Menilik Perjuangan Idol Kpop Sebagai Upaya Memotivasi Diri

Menilik Perjuangan Idol Kpop Sebagai Upaya Memotivasi Diri 1

Korea Selatan atau yang lebih dikenal sebagai negeri ginseng memiliki keunikan tersendiri bagi sebagian orang. Mendengar negara Korea Selatan tak lepas dari kemajuan berbagai sektor seperti pariwisata, kecantikan, teknologi canggih, drama/film dan tentunya kepopuleran musik Kpop.

Musik Kpop saat ini menunjukkan perkembangan yang pesat dimana beberapa Idol Kpop berhasil masuk ditangga lagu internasional dan bersanding dengan musisi papan atas internasional. Tentunya hal itu didapatkan tidak secara instan, mengingat untuk menjadi seorang Idol mereka harus melalui beberapa tahapan mulai dari audisi dibeberapa agensi lalu menjalani masa trainee.

Masa trainee menjadi masa sulit bagi idol karena disitu mereka belum tentu debut meski sudah menjadi trainee yang cukup lama di agensi mereka. Bahkan tak jarang ditemukan trainee yang keluar dari agensi karena ketidakpastian waktu debut mereka sebagai Idol. Perlunya kemampuan menjadi tolak ukur seseorang untuk menjadi Idol.

Beberapa idol Kpop dengan masa trainee yang lama antara yaitu Suho yang menjalani masa trainee selama 6 tahun. Meski menjalani masa trainee yang lama ternyata dibalik usaha kerasnya Suho berhasil debut bersama EXO dan menjadi seorang leader dan lead vocalist digrupnya. Selain itu ada juga idol wanita yang menjalani masa trainee lama yaitu Seulgi. Seulgi menjalani masa trainee selama 7 tahun. Penantian panjangnya terbayar ketika ia berhasil debut bersama Red Velvet dan menempati posisi main dancer,dan lead vocalist.

Foto Seulgi dan Suho: Wikipedia
Foto Seulgi dan Suho: Wikipedia

Tantangan dan rintangan harus mereka hadapi ketika menjadi trainee. Disiplin dalam berlatih menjadi kunci agar mereka dapat debut dengan kemampuan yang baik dan tentunya disukai para penggemar mereka. Selain itu mereka juga harus terbiasa hidup mandiri karena mereka akan ditempatkan di asrama khusus untuk trainee.

Ketika seorang idol berhasil debut mereka tidak bisa dengan santainya menjalani kehidupan seperti orang pada umumnya. Perjalanan baru akan mereka mulai dimana mereka harus terbiasa menjaga sikap mereka menjadi seorang idol yang memiliki kepribadian baik dan memberikan dampak positif bagi orang lain. Mereka juga harus bersikap sabar dengan berbagai kritik pedas dari haters. Selain itu mereka harus terus berkarya menghasilkan sebuah musik yang dapat diterima pecinta musik di dalam negeri maupun luar negeri.

Kita ambil contoh boygrup yang tengah naik daun dan menjadi pusat perhatian dunia yaitu BTS. Beranggotakan 7 orang yaitu Jin, Suga, RM, JHope, Jimin, V dan Jungkook prestasi mereka sudah tidak diragukan lagi. Perjuangan BTS ketika memulai karier dapat dibilang berat. Hal ini dikarenakan BTS merupakan sebuah grup yang berasal dari agensi kecil yaitu Big Hit Entertaiment kepopuleran mereka saat itu kalah dengan SM Entertaiment, JYP dan YG Entertaiment.

Foto: Instagram bts.bightitofficial
Foto: Instagram bts.bightitofficial

Melalui usaha dan perjuangan mereka seperti aktif melakukan promosi diluar negeri, akhirnya musik mereka dapat diterima masyarakat global pada umumnya. Pencapain terbesar mereka yaitu melalui lagu ‘Dynamite’ yang dirilis pada tahun 2020 silam. Lagu mereka berhasil masuk dalam Billboard Hot 100 dan berada diposisi teratas. Selain itu mereka berhasil menjadi Idol Kpop pertama dari Korea Selatan yang masuk nominasi Grammy Awards 2021 melalui kategori Best Pop Duo/ Gruop Performance. Selain itu saat ini agensi mereka juga menjadi agensi besar dengan mengganti nama menjadi Hybe Entertainment.

Melihat beberapa kisah dari Idol Kpop tersebut tentunya dapat menjadikan acuan atau motivasi terhadap diri kita untuk siap menerima setiap tantangan. Disiplin sabar tekun harus kita terapkan dalam menjalani kehidupan. Selain itu sikap pantang menyerah dalam mewujudkan mimpi, terus berusaha secara maksimal dan selalu siap menerima kritik ataupun saran dari orang lain.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Dian Anggun W