Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Video Game

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Video Game 1

Teliti sebelum membeli, seperti itulah yang harus selalu dipegang ketika sedang berbelanja. Sayangnya, masih banyak orang yang mengeluhkan harga yang ditawarkan. Murah atau mahal tidak hanya ditentukan oleh harga yang tertulis, tetapi juga ditentukan oleh mutunya.

Begitu pula dengan harga video game. Jangan sampai tergiur dengan harga yang terlihat murah. Belum tentu judul itu yang diinginkan, belum tentu juga sempat untuk memainkannya sampai selesai.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membeli video game

Sarana

Konsol
Konsol

Sarana apakah yang sudah dimiliki? Jangan sampai membeli video game, tetapi tidak bisa dimainkan karena beda konsol. Kalau belum punya konsol, bisa beli di toko beserta video game untuk konsol itu. Setiap konsol mempunyai video game masing-masing dengan harga yang berbeda-beda pula.

Pasikan juga judul-judul yang akan dimainkan. Bermain video game bukan sekedar ikut-ikutan musim. Kalau bisa membeli video game keluaran terbaru memang sangat menyenangkan. Kalau sudah membelinya, pastikan akan memainkannya sampai selesai.

Harga

perak
perak

Perhatikan berapa harganya. Baca ulasan dengan teliti sebelum membelinya, tidak harus tergesa-gesa. Itu menjadi salah satu pertimbangan untuk membeli video game. Kira-kira apa saja yang menarik dari video game itu. Apakah harganya sudah pas dengan isinya?

Perhatikan juga seperti apakah kemasannya. Kalau membeli video game terbaru, harus memastikan apakah segenya masih utuh. Kalau membeli video game bekas, perhatikan juga apakah semuanya utuh? Mulai dari kemasan, gambar, isi, dan selisih harga, pastikan tidak ada yang hilang.

Paman, berapakah harganya?
Paman, berapakah harganya?

Bandingkan juga harga dari satu toko dengan toko lainnya. Kalau membeli online, bisa membandingkan harga di toko sendiri dengan di toko dari kota lain. Kita juga bisa mencari judul-judul yang sedang ada potongan harga. Biasanya ada potongan harga untuk judul-judul yang sudah lama beredar.

Untuk game digital, hampir selalu ada potongan harga yang ditawarkan. Mulai dari 10% sampai 90% untuk berbagai macam judul. Untuk membelinya dibutuhkan voucher video game seperti PSN, Nintendo e-shop, atau steam. Pastikan membeli voucher di tempat yang benar, karena masih ada penjual voucher yang mengambil keuntungan secara berlebihan. 

Jadwal

Jam
Jam

Jangan sampai kita mendapatkan banyak gangguan ketika sedang bermain video game. Begitu pula sebaliknya, jangan sampai kegiatan lain terganggu oleh video game. Banyak video game yang menawarkan cerita panjang, tentu saja tidak akan cepat selesai. Memainkannya seperti sedang membaca novel tebal.

Perhatikan juga batas usianya, apakah boleh untuk anak-anak, remaja, atau khusus dewasa. Isi video game tersebut sudah disesuaikan dengan usia calon pembeli. Video game khusus dewasa tentu saja tidak cocok untuk anak-anak di bawah umur. Alasannya karena memperlihatkan darah dan kekerasan. Di samping itu, video game khusus dewasa juga menyajikan teka-teki dan cerita yang sulit dicerna oleh anak di bawah umur. 

Kesimpulan

Membeli video game memang membutuhkan pertimbangan. Tidak semua video game cocok untuk dimainkan oleh semua orang. Selera orang memang berbeda-beda, semua orang memiliki kesukaan masing-masing. Satu hal lagi, video game berisi berbagai macam karya seni.

Di dalamnya terdapat berbagai macam pengetahuan dan kesenian. Pembuatannya melibatkan seniman dari berbagai macam bidang kesenian, mulai dari seni rupa, seni peran, sampai seni suara.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rinka