Kiat-kiat Belajar Tata Rias untuk Cosplayer Pemula


Kiat-kiat Belajar Tata Rias untuk Cosplayer Pemula 1

Tata rias adalah salah satu hal yang sangat penting bagi cosplayer. Tanpa tata rias, muka terlihat kurang segar di depan kamera. Beruntunglah bagi orang yang sudah mirip dengan tokoh yang diperankannya. Tetapi, banyak orang yang tidak terlalu mirip meskipun dia berparas rupawan. Maka, tata rias pasti sangat membantu untuk menunjang penampilan. 

Cosplayer pendatang baru seringkali merasa takut ketika harus merias muka. Misalnya dia cantik atau tampan, takut kelihatan jelek sesudah dirias, takut berjerawat, atau takut diejek oleh orang lain. Disini ada kiat-kiat yang berguna bagi cosplayer baru. Kiat-kiat ini tidak berlaku untuk cosplayer yang selalu memakai topeng.

Berkenalan

Contoh alat rias
Contoh alat rias

Tak kenal maka tak sayang. Itulah peribahasa yang berlaku di kehidupan kita. Orang yang baru mulai ikut cosplay bisa berkenalan dengan cosplayer di sebuah acara cosplay. Kalau zaman sekarang, kita bisa berkenalan melalui internet, cukup mengirim pesan dan permintaan pertemanan, lalu sampaikan keperluan kita.

Kalau masih ragu, kita bisa mencari perkumpulan cosplay di Internet. Perkenalkan diri, lalu katakan bahwa kamu ingin ikut cosplay. Sampaikan juga bahwa kamu ingin belajar tata rias dan membuat pakaian untuk keperluan cosplay. Jangan lupa menanyakan alat dan bahan yang diperlukan.

Berkumpul

Berkumpul
Berkumpul

Bagi yang sudah berkenalan di internet, bisa membuat janji untuk bertemu di sebuah acara. Kalau sudah saling kenal, bisa membuat janji untuk bertemu di tempat umum yang sering dijadikan tempat cosplayer berkumpul. Tetapi, yang paling sering terjadi adalah langsung bertemu di tempat acara. 

Ketika sedang di ruang ganti pakaian, jangan sungkan untuk berkenalan dan bertanya tentang alat rias yang dipakai. Dari situ, kamu bisa belajar tentang alat-alat rias dan cara penggunaannya, serta alat rias apa saja yang cocok untuk kulit masing-masing. 

Kalau ikut cosplay di hari itu, bisa minta bantuan orang yang sudah bisa tata rias. Tanyakan saja bagaimana cara menggunakan alat rias yang kamu bawa. Lalu lakukan sesuai petunjuk yang dia katakan. Dengan begitu, kamu sudah mulai belajar tata rias sendiri. 

Kalau beruntung, kadang-kadang ada cosplayer yang mencari orang untuk bahan latihan tata rias. Dia melakukan itu karena dia suka, dia ingin meningkatkan kemampuannya dalam hal tata rias, atau mungkin dia adalah siswa jurusan kecantikan di sebuah perguruan.

Coba sendiri

Foto bersama
Foto bersama

Cobalah untuk merias sendiri tanpa bantuan teman. Boleh sambil melihat gambar di majalah atau internet. Jangan takut terlihat menor, cobalah dengan riasan tipis terlebih dahulu. Kalau ada yang kurang, masih diperbaiki sedikit demi sedikit. Pastikan cermin bersih dan tidak kekurangan cahaya.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa gambar tokoh yang akan kamu perankan di acara cosplay. Sesudah semuanya lengkap, mulai dari pakaian, tata rias, tatanan rambut, dan percaya diri, keluarlah dari ruang ganti pakaian dengan penuh gaya. 

Kesimpulan

Jangan ragu untuk mulai belajar. Tata rias untuk cosplay memang berbeda dengan tata rias biasa. Hampir semua cosplayer tidak memakai riasan muka dalam kesehariannya. Cosplayer memakai riasan untuk keperluan cosplay agar terlihat mirip dengan tokoh yang sedang diperankan. 

Kalau sudah terbiasa, maka penampilan dalam cosplay akan terus berkembang. Semakin lama akan semakin mirip dengan tokoh-tokoh yang diperankan. Selain itu, kita bisa merias muka lebih baik lagi. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rinka

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap