Mengenal Genre Populer Dalam Manhua

Mengenal Genre Populer Dalam Manhua 1

Manhua adalah sebutan komik di negara tirai bambu, China. Manhua memiliki karakteristik Art Style dan Tema Cerita yang khas dikarenakan latar belakang dari negaranya sendiri, negara tirai bambu memang memiliki ciri khas tema dalam berbagai karya sastra, film dan juga Manhua.

Manhua tentunya ada banyak jenis genre yang membuat para pembaca menjadi betah untuk membacanya. Nah, inilah beberapa genre Manhua yang populer saat ini.

1. Qihuan (奇幻)

Release That Witch
Release That Witch

Qihuan terdiri dari dua kata yang digabungkan, yaitu “qi” (奇) memiliki arti “tenaga dalam atau juga magic” dan juga “huan” (幻) memiliki arti “fiksi”. Jadi arti dari genre Qihuan adalah sebuah cerita fiksi fantasi yang mengandung unsur tenaga dalam atau magic.

Di dalam Manhua qihuan juga terkadang memuat cerita fantasi yang di dalamnya terdapat magical beast (hewan buas dengan kekuatan sihir) dan juga teknik kultivasi yang mengandalkan tenaga dalam seperti ki, cakra, dan sejenisnya.

Tingkatan kasta di dalam World Building Manhua qihuan juga menganut sistem kebangsawanan ala orang inggris, seperti adanya sang baron, viscount, count, duke, marquis, dan sebagainya

2. Kehuan (科幻)

The Last Human
The Last Human

Kehuan terdiri dari dua kata yang digabungkan, yaitu “ke” (科) memiliki arti “sains“, dan juga “huan” (幻) memiliki arti “fiksi”. Jadi arti dari genre Kehuan adalah sebuah cerita berunsur ilmu sains yang masih masuk ke dalam cerita fiksi ilmiah, tidak benar-benar nyata, dan tidak bisa diaplikasikan ke kehidupan nyata.

3. Xianxia (仙侠)

Rebirth of The Urban Immortal Cultivator
Rebirth of The Urban Immortal Cultivator

Xianxia (仙侠), memiliki arti “pahlawan abadi”. Cerita dalam Manhua Xianxia melibatkan berbagai jenis metode kultivasi guna untuk mendapatkan kekuatan dan keabadian. Biasanya dalam Manhua Xianxia cara untuk mendapatkan kekuatannya masih berhubungan dengan budaya dao (toism) dan juga Buddha.

Di dalam World Building Manhua Xianxia, dapat ditemukan hukum rimba yaitu siapa yang kuat dan memiliki tingkat kultivasi diatas rata-rata, maka dialah yang berkuasa. Tidak peduli apapun rasnya, baik itu dari manusia, immortal, naga, demon, devil ghost, Buddha.

Jurus-jurus di dalam Manhua Xianxia memiliki skala kekuatan yang luarbiasa, mulai dari yang terlemah setingkat manusia biasa, sampai berkaitan dengan planet, galaxy, universe, bahkan multiversi. Konflik didalamnya pun seringkali konflik antara sang karakter utama dengan demigod atau dewa.

4. Xuanhuan (玄幻)

Varsetile Mage
Varsetile Mage

Xuanhuan (玄幻), terdiri dari kata “xuan” (玄) yang berarti “abstrak/tidak nyata”, dan “huan” (幻) yang berarti “fiksi”. Cerita dalam Manhua Xuanhuan masih berhubungan dengan fantasi namun bedanya unsur di dalamnya seringkali perpaduan antara mitologi China dan mitologi Luar.

Misalnya dengan adanya 5 elemen kekuatan yaitu besi, kayu, air, api dan tanah. Juga adanya 4 binatang keramat seperti harimau putih, kura-kura hitam, burung Vermillion, dan naga langit.

5. Wuxia (武侠)

Star Martal God Technique
Star Martal God Technique

Wuxia (武侠) secara harfiah memiliki arti “Martial Art“. Manhua bergenre ini membahas seputar dunia Martial Art, dan juga berbagai drama kehidupan yang ada di dalamnya, baik itu masalah perebutan kekuasaan antara sekte, adanya percintaan, balas dendam, dan sebagainya.

Nah inilah Genre komik Manhua yang sedang populer saat ini yaitu Qihuan, Kehuan, Xianxia, Xuanhuan dan juga Wuxia. Terima kasih atas waktunya untuk membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali!!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Hyakyu