biografi Dwayne Johnson & 12 Fakta Lengkap Menariknya 3

Football sebenarnya menjadi cita-cita Dwayne saat muda, meskipun sejak kecil sang ayah sering mengajaknya ikut bertanding, namun tak pernah terpikirkan di benaknya untuk meneruskan langkah karir sang ayah di dunia gulat. Kecintaan justru hadir di olahraga bola, berkat saran Mr. Cwik, Dwayne pun mulai aktif mengikuti latihan football dan mengikuti beberapa pertandingan. Siapa sangka ternyata bakat di dunia football ini justru memberi warna baru bagi tujuan hidupnya.

Satu pesan motivasi yang akhirnya membawa Dwayne melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah, yakni pesan yang diberikan oleh Mr Cwik. Beliau pernah berkata “Keluargamu tidak memiliki dana, nilai sekolahmu pun juga standard. Jika kamu ingin membuat perubahan hebat dalam hidupmu dengan keluar dari kota ini, football adalah kuncinya!” Berkat kata motivasi dan saran dari gurunya tersebut, akhirnya Dwayne berhasil membuktikan bahwa dia bisa, Dwayne saat itu menjadi satu-satunya orang di keluarga besarnya yang mengenyam pendidikan di bangku kuliah melalui prestasinya di dunia football.

 

Depresi : Kehancuran Karir Di Dunia Football

Biografi Dwayne Johnson & 12 Fakta Lengkap Menariknya 4

Tepat di tahun 1990, Dwayne berhasil lulus dari sekolah menengahnya dan diterima di University of Miami. Selain itu ia juga berhasil masuk ke tim football yang kala itu dipimpin oleh pelatih Dennis Erickson. Perjuangannya kala itu tidaklah mudah, ia melalui masa-masa sulit saat harus berkompetisi dengan rekan ditimnya ‘Warren Sapp’ untuk memperebutkan posisi di garis pertahanan. Kala itu Dwayne pun sempat mengalami cedera pada bahu kirinya dan harus menjalani proses operasi.

Karena cedera yang dialaminya, akhirnya Warren pun terpilih untuk berada di posisi yang mereka perebutkan. Merasa hancur, Dwayne pun kerap menangis sendiri dan mulai malas bersosialisasi. Masa sulit di bangku perkuliahan dapat ia lewati, Dwayne berhasil lulus menyandang gelar sarjana kriminologi & psikologi pada tahun 1993.

Setelah lulus Dwayne tetap berusaha mengejar kecintaannya di dunia football, meskipun NFL tidak melirik dan berminat dengan karirnya di dunia football. Dwayne tetap berusaha mempertahankan karirnya dengan menandatangani kontrak bersama Canadian Football League (CFL). Sangat disayangkan, 2 bulan berlalu dan Dwayne dikeluarkan dari tim tersebut. Ia harus mengucapkan salam perpisahan pada dunia yang sangat dicintainya.

 

Awal Kemunculan Sosok Fenomenal “The Rock”

Biografi Dwayne Johnson & 12 Fakta Lengkap Menariknya 5

Selama beberapa tahun, akhirnya Dwayne memutuskan tinggal bersama orangtuanya di Tampa, hingga akhirnya ia mulai tertarik mengikuti jejak karir kakek dan ayahnya, Pada tahun 1996, ia pun memutuskan untuk mengikuti jejak sang ayah dengan mengikuti kompetisi gulat yang diadakan pada saat itu, yakni World Wrestling Entertainment (WWE). Meskipun tidak memiliki pengalaman sama sekali di dunia gular, namun ia langsung dipasangkan dengan lawan pertama ayahnya pada pertandingan di Texas yakni Brooklyn Brawler.

Kondisi keuangan yang sulit di masa itu, membuat Dwayne harus mencari peralatan gulat bekas yang dimiliki anggota keluarganya, seperti celana bekas pamannya hingga pelindung lutut untuk olahraga voli. Tidak disangka bertanding dengan alat tidak memadai justru membuat Dwayne memenangkan pertandingan dan dilanjutkan dengan beberapa kemenangan lainnya dalam pertandingan WWE. Dalam waktu satu dekade, Dwayne sudah memiliki banyak fans. Hingga pada akhirnya nama panggung yang semula Rocky Maivia pun berubah menjadi The Rock.

 

Merambah Ke Dunia Seni Peran, Debut Hollywood & Menjadi Aktor Kelas A

Biografi Dwayne Johnson & 12 Fakta Lengkap Menariknya 6

Telah berhasil sukses di dunia gulat, tidak menjadikan sosok Dwayne puas. Ia ingin mencoba peruntungan baru dengan mengukuhkan namanya, mencoba peruntungan di dunia perfilman, ia pun mengikuti proses casting. Tahun 2001 menjadi awal debutnya di dunia perfilman Hollywood, mendapat peran minor dalam film The Mummy Return. Meskipun peran yang didapatkan hanya peran minor, tetapi sutradara dan produser melihat potensi besar yang dimiliki The Rock pada saat itu.

Setelah menjalani syuting film pertamanya, film itu pun berhasil menjadi Box Office, sehingga tawaranpun cukup banyak mendatanginya. Beberapa tawaran yang ia terima pun juga menjadi film fenomenal dan berhasil meraih sukses besar. Hingga tahun 2016, ia dinobatkan oleh majalah Forbes sebagai aktor dengan honor (bayaran) tertinggi di Hollywood, perkiraan bayaran yang diterima Dwayne Johnson kala itu sekitar 867 Miliar (dalam rupiah).

Hingga saat ini Dwayne Johnson pun masih tetap mewarnai layar kaca perfilman Hollywood. Berhasil mempertahankan eksistensinya tentu bukan hal yang mudah, ini semua tidak lepas dari prestasi dan kualitas akting yang dimilikinya. Kisah panjang kesuksesan dari Dwayne Johnson tidak lepas pula dari kisah cintanya bersama Dany Garcia.

 

Kisah Cinta Dwayne Johnson Bersama Dany Garcia

Biografi Dwayne Johnson & 12 Fakta Lengkap Menariknya 7

Kisah seorang lelaki tidak akan lengkap jika tidak membahas tentang sosok wanita di sampingnya. Meskipun saat artikel ini ditulis, Dwayne Johnson telah bercerai dengan Dani Garcia. Namun kisahnya tetap menarik untuk diperbincangkan. Kisah cinta menjadi bagian dari kehidupan siapa saja dan kisah ini patut untuk diketahui, terutama kisah dari sang bintang besar The Rock.

Menikah pada tanggal 3 Mei 1997, keduanya dikarunia seorang putri yang diberi nama Simone Alexandra yang lahir pada tanggal 14 Agustus 2001. Menikah tepat pada usia yang ke 25, moment ini pun menjadi momen membahagiakan dalam hidup Dwayne Johnson . Momen bahagia yang dimulai pada tahun 1997 itu pun harus berakhir dengan perceraian. Pada tanggal 1 Juni 2007, Dwayne dan Dany mengumumkan perpisahan mereka secara damai dan memutuskan untuk menjadi sahabat disisa hidup mereka.

Pada tahun yang sama pengumuman perceraiannya, Dwayne Johnson telah menemukan tambatan hati baru. Lauren Hashian adalah kekasih baru dari The Rock. Kabarnya anak kedua Dwayne Johnson adalah hasil hubungannya dengan Lauren. Hubungan keduanya memang sudah seperti pasangan suami istri, keduanya hidup berdua dan memiliki anak, walaupun sebenarnya keduanya belum menikah.

Sosok Lauren Hashian dianggap tulus mencintai Dwayne Johnson tanpa memandang status duda yang ada pada diri Dwayne Johnson. Hal ini cukup banyak diapresiasi oleh penggemar Dwayne. Selain itu, Lauren berhasil membuktikan bahwa tidak hanya mengandalkan wajah cantiknya saja, Lauren juga memiliki hati yang menawan, ia selalu ada disamping Dwayne saat susah maupun senang. Sehingga tak heran jika Dwayne pun mampu terus bersamanya hingga saat ini.

 

Kencan Ideal Ala Dwayne Johnson

Biografi Dwayne Johnson & 12 Fakta Lengkap Menariknya 8

Kencan menjadi momen kebersamaan yang membahagiakan bagi semua pasangan. Waktu bersama menghabiskan malam dengan kekasih, ternyata menjadi salah satu kencan ideal bagi pasangan Dwayne Johnson dan Lauren. Kebersamaan dan kemesraan keduanya terjalin indah dalam hubungan asmara yang dirajut bertahun-tahun. Tidak heran jika keduanya sudah dikaruniai anak dari hasil cinta mereka, meskipun keduanya sepakat untuk hidup bersama meskipun belum ada ikatan pernikahan.

 

Dwayne Johnson Dalam Karir Gulat Professional

Biografi Dwayne Johnson & 12 Fakta Lengkap Menariknya 9

Memulai perjalanan karir gulat pada tahun 1996 dan dikenal dengan julukan atau nama panggung The Rock di arena gulat World Wrestling Entertainment (WWE). Ia berhenti pada tahun 2001 dan kembali muncul dalam program gulat WWE Monday Night RAW serta Wrestlemania XXVII pada tahun 2011. Prestasinya terus menanjak setelah kemunculannya pada tahun 1996, beberapa prestasi dalam karir bergulatnya diantaranya adalah 7 kali mendapatkan sabuk WWE Champion. Ia menjadi rival berat pegulat profesional Stone Cold (Steve Austin) di arena gulat WWE.

 

Beberapa Film Yang Dibintangi Dwayne Johnson – Karir Perfilman

Biografi Dwayne Johnson & 12 Fakta Lengkap Menariknya 10

Meskipun namanya mulai dikenal dalam film The Mummy Return, namun karirnya di dunia perfilman sebenarnya sudah dimulai sebelum itu. Beberapa film yang pernah ia bintangi di antaranya adalah :

  • Tahun 1999 (Beyond The Mat, That ‘70s Show dan The Neta)
  • Tahun 2000 (Longshot, Star Trek; Voyager)
  • Tahun 2001 (The Mummy Returns)
  • Tahun 2002 (The Scorpion King)
  • Tahun 2003 (The Rundown)
  • Tahun 2004 (Walking Tall)
  • Tahun 2005 (Be Cool dan Doom)
  • Tahun 2006 (Gridiron Gang)
  • Tahun 2007 (Reno 911!: Miami. Cory In The House, The Game Plan dan Southland Tales)
  • Tahun 2008 (Get Smart, Hannah Montana)
  • Tahun 2009 (Race to Witch Mountain, Planet 51, Wizards of Waverly Place)
  • Tahun 2010 (Tooth Fairy, Tyler Perry’s Why Did I Get Married Too?, The Other Guys, You Again fan Faster)
  • Tahun 2011 (Fast Five)
  • Tahun 2012 (Journey 2: The Mysterious Island)
  • Tahun 2013 (Snitch, G.I. Joe: Retaliation, Pain & Gain, Fast & Furious 6 dan Empire State
  • Tahun 2014 (Hercules)
  • Tahun 2015 (Furious 7, San Andreas)
  • Tahun 2016 (Central Intelligence, Moana)
  • Tahun 2017 (Fast & Furious 8, Jumanji: Welcome to The Jungle)
  • Tahun 2018 (Rampage dan Skyscraper)

Peran utama pertamanya adalah dalam film yang berjudul “The Scorpion King” pada tahun 2002. Pada waktu itu Dwayne Johnson menerima bayaran sekitar US $ 5,5 juta. Peran utama pertamanya itu ia terdaftar dalam Guinness World Record pada tahun 2007 sebagai aktor dengan upah terbesar dalam peran pertama film yang dibintanginya. Tidak cukup sampai disitu, The Rock juga berhasil mengantongi pendapatan yang mencapai angka $ 28,594,667, yang merupakan film dengan sejarah pendapatan harian tertinggi.

 

Fakta Menarik Dwayne Johnson

Biografi Dwayne Johnson & 12 Fakta Lengkap Menariknya 11

  1. Siapa sangka masa lalunya diwarnai dengan kesulitan yang tidak biasa, anak badung yang sering membuat onar dan berganti-ganti sekolah pada waktu SMA.
  2. Ternyata cita-cita Dwayne adalah menjadi pemain Football dan sempat ia geluti pada masa SMA hingga perkuliahan. Meskipun harus terhenti karena cedera dan beberapa faktor lain yang ia alami.
  3. Dwayne Johnson adalah satu-satunya pegulat yang meraih 7 gelar di arena gulat WWE.
  4. Menikahi istri pertamanya Dany Garcia tepat pada saat dirinya berulang tahun pada usia ke 25.
  5. Pada film pertamanya sebagai pemeran utamanya di Scorpion King, Dwayne Johnson dikabarkan meraup pendapatan hingga 5,5 juta USD dan dianggap sebagai salah satu aktor laga dengan penghasilan terbesar.
  6. Tidak hanya ayahnya, kakek Dwayne juga mantan pegulat. Tidak heran jika badan besar dan kekuatannya dalam bergulat menurun padanya.
  7. Dwayne memiliki tato Samoa pada tubuhnya, tato tersebut ia gambar di tubuhnya sebagai penghormatan untuk sang Ibu, yang berasal dari wilayah Samoa.
  8. Meskipun berbadan tinggi, besar dan tegap, pria tampan ini ternyata memiliki phobia pada hewan kecil yaitu laba-laba.

Demikianlah perjalanan panjang hidup seorang “The Rock” Dwayne Johnson beserta fakta-fakta menarik yang dimilikinya. Banyak belajar dari kisah hidupnya, semoga artikel kali ini dapat menginspirasi para pembaca. Selalu ambil kebaikan dari hidup tokoh yang kita sukai, teladani semangat serta proses menuju kesuksesan dan semoga kesuksesan menyertai Anda.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.