Rekomendasi Lagu-Lagu ‘Ambyar’ Versi Korea

Rekomendasi Lagu-Lagu 'Ambyar' Versi Korea 1

Tidak bisa dipungkiri, semua hal yang berbau Korea sedang sangat digemari saat ini. Baik dari fashion, film, drama seri, makanan, budaya dan tentu saja musiknya.

Serangan lagu-lagu K-Pop sudah dimulai sejak satu dekade yang lalu ketika grup Super Junior mengeluarkan lagu Sorry-Sorry, yang lagunya sempat menggema dan dinyanyikan oleh ribuan orang pada pesta penutupan Asian Games 2018, hingga tren baru saat ini yang diwakili dengan kelompok musik BTS.

Namun apakah musik yang dilahirkan oleh musisi-musisi di negara ginseng itu melulu hanya sebatas milik kelompok musik seperti era Super Junior, Bigbang, hingga milik BTS dan Blackpink saat ini?

Tentu saja ada berbagai macam jenis musik dari musisi hebat yang bahkan namanya tidak sampai ke Indonesia, atau seandainya sampai ke Indonesia pun, hanya kalangan tertentu yang beruntung bisa mendengarkannya karena memang kalah tenar dengan lagu-lagu dari musisi yang lebih terkenal.

Ada begitu banyak musisi yang namanya tidak terdengar jauh hingga ke Indosia, namun memiliki karya-karya yang luar biasa dan jarang kita ketahui  dan sangat menarik untuk kita dengarkan.

Cinta tentu saja masih menjadi tema utama dari lagu-lagu di negara manapun asalnya. Dan berbicara tentang cinta tentunya kita tidak bisa meninggalkan begitu saja tentang sakit hati serta perpisahan yang tentu saja tidak bisa lepas dari percintaan itu.

Berikut beberapa lagu milik musisi Korea berikut yang bisa mengingatkan kita akan cerita cinta yang tidak selamanya berjalan mulus :

Shaun – Closed Ending

Shaun
Shaun

Banyak orang mungkin pernah mendengar lagu berjudul Way Back yang bahkan pernah dinyanyikan ulang versi bahasa Inggris-nya oleh Conor Maynard ini, namun bisa jadi tidak banyak orang yang pernah mendengar tentang Shaun, penyanyi kelahiran tahun 1990 yang bernama asli Kim Yun-ho ini.

Selain lagu Way back Home yang sangat enak di telinga, baru-baru ini Shaun merilis mini album yang berisi dua buah lagu, yang salah satunya berjudul Closed Ending.

Lagu ini bercerita tentang sebuah hubungan yang sudah diketahui kisah akhirnya. Dan sayangnya, ending dari kisah ini bukanlah sebuah happy ending seperti yang diinginkan.

Seperti pada liriknya tertulis :

Even if I write it down again

Our last chapter is

Already written down

An unavoidable, closed ending

Suara Shaun yang manis serta alunan gitar yang mengalun pelan akan membuat pendengarnya ikut tenggelam dalam suasana yang sebenarnya bercerita tentang sebuah perpisahan namun dikemas dalam lagu yang membuat kita mendapatkan semangat baru.


10CM – Fine Thank You And You

Rekomendasi Lagu-Lagu 'Ambyar' Versi Korea 3

Salah satu duo yang debut pada tahun 2010 ini sebenarnya sudah cukup terkenal di negaranya sana. Namun tidak banyak yang mengenal grup yang sudah menelurkan banyak lagu menarik ini di Indonesia walaupun tentunya para penggemar drama Korea pasti sudah pernah mendengar satu atau dua lagu mereka pada soundtrack drama karena 10CM ini sudah wara-wiri mengisi original soundtrack di berbagai drama.

Dan salah satu yang menarik untuk didengarkan adalah Fine Thank You And You.

Bagi sobat ambyar yang ingin melebarkan sayap pada lagu ambyar Korea, lagu ini cukup ambyar didengarkan.

Bercerita tentang seorang pria yang kembali mendengar kabar tentang mantan kekasihnya yang ternyata sudah hidup lebih baik dari pada dirinya setelah mereka berpisah.

I heard about you recently

I heard that you already live in a large apartement

I still eat instant noodle everyday

I am getting older but my tastes haven’t change


Jannabi – For Lovers Who Hesitate

Band Jannabi
Band Jannabi

Sebuah band yang terinspirasi dari The Beatles ini sudah wara-wiri di berbagai acara televise bahkan sering mampir ke variety show dengan rating penonton tinggi di Korea, sehingga lagu-lagu mereka sudah tidak lagi asing di telinga masyarakat Korea.

Jannabi merupakan salah satu musisi yang lagunya menjadi langganan coffee shop di Korea, karena menurut cerita banyak orang, standar dari kesuksesan musisi di Korea salah satunya adalah apabila lagunya banyak di putar di coffee shop yang merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di negara tersebut.

Dan salah satu lagu mereka yang bisa dibilang lagu milik Jannabi yang paling terkenal adalah For Lovers Who Hesitate.

Lagu ini bercerita tentang cerita yang hanya tinggal kenangan dan keraguan-keraguan yang membuat penyesalan di masa kini. Serta pengharapan untuk bisa menghapus penyesalan tersebut apabila ada hari lain untuk mereka bisa dipertemukan kembali.

If the day comes again someday

Let’s not run hastily

Let’s step backward the way we faced each other

And look at each other saying good-bye


Crush – Fall

Rekomendasi Lagu-Lagu 'Ambyar' Versi Korea 4

Crush merupakan seorang penyanyi solo yang saat ini berada di bawah naungan P-Nation, sebuah agensi milik Psy, yang memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia.

Dilihat dari banyaknya penggemar yang datang setiap kali Crush datang untuk mengadakan konser di Indinesia, tidak bisa disangkal lagi dia adalah musisi solo yang sanggup bersaing dengan para idol K-Pop di negara ini.

Crush yang bernama asli Shin Hyoseob ini memiliki begitu banyak lagu hits karena dia juga dikenal sebagai chart killer, yang merupakan salah satu musisi yang lagu-lagunya berhasil menduduki tangga lagu Korea Selatan.

Fall, merupakan salah satu lagu milik Crush yang menceritakan kerinduan seseorang pada mantan kekasihnya.

Dia mengatakan kabar sang mantan dan menyatakan bahwa hari-hari terasa sangat panjang semenjak perpisahan mereka.

Masih ada begitu banyak lagu dari musisi Korea Selatan yang tidak melulu dari grup idol yang lagunya terkenal di berbagai kalangan.

Dan seperti kata orang, bahasa bukanlah suatu halangan untuk menikmati lagu dari negara yang bahasanya tidak kita kuasai, karena musik adalah bahasa yang sangat universal.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Haruna