Rekomendasi Drama Korea Bertema Detektif!

Rekomendasi Drama Korea Bertema Detektif! 1

Tidak sedikit peminat dari drama-drama korea, dan juga banyak drama-drama korea yang memiliki cerita misteri, romantis, dll yang sangat menarik untuk ditonton. Salah satunya ialah drama korea yang memiliki tema detektif, bagi orang-orang yang sangat suka mengasah kemampuan berpikir dan memecahkan teka-teki pasti sangat menunggu rekomendasi-rekomendasi drama korea bertema detektif yang terbaik.

1. Voice

Rekomendasi Drama Korea Bertema Detektif! 3

Bagi pecinta drama korea bertemakan detektif pasti tidak asing dengan drama yang satu ini. Voice  (Hangul: 보이스) yang merupakan serial tv asal Korea Selatan telah mencuri perhatian masyarakat di berbagai negara. Dengan mengusung tema detektif, Lee Ha-na berperan sebagai Kang Hwon-Joo dan Jang Hyuk berperan sebagai Moo Jin-Hyuk berhasil memerankan perannya sebagai tokoh utama dengan sangat baik. Drama yang pertama kali rilis pada Januari 2017 ini mendapati respon yang sangat baik dari penikmat drama korea.

Moo Jin-hyuk merupakan dalah seorang detektif populer yang kemampuannya memecahkan kasus-kasus besar, tetapi setelah istrinya dibunuh oleh seorang pembunuh berantai, hidupnya mulai menurun. Dia diliputi rasa bersalah karena tidak dapat melindungi istrinya dan diam-diam mencari pembunuhnya.

Sementara itu, Kang Kwon-joo yang merupakan lulusan dari akademi kepolisian dengan nilai tertinggi. Dia mulai bekerja di pusat panggilan darurat 112. Saat bekerja di sana, terjadi kasus pembunuhan brutal dan ayahnya yang merupakan sersan polisi menuju ke TKP. Ayahnya terbunuh oleh pembunuh brutal tersebut dan Kwon-joo mendengar apa yang terjadi melalui telepon. Setelah itulah Kwon-Joo menyadari kemampuan yang dia punya. Setelah itu, dia pergi ke AS untuk belajar dan kembali ke Korea sebagai profiler suara profesional.

Detektif Jin-hyuk dan Kang Kwon-joo menyelesaikan kasus bersama untuk mengejar pembunuh berantai yang bertanggung jawab atas kematian anggota keluarga mereka.

Drama voice ini pertama kali rilis pada Januari 2017 dan sudah sudah merilis hingga 4 season dengan cerita dan pengalaman yang sangat tidak kalah menariknya dan penuh teka-teki.

2. Signal

Rekomendasi Drama Korea Bertema Detektif! 4

Signal merupakan drama korea yang bertemakan detektif yang rilis pada tahun 2016 yang dibintang oleh aktris Kim Hye Soo, aktor Lee Je Hoon serta aktor Cho Jin Woong.  Drama Signal merupakan adaptasi dari kisah nyata, yakni kasus pembunuhan berantai di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan pada 1986-1991. Drama signal menjelaskan tentang kerjasama antara detektif di masa lalu dan detektif di masa sekarang dalam memecahkan kasus pembunuhan.

Park Hae Young (Lee Je-Hoon) seorang letnan kepolisian yang ahli dibidang criminal profiler. Meskipun Hae Young bekerja untuk kepolisian, namun sebenarnya ia sangat tidak mempercayai polisi, karena trauma masa lalunya. 

Saat ia masih kecil, terjadi penculikan dan menewaskan salah satu teman dari Hae Young yang bernama Yoon Jung. Hae Young pada saat itu melihat Yoon Jung dijemput oleh seorang wanita asing ditengah hujan dihari yang sama saat Yoon Jung dikabarkan hilang. Namun, dari pihak kepolisian memiliki dugaan bahwa yang menculik teman dari Hae Young merupakan seorang pria. Ketika Hae Young memilih untuk memberikan kesaksiannya kepada pihak kepolisian, pihak kepolisian tidak menanggapi kesaksian dari Hae Young. Sejak saat itu kasus penculikan dan kematian dari Yoon Jung masih menjadi misteri.

Pada tahun 2015, tepat beberapa hari sebelum undang-undang pembatasan investigasi kasus berakhir, Hae Young bertemu dengan seorang reporter untuk memberitahu skandal selebritis pada mereka. Namun, seorang detektif bernama Cha Soo-Hyun (Kim Hye-Soo) mendengar percakapan tersebut dan menyeret Hae-Yong ke kantor polisi atas tuduhan penguntitan.

Ternyata kantoh polisi yang didatanginya merupakan kantor polisi yang dimana dahulu Hae Young memberikan saksi mengenai temannya yang hilang saat kecil. Ketika Hae Young enyelesaikan urusannya di kantor polisi tersebut dan hendak akan pulang, ia mendengar suara dan mencari asal suara itu yang merupakan suara dari sebuah walkie-talkie tua. Setelah Hae Young mencari tau tentang suara dan walkie-talkie tersebut ia menyadari bahwa suara tersebut merupakan detektif Lee Jae Han yang berasal dari masa lalu yang pada saat itu sedang menginvestigasikan kasus penculikan dari teman Hae Young. Lalu, Hae Young dan Detektif Jae Han mulai bekerjasama melalui walkie-talkie tersebut untuk memecahkan kasus-kasus yang belum terpecahkan di masa lalu.

Kasus-kasus dingin yang diangkat di dalam drama Signal ini merupakan adaptasi dari kasus-kasus nyata terjadi. Kasus penculikan dan pembunuhan yang disinggung di sinopsis berdasarkan kasus penculikan yang terjadi pada tahun 1997 yaitu “Park Chorong Bitnari Kidnapping-Murder Case”.

Selain itu, Signal juga mengangkat kasus pembunuhan berantai paling menggemparkan di Korea Selatan yaitu “Hwaseong Serial Murder”. Pelaku diduga memperkosa dan membunuh setidaknya 10 wanita yang dimulai dari tahun 1986 hingga 5 tahun setelahnya.

3. Tunnel

Rekomendasi Drama Korea Bertema Detektif! 5

Sama dengan Voice Season 1, Tunnel juga rilis pada tahun 2017 setelah serial tv Voice selesai. Drama Tunnel ini  dibintangi oleh Choi Jin-hyuk, Yoon Hyun-min dan Lee Yoo-young. 

Park Gwang-ho (Choi Jin-hyuk) merupakan seorang detektif divisi kriminal dengan 10 tahun pengalaman. Pada tahun 1986, saat sedang mengejar pelaku pembunuhan ”bintik” di yang melewati terowongan, Park Gwang-ho hilang secara misterius pada tahun 1986 dan muncul pada tahun 2017. Bersama dengan Letnan Kim Seon-jae (Yoon Hyun-min) dan Psikolog Shin Jae-yi (Lee Yoo-young), mereka mulai memecahkan kasus pembunuhan berantai yang tak terpecahkan selama 30 tahun. Dan menjadikan terowongan tersebut sama pintu utama dan kunci dalam menyebrangi dua waktu tersebut.

4. Criminal Minds

Rekomendasi Drama Korea Bertema Detektif! 6

Criminal minds merupakan drama yang dibintangi oleh Lee Joon-gi, Son Hyun-joo, Moon Chae-won, Yoo Sun, Lee Sun-bin dengan Go Yoon dan Kim Yeong-cheol. Drama ini merupakan “Remake” dari serial tv Amerika yang berjudul Criminal Minds. Criminal Minds rilis pada tahun 2017.

Drama ini dimulai saat setahun berlalunya kejadian fatal yang mengakibatkan meledaknya bom di ssalah satu rumah sakit. Di dalam kejadian tersebut, beberapa petugas SWAT, termasuk sahabat dekat Kim Hyun Joo, tewas di dalam kejadian tersebut. Kejadian itu juga membuat ketua tim Kang Ki Hyun “trauma” berat dan memutuskan untuk mengambil cuti panjang.

Setelah istirahat cuti panjang yang dilakukan selama satu tahun, Ki Hyun pun ditarik kembali untuk menyelidiki kasus pembunuhan berantai yang cukup sulit untuk dipecahkan. Karena itulah, tim NCI pun harus bekerja sama dengan Unit Kejahatan Kekerasaan kepolisian setempat untuk memecahkan kasus tersebut. Dari situlah, Ki Hyung bertemu dengan Kim Hyun Joon, polisi temperamental yang memiliki dendam terhadap Ki Hyun. 

Meskipun terdapat permasalahan peribadi dan masa lalu, mereka berdua dan anggota tim lainnya saling bekerja sama sesuai dengan keahlian masing-masing untuk mengungkap pelaku pembunuhan berantai yang dikenal dengan nama The Reaper. Meskipun petunjuk tentang identitas The Reaper ini sudah mulai terlihat menjelang pertengahan episode, namun proses penangkapannya sendiri memakan proses yang sangat panjang. Bahkan, Ki Hyun harus menelan kenyataan pahit karena istrinya sendiri juga harus menjadi korban kekejaman The Reaper ini, yang membuatnya bersumpah untuk menangkap pembunuh berantai yang keji ini bagaimanapun caranya.

5. Partner for Justice

Rekomendasi Drama Korea Bertema Detektif! 7

Partner for Justice yang dibintangi oleh Jung Jae Young dan Jung Yu Mi ini rilis pada tahun 2018. Drama ini mengangkat cerita tentang kerjasama dari tim forensik dan jaksa guna memecahkan kasus kasus misterius dan mengungkap kejahatan masa lalu yang disembunyikan. 

Baek Beom yang diperankan oleh Jung Jae Young merupakan dokter bedah toraks yang terampil dan memiliki kemampuan yang sangat baik namun harus berpindah tugas menjadi dokter forensik akibat tuduhan malpraktik. 

Saat ini, ia bertugas sebagai dokter forensik yang terbiasa menangangi berbagai macam bentuk mayat membuat sifat Baek Boem berubah menjadi dingin.

Eun Sol yang diperankan oleh Jung Yu Mi, adalah putri seorang pengacara terkenal namun kerap dianggap sebelah mata bahkan oleh ayahnya sendiri. Ia kemudian berusaha membuktikan diri dengan menjadi jaksa dibanding mengikuti jejak ayahnya sebagai pengacara. 

Kasus pertama yang ditangai oleh Eun Sol adalah kasus kematian misterius seorang ibu rumah tangga di yang terjadi rumahnya. Eun Sol memiliki dugaan bahwa pelakunya adalah suaminya, anak konglomerat yang memiliki sifat arogan. Namun, kasus pertama tersebut tidak berjalan dengan baik bagi Eun Sol, Eun Sol pun kesal karena kasus pertamanya gagal dan bertekat akan lebih berhasil di kasus-kasus berikutnya.

Awal pertemuan Baek Boem dan Eun Sol yang tidak berjalan baik yang selalu membuat keduanya sering bertikai. Namun karena semakin sering terlibat dalam kasus yang sama, mereka nememukan banyak kecocokan dan akhirnya terus bekerja sama. 

6. Tell Me What You Saw

Rekomendasi Drama Korea Bertema Detektif! 8

Tell Me What You Saw merupakan drama korea yang dibintangi oleh Jang Hyuk, Choi Soo-young, dan Jin Seo-yeon. Drama ini rilis pada tahun 2020. 

Oh Hyun-jae yang diperankan oleh Jang Hyuk merupakan seorang profiler jenius yang dapat memecahkan banyak kasus dingin menggunakan keterampilan profilnya yang tak tertandingi.

Pada suatu hari, tunangan dari Hyun Jae tewas di dalam ledakan lalu lintas yang dibuat oleh seorang pembunuh berantai dan setelah kejadian tersebut Hyun Jae tinggal di dalam pengasingan. Lima tahun kemudian, pembunuhan baru terjadi kembali dan tanpa disangka pembunuhan tersebut menggunakan metode yang sama dengan pembunuh berantai tersebut.

Saat menyelidiki kasus ini, ketua tim Hwang Ha-young yang dieperankan oleh Jin Seo-yeon bertemu dengan seorang detektif dari pedesaan, Cha Soo-young yang diperankan oleh Choi Soo-young yang memiliki ingatan fotografis yang kuat. Kemudian ketua tim Hwang memperkenalkan Soo-young ke Hyun-jae dan mereka bekerja sama untuk mengungkap siapa pelaku dari pembunuhan berantai tersebut. 

Berikut beberapa rekomendasi drama korea bertema detektif yang wajib ditonton bagi pecinta drama korea dari semua kalangan genre.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Avatar Biru