Haikyuu!! Fandom Toxic, Kenapa?


Haikyuu!! Fandom Toxic, Kenapa? 1

Anime Haikyuu!! adalah anime bergenre sport alias olahraga dan olahraga yang dilakukan adalah bola voli. Haikyuu menceritakan bagaimana Hinata Shoyo, seorang anak yang tidak tinggi dan tidak berpengalaman dalam olahraga voli ingin menjadi pemain voli yang hebat. 

Alur ini membuat Haikyuu memiliki banyak fans. Tidak hanya dari kalangan anak-anak, namun juga orang dewasa, bahkan para pemain voli pun menonton anime ini. Tidak hanya alur, namun Haikyuu benar-benar memperlihatkan bagaimana latihan para pemain voli, cara melakukan receive, toss, spike, bahkan teknik-teknik langka, juga taktik serangan yang bisa digunakan untuk bermain voli di dunia nyata.

Haikyuu 
Haikyuu 

Haikyuu fandom sejak lama dikenal sebagai fandom ter-adem dan ter-kalem, pasalnya, fandom benar-benar hanya menikmati alur dari anime dan manga Haikyuu. Tapi–

Tayangnya season 4 Haikyuu setelah 4 tahun berlalu membuat para fans heboh. Tidak hanya fans yang setia menunggu Haikyuu sejak Season 1 pertama kali tayang, namun juga para penonton newbie.

Bertambahnya jumlah fans bukanlah hal yang buruk, namun entah kenapa, hal ini malah mencoreng nama ‘fans terkalem’ yang sudah lama disandang oleh Haikyuu fandom.

Kenapa?

  • Shipping

Siapa yang tidak suka main kapal-kapalan?

Bukan kapal sungguhan, namun ship disini adalah dengan siapa kalian mendukung para karakter untuk menjalin hubungan romantis. Sejauh yang kita tau, karakter perempuan di anime Haikyuu sangatlah sedikit. Yang paling sering muncul di layar adalah para manajer Tim Karasuno, Shimizu Kiyoko dan Yachi Hitoka, dan kakak dari Tanaka Ryuunosuke, yaitu Saeko-nee-san.

Namun sedikitnya karakter perempuan tidak menghentikan para ‘fans’ untuk melakukan yang namanya ship. Para ‘fans’ melakukan ship antar karakter laki-laki. Ship terpopuler diantaranya:
1) Kageyama x Hinata
2) Daichi x Suga
3) Asahi x Noya
4) Tsukishima x Yamaguchi
5) Kuroo x Kenma
6) Bokuto x Akaashi
7) Kenma x Hinata
8) Iwaizumi x Oikawa

Kapal Haikyuu
Kapal Haikyuu

Tidak hanya segitu, banyak ship lainnya yang tentunya beberapa fans anggap keterlaluan seperti Atsumu x Osamu, sungguh tidak bisa di terima karena mereka berdua adalah laki-laki, dan mereka berdua adalah saudara, mereka berdua kembar, dan, mereka berdua tampak tidak terlalu menyukai satu sama lain, sering bertengkar, Atsumu yang menyebalkan, dan lain-lain yang membuat ship ini sungguh sangat tidak masuk akal.

Bahkan beberapa fans dengan tegas membenci pasangan Yamaguchi x Yachi, dan tentunya ini sungguh aneh, karena mereka pasangan normal, yang mana sungguh aneh, karena dari awal munculnya Yachi, Yamaguchi menunjukkan ketertarikan pada gadis tersebut.

Tentunya, tidak ada yang melarang kalian para fans untuk melakukan ‘shipping‘, namun ada perbedaan jauh dari melakukan ship yang sehat dengan ship yang toxic. Ada kalanya para ‘fans’ bertengkar menentukan ship mana yang paling baik, ada juga para fans yang memaksa fans lain untuk menyetujui ship mereka dengan mengatakan ‘ship itu jelek, lebih bagus yang ini’.

Fans lama jadi menganggap fandomnya sendiri telah menjadi toxic akibat kapal-kapalan yang sudah terlalu parah ini.

  • Fans ‘bertanduk’

Entah siapa yang memulainya, namun para fans tampak sangat tertarik dengan tampilan para karakter Haikyuu, dimulai dari betapa gantengnya Kageyama Tobio, Oikawa Tooru, Kuroo Tetsuro, hingga semua karakter yang ada di anime tersebut, tanpa terkecuali.

Tentunya itu tidak berakhir hanya pada wajah para karakter, namun semua yang ada pada karakter tersebut, tangannya, kakinya, punggungnya. Para ‘fans’ mulai memperlakukan para karakter kesukaan mereka seperti karakter dari anime bergenre ecchi atau hentai, yang mana sesungguhnya sangat aneh karena ini adalah anime bergenre sport.

Banyak meme bertebaran tentang bagaimana para ‘fans’ menikmati ‘plot’ anime Haikyuu, namun ‘plot’ ini tidak lain adalah para anak-anak SMA yang berolahraga dengan menggunakan celana pendek yang entah bagaimana terlihat menggemaskan di mata mereka. (serius, saya pun tidak mengerti)

Haikyuu 'Plot'
Haikyuu ‘Plot’

Ada juga yang menyebarluaskan sebuah panel manga yang bertuliskan bahwa Kuroo Tetsuro, kapten Nekoma, di masa depan menjadi ‘porn star’, ya tentu saja itu palsu karena Kuroo masih berkecimpung di dunia voli.

Kuroo 'Time Skip'
Kuroo ‘Time Skip’

Pada level ini, Haikyuu fandom menerima panggilan baru, yaitu ‘horny fandom‘.

Meskipun begitu, tidak banyak fans lama yang meninggalkan fandom Haikyuu. Beberapa dari fans lama tinggal untuk mengingatkan para member baru agar tidak terlalu jauh melakukan ‘ship’ dan memuja ‘plot’. Ada juga yang tetap dalam fandom untuk mencari informasi baru seputar anime dan manga Haikyuu, memes, juga bertukar pikiran dengan member baru yang memiliki banyak pertanyaan seputar Haikyuu.

Beberapa fans berharap bahwa Haikyuu fandom akan kembali menjadi fandom damai, adem dan kalem tanpa toxic berlebihan seputar ship dan ‘plot’. (termasuk saya)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lauren

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap