Mengenal Makna Dibalik Bentuk Cincin Pertunangan


Mengenal Makna Dibalik Bentuk Cincin Pertunangan 1

Berbeda dengan cincin perkawinan yang bentuk desainnya polos dan simple, cincin pertunangan memiliki bentuk yang variatif sehingga dari sisi tampilan terlihat lebih menarik.

Namun, bukan bagus tidaknya dari sisi tampilan yang menjadi ukuran dari cincin pernikahan maupun pertunangan, melainkan makna yang tersemat dibalik bentuk cincin tersebut. Sebab cincin yang terpasang di jari, akan selalu terlihat oleh pemakainya, dan dengan senantiasa melihat cincin itulah diharapkan si pemakai akan selalu teringat akan kebersamaan yang dia jalin bersama seseorang yang dia cintai.

Tidak sekedar teringat, tapi juga memiliki pengharapan akan indahnya hubungan yang dijalin di masa-masa yang akan datang.

Jangan lupa bahwa cincin dengan bentuknya yang melingkar, tanpa ujung dan pangkal sebenarnya juga merupakan sebuah simbol dari keabadian. Sehingga sebuah pertunangan atau pernikahan yang diikat dengan simbol sebentuk cincin, mengandung harapan bahwa pertunangan dan pernikahan tersebut kelak akan selalu abadi.

Cincin perkawinan dibuat polos dan simpel dengan penampang halus, clink serta tidak memiliki banyak lekukan, karena makna yang terkandung dari cincin pernikahan tersebut adalah sebuah harapan, kelak suasana rumah tangga yang dibangun senantiasa berjalan dengan ritme yang halus dan lurus, serta tidak berkelok-kelok atau tidak banyak rintangan yang dapat mengganggu ketentraman rumah tangga.

Bentuk cincin perkawinan yang polos menggambarkan bahwa kepribadian dari dua orang yang berbeda sudah harus dilebur menjadi satu kesatuan, dengan saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing, dan saling melengkapi kekurangan dan kelebihan tersebut, sehingga keduanya menjadi satu kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Berbeda halnya dengan cincin pertunangan yang bentuknya lebih variatif, bentuk tersebut merupakan simbol bahwa keduanya masih dalam tahap belajar untuk saling memahami satu dengan yang lain.

Karena masih dalam tahap belajar, maka keduanya juga masih saling menghargai sifat dan karakter masing-masing tanpa saling memaksa untuk menyamakannya hingga kelak memasuki gerbang rumah tangga.

Untuk lebih memahami makna dari bentuk cincin pertunangan, berikut beberapa simbol yang menyertai bentuk dari cincin pertunangan:

Cincin Pertunangan Berbentuk Bulat

Mengenal Makna Dibalik Bentuk Cincin Pertunangan 3

Jika kita kembali ke masa-masa lampaui, akan banyak kita jumpai dalam catatan sejarah bahwa sebuah cincin dengan bentuk bulat merupakan lambang dari kesetiaan yang utuh, kesetiaan yang tulus dan tidak terbelah meski digoda dengan cara apapun.

Begitu pula harapan yang terkandung dalam cincin pertunangan berbentuk bulat, sepasang kekasih yang telah terikat oleh pertunangan diharapkan bisa saling menjaga kesetiaan diantara mereka, dan tidak tergoda oleh apapun dan siapapun hingga ikrar pernikahan diucapkan.

Cincin pertunangan berbentuk bulat yang hampir menyerupai bentuk cincin pernikahan juga merupakan satu isyarat bahwa sepasang kekasih yang telah mengikat diri dengan janji pertunangan, telah memiliki kesiapan yang penuh untuk mengarungi bahtera rumah tangga, berbekal cinta dan kasih sayang diantara mereka.

Cincin Pertunangan Berbentuk Oval

Mengenal Makna Dibalik Bentuk Cincin Pertunangan 4

Bentuk oval identik dengan segala sesuatu yang bersifat eksklusif dan istimewah. Memilih cincin pertunangan berbentuk oval, menggambarkan bahwa ikatan perpertunangan yang dijalin adalah sesuatu yang eksklusif dan istimewah, sehingga harus dijaga dan dipertahankan bersama.

Bentuk oval juga melambangkan keharmonisan yang diharapkan dapat tumbuh dan terus bersemi selama masa pertunangan, sehingga kelak saat waktu pernikahan datang, keharmonisan tersebut telah memiliki bentuk yang lebih sempurna.

Cincin Pertunangan Berbentuk Pir

Mengenal Makna Dibalik Bentuk Cincin Pertunangan 5

Bentuk pir menghadirkan kesan unik, artistik dan elegant. Makna yang terkandung pada cincin pertunangan  berbentuk pir adalah keinginan untuk membangun kebersamaan, baik selama masaperpertunangan maupun pernikahan, senantiasa diliputi oleh keindahan dan kebahagaiaan.

Cincin Pertunangan Berbentuk Hati

Mengenal Makna Dibalik Bentuk Cincin Pertunangan 6

Cincin pertunangan berbentuk hati cenderung dipilih oleh mereka yang memiliki sifat romantis dan mengharapkan kesempurnaan dalam hal apapun, utamanya dalam hal cinta dan kasih sayang. Cincin pertunangan berbentuk hati merupakan lambang dari satu pengharapan akan abadinya cinta dan kasih sayang yang telah disatukan dalam janji perpertunangan.

Itulah beberapa makna yang tersembunyi dibalik cincin pertunangan . (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap