Perdagangan Uang Nyata di Game Online


Perdagangan Uang Nyata di Game Online 1

Bermain game online bisa menjadi sumber uang bagi segelintir pemain. Para pemain game online melakukan jual-beli dan tukar-menukar mata uang game online dengan mata uang seperti Rupiah. Peristiwa seperti ini dikenal dengan istilah Real Money Trading atau RMT. Hal ini terjadi ketika ada pemain mencari keuntungan dari sebuah game online yang sedang naik daun.

Bagaimanakah cara mereka mendapatkan uang dari bermain game online?

Tempat Menukar Uang

Tempat menukar uang
Tempat menukar uang

Ada pemain yang sudah banyak mengumpulkan banyak uang di game online. Pemain seperti ini sering berlama-lama bermain game online. Orang-orang seperti ini mempunyai tujuan untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dari hasil quest, jual-belidan berburu monster. Jumlah uang yang sudah dikumpulkannya akan ditawarkan kepada pemain baru untuk ditukar dengan sejumlah Rupiah.

Jual Character

Character level tinggi
Character level tinggi

Ada orang yang terus bermain setiap hari untuk menjadi orang pertama yang mencapai level tertinggi di sebuah MMORPG. Yang dia tahu hanya berburu monster, mengumpulkan peralatan terbaik, dan ujung-ujungnya menjual character. Caranya, mereka menawarkan character, kalau sudah ada kesepakatan harga, maka pemain menukar ID dan password dengan sejumlah uang yang sudah disediakan oleh pembeli.

Pemain seperti ini banyak ditemukan di MMORPG yang belum lama beredar. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa jual beli character juga terjadi di game online selain MMORPG. Misalnya action dan FPS.

Jasa Joki

Joki
Joki

Banyak orang yang menawarkan jasa joki di game online yang terkenal. Jasa joki ini banyak dipakai oleh para pemain yang punya uang tetapi jarang bermain. Mereka menyediakan sejumlah uang agar character kesayangannya cepat naik level atau naik peringkat. 

Biaya jasa joki di game online memang tidak menentu. Ada yang memasang harga berdasarkan jam, hari, atau level

Lelang

Lelang
Lelang

Lelang sudah biasa terjadi di sebuah MMORPG yang selalu ramai dengan pemain. Barang-barang yang ditawarkan dalam lelang sudah pasti langka, sulit didapatkan, dan merupakan barang-barang terbaik di dunia game online tersebut. Ada beberapa alasan kenapa ada pemain yang rela menjualnya. Misalnya dia sudah punya lebih dari satu, tidak merasa butuh, atau sedang membutuhkan banyak uang. 

Ada sebagian pembeli yang rela membayar barang lelang dengan mata uang dunia nyata. Hal seperti ini menjadi sumber uang bagi pemain yang memiliki barang langka di game online. Bahkan harganya pun sangat menggiurkan. 

Kesimpulan

Banyak pemain musiman yang mencari keuntungan pribadi dari game online. Mereka akan datang meramaikan game online yang baru beredar, kemudian mereka akan segera pindah ke game online yang lebih baru, dan itu terjadi secara berulang-ulang.

Perdagangan uang nyata di game online memang dilarang oleh penerbit. Alasannya, perbuatan tersebut membawa dampak buruk bagi kelangsungan game online tersebut. Misalnya terjadi penipuan, kesenjangan diantara para pemain, dan perundungan terhadap pemain baru. Kalau sudah begini, pemain merasa harus membayar untuk menjadi pemenang. Game online seperti itu akan kehilangan banyak penggemar.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rinka

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap