Kiat-kiat Membeli Rambut Palsu di Toko Online untuk Cosplayer


Kiat-kiat Membeli Rambut Palsu di Toko Online untuk Cosplayer 1

Cosplay adalah singkatan dari Costume Play, sebuah kegiatan untuk tampil menyerupai tokoh-tokoh anime kesukaannya. Meskipun demikian, adapula orang yang cosplay menjadi tokoh dari video game. Pelaku cosplay biasa disebut cosplayer. Para cosplayer bebas menjadi siapa saja yang diinginkan untuk tampil di sebuah acara cosplay yang diadakan di tempat umum, seperti mall atau gedung pertunjukan.

Selain pakaian, tata rias dan gaya rambut juga sangat penting untuk menunjang penampilan. Dahulu kita harus memanjangkan rambut, lalu menatanya di salon agar mirip dengan tokoh yang akan kita bawakan. Adapula yang memakai rambut palsu, tetapi dulu tidak cukup mudah untuk mendapatkan rambut palsu yang sudah siap pakai untuk cosplay. 

Di zaman sekarang, kita mudah membeli apa saja asalkan bisa menggunakan internet. Banyak toko-toko online yang menyediakan barang-barang kebutuhan cosplayer, termasuk rambut palsu. Bagaimanakah cara memilih rambut palsu yang dijual di toko online?

Ingin menjadi siapa?

Megurine Luka
Megurine Luka

Ketika akan menggarap pakaian untuk cosplay, kita harus memastikan tokoh yang akan dipilih. Siapakah tokoh yang akan kita perankan untuk lomba cosplay? Sesudah itu, baru berbelanja mengumpulkan bahan pakaiannya. Untuk gaya rambutnya, bisa memakai rambut palsu.

Carilah rambut palsu sesuai nama tokoh yang akan diperankan. Temukan toko cosplay yang menyediakan macam-macam rambut palsu. Jangan lupa untuk menanyakan apakah ada rambut palsu untuk tokoh yang akan diperankan. Kalau bisa, sertakan gambarnya juga. 

Dengan begitu, pihak toko akan lebih mudah untuk menyediakan model dan warna yang paling mirip. Satu hal lagi, jangan lupa untuk memberitahu ukuran tubuh, misalnya tinggi badan. 

Ingat nama lengkap tokohnya

Haruno Sakura
Haruno Sakura

Banyak tokoh anime yang namanya sama, tetapi dari seri yang berbeda. Sebagai cosplayer, sudah seharusnya ingat nama lengkap dan anime-nya. Jangan sampai salah beli rambut palsu. Misalnya ingin menjadi Sakura, apakah mau cosplay menjadi Kinomoto Sakura, Sakura Hiroshi, Sakuragi Hanamichi, atau, Haruno Sakura? Jangan sampai salah pengertian, ya…

Kalau sampai salah, nanti malah repot untuk mengembalikan barangnya. Apalagi kalau ingin mengembalikan rambut palsu, semuanya harus dibungkus rapi, jangan sampai ada bagian yang kusut. 

Perhatikan gambarnya

Contoh gambar rambut palsu yang dipakai oleh model
Contoh gambar rambut palsu yang dipakai oleh model

Toko online selalu menyajikan gambar untuk menarik perhatian para pembeli. Pastikan penjualnya mau memberikan gambar sesuai dengan aslinya. Seringkali gambar yang dipajang berasal dari pabrik atau penyalur dari merk masing-masing. Tidak aneh kalau banyak gambar yang sama di toko berbeda.

Kalau sudah menemukan toko yang cocok, jangan sungkan untuk bertanya. Harus teliti sebelum membeli. Tanyakanlah seperti apa seratnya, apakah tahan terhadap panas, dan tanyakan juga apakah ada gambar-gambar lainnya. Toko online akan memberikan gambar yang lebih jelas. 

Karena tokoh-tokoh anime punya rambut berwarna-warni, jangan lupa untuk memperhatikan warna rambut palsu yang ditawarkan. Pilihlah warna yang paling mendekati warna yang tampak di anime. 

Cosplay jadi Megurine Luka
Cosplay jadi Megurine Luka

Sampai disini dulu kiat-kiat memilih rambut palsu untuk cosplay. Mungkin cara berbelanja seperti ini terasa sedikit merepotkan. Tapi kita harus teliti agar penampilan kita terlihat memuaskan. Setidaknya, impian untuk tampil menyerupai tokoh anime kesukaan kita berhasil menjadi kenyataan. 

Kalau sudah lengkap, persiapkan diri untuk datang ke acara cosplay. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rinka

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap