Fakta di Balik Pedang Kayu Sakti Milik Sakata Gintoki di Anime Gintama

gintoki

Sakata Gintoki si karakter utama dalam ini selalu menggunakan kayunya diberbagai kondisi bahkan untuk berduel dengan asli.

Hal ini merupak hasil dari peraturan pelarangan bagi warga sipil yang terpaksa membuatnya tidak menggunakan asli dan hanya menggunakannya di saat-saat tertentu.

Banyak pertarungan epik dan menegangkan yang Gintoki menangkan dengan kayunya tersebut. Banyak juga kejanggalan yang ini buat seperti dan ketahanannya yang di luar nalar.

Kejanggalan dan kebenaran tentang ini akan saya bahas di fakta-fakta menarik tentang kayu Sakata Gintoki di bawah ini.

 

Arti dibalik nama kayu Gintoki “Gintoki Bokuto” & “Toyako Bokuto”

Nama Gintoki adalah Gintoki Bokutou atau Toyako Bokutou. Bokutou sendiri adalah cara orang Jepang untuk menyebut sebuah kayu. Sedangkan Toyako berarti danau Toya, sebuah danau di wilayah Shikotsu-Toya, Hokaido, Jepang.

Jadi bisa diartikan bahwa arti dari nama “Gintoki Bokutou” adalah “Pedang Kayu Gintoki” dan “Toya Bokutou” adalah “Pedang Kayu dari Danau Toya.”

 

Tulisan “Danau Toya” di pedang kayu Gintoki

Pedang kayu Gintoki memiliki sebuah ukiran di bagian gagangnya, ukiran itu bertuliskan ‘Danau Toya’. Gintoki mengaku bahwa asal usul pedang kayu itu datang dari danau Toya, sebuah tempat wisata di Hokaido.

Baca juga  SIMAK, Anime Seru Tentang Makanan

Dia bercerita bahwa dia membeli pedang itu sebagai cinderamata saat pergi ke danau itu. Gintoki pergi ke danau itu saat dia pergi darmawisata bersama teman satu sekolahnya.

Namun, cerita diatas merupakan karangan Gintoki belaka. Dibawah ini sudah saya jelaskan asal usul sebenarnya pedang sakti ini.

 

Asal-usul pedang kayu Gintoki menurut cerita Gintoki

Pedang kayu tersebut adalah “Toyako Bokuto” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Pedang kayu danau Toya”. Pedang kayu ini berdasarkan cerita dari Gintoki sendiri adalah pedang yang ia beli ketika ia dulu kunjungan wisata sekolahnya ke danau Toya dan membeli pedang kayu tersebut sebagai souvernir oleh-oleh.

Tentu saja cerita tersebut merupakan cerita bohongan yang Gintoki karang sendiri karena seperti yang kita ketahui Gintoki tidak menempuh pendidikan formal dan hanya mengenyam pendidikan non-formal di sekolah kuil milik Yoshida Shouyou.

 

Asal-usul pedang kayu Gintoki yang sebenarnya

Selanjutnya diketahui bahwa ternyata pedang kayu sakti milik Gintoki ini ternyata hanya produk home shopping yang Gintoki beli lewat acara televisi home shopping. Inilah alasan mengapa setiap pedangnya rusak, tapi di episode selanjutnya ia telah memiliki pedang kayu sakti nya kembali.

Baca juga  9 Bangsa Saiyan yang Tersisa di Semesta 7

 

Bahan pedang kayu sakti milik Gintoki

Meskipun membelinya di acara Home Shopping, bukan berarti itu adalah pedang kayu biasa. Sebenarnya, pedang yang Gintoki gunakan bernama Hoshikudaki. Pedang itu terbuat dari bahan terbaik.

Pada acara TV Home Shopping tersebut dijelaskan oleh penjual pedang kayu tersebut mengenai bahan yang diklaim merupakan bahan pembuat pedang kayu sakti milik Gintoki.

Penjual pedang kayu di acara TV Home Shopping tersebut mengklaim bahwa pedang kayu tersebut merupakan pedang kayu dengan bahan kayu dari pohon berusia sepuluh ribu tahun dari planet lain yang bisa menghancurkan apapun.

Pedang kayu ini sebagaimana yang kita tahu, pedang ini mampu menebas, merusak, dan menghancurkan berbagai macam jenis material bahkan pedang asli yang secara logika mustahil untuk dilakukan dengan sebuah pedang kayu. Hal ini kemungkinan bisa terjadi akibat benarnya klaim acara home shopping tersebut yang dibarengi berpedang dan Gintoki yang diatas rata-rata.

 

Jiwa penunggu pedang kayu Gintoki

Pedang kayu Gintoki ini ternyata memiliki roh penunggu. Penunggunya adalah sebuah jiwa bernama Toyako. Toyako adalah seorang petapa dengan penampilan menyerupai pria paruh baya dengan kacamata berwarna oranye.

Baca juga  Anime Bukan Sekedar Tontonan Untuk anak-anak, Kok bisa?

Gintoki, Shinpachi, dan Kagura pernah masuk ke dimensi yang dibuat oleh Toyako. Petapa itu mengakui kehebatan Gintoki, menurut penjelasannya, belum ada orang yang menggunakan pedang itu sehebat Gintoki. Tetapi semua itu masih kurang, karena itu Toyako ingin mengajarkan sebuah jurus pamungkas kepada Gintoki.

Sayangnya Gintoki menolak tawaran tersebut dengan alasan yang sangat sederhana yaitu bahwa dia terlalu lelah dan hanya ingin tidur dengan tenang di hari liburnya.

Seperti tabiat ini yang suka memparodikannya lain. Toyako ini sebenarnya adalah parodi dari Zangetsu di Bleach. Zangetsu adalah jiwa yang tinggal di dalam pedeng Zanpakutou milik Ichigo Kurosaki. Penampilan dari Zangetsu dengan Toyako juga bisa dibilang mirip, hanya janggutnya saja yang membedakan.

 

Akhir Kata

Demikian fakta-fakta sebenarnya mengenai pedang kayu sakti milik Sakata Gintoki. Jika Anda memiliki pendapat lain mengenai fakta-fakta diatas atau memiliki fakta lain yang belum disebutkan diatas, Anda bisa mengutarakannya di kolom komentar.

Sekian dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Terimkasih sudah membaca, semoga bermanfaat !

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Anas

   

Hanya seorang manusia yang suka menonton anime, bermain game, menonton youtube, melihat dan terkadang membuat meme, menulis artikel dan masih banyak lagi kegiatan yang tidak terlalu berguna bagi bangsa dan negara.