Mengenal Kekuatan 9 Titan dari Serial Attack on Titan


Mengenal Kekuatan 9 Titan dari Serial Attack on Titan 1

Dalam Serial Attack on Titan, Titan adalah musuh bagi umat manusia yang tinggal dalam dinding. Meskipun sebagai musuh, namun tak lama. Manusia dalam dinding yang merupakan bangsa Eldia ternyata memiliki kemampuan untuk berubah menjadi Titan karena mereka masih memiliki garis keturunan Ymir, Titan pertama di dunia Attack on Titan. 

Tak hanya dapat berubah menjadi Titan, ternyata kekuatan Titan dapat diwariskan. Meskipun Bangsa Eldia dapat berubah menjadi Titan, tapi mereka akan berubah menjadi Titan Murni atau Titan Tak Berakal. Untuk dapat mengendalikan kekuatan Titan mereka, satu-satunya cara adalah dengan menjadi Titan Berakal. Menjadi Titan berakal pun tidak mudah. Satu-satunya cara menjadi Titan berakal adalah dengan memakan Titan berakal lainnya. 

Dari semua Titan yang ada, hanya terdapat 9 Titan Berakal. Berikut adalah kesembilan Titan tersebut:

The Founding Titan

始祖 の 巨人 — Shiso no Kyojin
始祖 の 巨人 — Shiso no Kyojin

Founding Titan adalah kekuatan Titan yang paling unik dan paling powerful. Pewarisan kekuatan ini hanya dilakukan kepada garis keturunan kerajaan Eldia sehingga sulit dan bahkan tidak mungkin dimiliki oleh orang tanpa darah bangsawan.

Dengan berteriak, dapat mengubah Subjek Ymir menjadi Titan, mengendalikan pikiran para Titan, dan mengubah ingatan dan tubuh Subjek Ymir. Pemilik kekuatan Founding Titan juga dapat melakukan telepati dan saling terhubung melalui jalur Path. 

Sejak Grisha Yeager mengambil kekuatan Founding Titan dari keluarga kerajaan, diketahui satu hal unik. Eren yang mewarisi kekuatan Founding Titan dari ayahnya ternyata hanya dapat menggunakan kekuatan Founding Titan ketika bersentuhan dengan pemilik darah bangsawan. Eren yang tidak memiliki darah bangsawan hanya dapat menggunakan kekuatan Founding Titan sepenuhnya ketika bersentuhan dengan Zeke Yeager dan bersatu dengannya. 

The Attack Titan

進 撃 の 巨人 — Shingeki no Kyojin
進 撃 の 巨人 — Shingeki no Kyojin

Titan milik Eren ini dapat melihat masa depan dari pewaris Titan selanjutnya. Attack Titan sendiri merupakan pelindung dan musuh alami dari Founding Titan. Melalui kekuatan membaca masa depan, pemilik kekuatan Titan ini dapat memiliki rencana yang baik kedepannya.

Kekuatan Attack Titan ini juga masih membuat bingung penggemar series ini. Beberapa hal yang membuat bingung adalah ketika Eren Kruger yang berpesan kepada Grisha Yeager untuk menyelamatkan Armin dan Mikasa. Entah ini berasal dari ingatan pemilik Titan sebelumnya, atau malah dari ingatan Grisha Yeager, pemilik selanjutnya.

Tak hanya dapat melihat masa depan, Attack Titan juga memiliki kemampuan bertarung yang cukup hebat. Dengan memiliki kedua kemampuan tersebut, Attack Titan bisa menjadi musuh yang cukup sengit bagi para Titan lainnya.

The Colossus Titan

超大型 巨人 — Chō ōgata Kyojin
超大型 巨人 — Chō ōgata Kyojin

Titan Kolosal adalah Titan terbesar dari semua Titan yang ada. Meskipun ada beberapa Titan yang lebih besar lainnya seperti bentuk Titan dari Rod Reiss dan Founding Titan milik Eren namun keduanya bukanlah Titan biasa. Titan milik Rod Reiss sebenarnya merupakan Titan Abnormal dan Titan milik Eren adalah Founding Titan yang dapat mengatur semua Titan yang ada. 

Sangat besar dan dapat mengeluarkan uap dalam jumlah besar, Titan Kolosal menjadi Titan yang paling sulit diserang oleh tim penyelidik. Karena uap yang dikeluarkan, para tim penyelidik yang berusaha menyerang tengkuknya menjadi kesusahan karena akan mendapatkan semburan uap panas langsung. 

Selain dapat menyemburkan uap, Titan Kolosal juga dapat mengontrol kekuatan transformasi Titan dan radius ledakan. Ketika titan shifter bertransformasi menjadi Titan, mereka akan mengeluarkan ledakan yang cukup hebat. Titan milik Armin bahkan dapat menghancurkan pelabuhan di Liberio. Meskipun Titan Kolosal terlihat besar dan cukup kuat, namun memiliki satu kelemahan. Karena ukurannya yang terlalu besar, pergerakan Titan Kolosal menjadi lambat dan mudah diserang, namun ketika ada yang datang menyerang, Titan Kolosal dapat menyemburkan uap panas dengan mudah.

The Female Titan

女 型 の 巨人  —  Megata no Kyojin
女 型 の 巨人  —  Megata no Kyojin

Female Titan, seperti namanya, sepertinya pemilik kekuatan ini haruslah seorang perempuan. Female Titan adalah petarung yang handal. Bukan tanpa alasan, Female Titan dianugrahi kemampuan ekstra dalam bertarung seperti halnya Attack Titan. Mungkin saja bisa saja jadi tandingan bagi Attack Titan. Ditangan Annie yang memiliki kemampuan bertarung yang handal, Female Titan menjadi petarung yang handal dan sulit dikalahkan.

Female Titan dapat mengeraskan area kulitnya untuk kemampuan ofensif dan defensif ekstra. Seperti War Hammer Titan, Female Titan juga dapat mengeraskan tubuh manusianya dan berada dalam bentuk kristal. Dalam bentuk ini, yang dapat menghancurkan kristalnya hanya Founding Titan.

Selain kedua kekuatan tersebut, Female Titan juga memiliki kemampuan untuk memanggil titan murni dengan jeritannya. 

The Armored Titan

鎧 の 巨人 — Yoroi no Kyojin
鎧 の 巨人 — Yoroi no Kyojin

Kulit Armor Titan ditutupi oleh kulit yang keras seperti armor. Bagaikan baju zirah, semua badan titan ini ditutupi oleh kulit keras kecuali di beberapa area yang diperlukan untuk pergerakan.  

Sangat kuat, tubuh Armor Titan dapat menembus dinding Maria. Karena kerasnya, kulit Armor Titan tidak dapat serang dengan pedang oleh tim penyelidik. Tim penyelidik sampai harus membuat senjata baru agar dapat menembus kulit Titan satu ini.

Selain kulitnya yang keras, ia juga memiliki kemampuan untuk mengeraskan lengan dan kakinya menjadi cakar yang lebih tajam yang dapat digunakan untuk memanjat struktur seperti Tembok. 

The Beast Titan

獣 の 巨人 —  Kemono no Kyojin
獣 の 巨人 —  Kemono no Kyojin

Seperti namanya, Beast, penampakan Titan satu ini seperti hewan buas. Para titan shifter dapat mengambil karakteristik fisik dari hewan yang berbeda yang bervariasi. Pemilik kekuatan Titan satu ini jelas sekali memiliki karakteristik yang tidak sama dan sangat jauh berbeda dengan para pemilik kekuatan sebelumnya. Namun satu hal, semua bentuk Titannya berupa campuran antara bentuk manusia dengan hewan.

Di Tangan Zeke Yeager, Beast Titan berbentuk seperti monyet raksasa. Di tangan Zeke juga, Titan miliknya memiliki kemampuan melempar yang luar biasa dan dapat menghancurkan semua yang ada di depannya. 

Selain ahli dalam melempar, Titan satu ini juga dapat berbicara dengan normal seperti manusia. Sangat berbeda dengan Titan lainnya, hal ini memudahkan pemilik kekuatannya untuk berkomunikasi dengan manusia meskipun dalam mode Titan. 

Selain itu, dengan teriakan Beast Titan milik Zeke juga dapat mengubah manusia menjadi Titan jika telah terkontaminasi dengan cairan tulang belakang pemilik kekuatan ini. Selain dapat mengubah manusia menjadi Titan, Beast Titan juga dapat mengontrol para Titan semau hatinya.

The Jaw Titan

顎 の 巨人 — Agito no Kyojin
顎 の 巨人 — Agito no Kyojin

Jaw Titan adalah yang paling lincah dari semua Titan. Kelincahannya juga ditunjang dengan tubuhnya yang lebih kecil dari para titan lainnya sehingga memudahkannya untuk bergerak.

Tak hanya lincah, Jaw Titan juga memiliki gigi dan cakar yang tajam yang mampu menghancurkan hampir semua hal termasuk kristal dari tubuh para titan shifter yang mengkristal. 

Selain lincah, dan kuat, diketahui jika titan satu ini dapat terbang. Titan milik Falco, dalam chapter dua terakhir dari serial ini menampilkan bagaimana Titan satu ini dapat terbang dan memiliki sayap. Sebuah kejutan diakhir cerita dari Isayama.

The Cart Titan

車 力 の 巨人 — Shariki no Kyojin
車 力 の 巨人 — Shariki no Kyojin

Titan satu ini dan memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi. Karena kekuatannya tersebut memungkinkannya untuk tetap berada dalam bentuk Titan dalam jangka waktu yang lama bahkan berbulan-bulan, serta berubah secara berurutan tanpa perlu istirahat. 

Berbeda dengan para titan lainnya, Cart Titan berjalan dengan cara merangkak. Karena kekuatannya juga, Cart Titan dimanfaatkan sebagai pengangkut barang bagi Marleyan ketika bertarung. Bahkan Cart Titan memiliki beberapa peralatan khusus yang memang sengaja dibuat untuk menunjang para Marleyan agar biasa berada di atas tubuhnya sebagai sniper. 

Selain itu semua, jika para titan shifter mengendalikan tubuhnya dalam bentuk Titan dimulai dari area bawah mata, Titan satu ini mengendalikan tubuh titannya dari pipinya.

The War Hammer Titan

戦 槌 の 巨人 — Sentsui no Kyojin
戦 槌 の 巨人 — Sentsui no Kyojin

Sangat keras, inilah yang menggambarkan bagaimana tubuh Titan satu ini. Tidak seperti Armor Titan yang memiliki kulit yang keras seperti armor, Titan satu ini memiliki pelindung tubuh yang benar-benar keras seperti kristal. Tak hanya beberapa bagian saja seperti Armor Titan, seluruh bagian tubuhnya ditutupi oleh pelindung yang kuat sekuat kristal namun fleksibel. Bagaikan kain yang menutupi tubuhnya, Titan satu ini seperti mengenakan pakaian yang nutupi dirinya sehingga menjadi sulit diserang.

Tak hanya tubuhnya yang keras, War Hammer Titan juga dapat membuat berbagai senjata dari kekuatannya. Penampakan pertama dari Titan satu ini adalah dengan mengeluarkan palu raksasa untuk menyerang Eren. Mungkin karena inilah dia diberi nama ‘War Hammer’. Namun tidak hanya palu, Titan ini dapat membuat berbagai hal sesuka hatinya seperti busur panah beserta anak panahnya.

Selain dapat membuat kristal pengeras sesuka hatinya, Titan satu ini juga dapat mengubah bentuk tubuhnya dalam bentuk kristal yang sangat keras seperti milik Female Titan sehingga tubuh manusianya tidak dapat serang siapa pun.

Hal yang unik dari pemilik kekuatan ini adalah bahwa kelemahannya tidak berada pada tengkuknya. Tidak seperti Titan lainnya, pemilik kekuatan Titan satu ini dapat mengendalikan Titan miliknya dari kejauhan. Bagaikan remote control yang memiliki kabel dan mengendalikan jalannya karakter pemain, itulah ibarat tubuh titan shifter yang mengendalikan mode Titannya. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Adriel Prastyanto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap