7 Kue Tradisional yang Diberi Tambahan Gula Merah, Rasanya Manis Legit

7 Kue Tradisional yang Diberi Tambahan Gula Merah, Rasanya Manis Legit 1

Siapa yang gak suka kue tradisional Nusantara nih? Rasanya yang manis legit berkat diberi isian maupun taburan gula merah, kue tradisional ini juga memiliki tampilan memikat.

instagram.com/byviszaj
instagram.com/byviszaj

Tentu saja membuat siapa pun pasti dibuat ketagihan, dijamin deh cita rasanya bikin gak bisa berhenti ngunyah. Penasaran ada apa saja, kue tradisional yang diberi tambahan gula merah. Yuk, mari kita intip deretan kue tradisional dengan tambahan gula merah dibawah ini!

1. Kue lupis

instagram.com/capturekuliner
instagram.com/capturekuliner

Kue lupis menjadi salah satu kue tradisional dengan tambahan gula merah paling diminati. Kue lupis sendiri terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun pisang membentuk seperti segitiga atau lonjong lalu direbus matang.

Rasanya yang manis dan lembut, kue lupis identik diberi taburan kelapa parut serta siraman saus gula merah. Keistimewaan inilah, kue lupis banyak ditemui di daerah pulau Jawa saat bulan Ramadan sebagai menu takjil.

2. Klepon

instagram.com/mommyasyet
instagram.com/mommyasyet

Berbentuk bola-bola kecil berwarna hijau dan berbalut taburan kelapa, klepon termasuk jajanan pasar klasik paling diminati hingga kini. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi hijau sari pandan, barulah dibentuk bulatan kecil-kecil lalu diisi dengan gula merah.

Teksturnya kenyal, saat digigit ada sensasi lelehan gula merah yang benar-benar lumer di mulut. Nagih pisan euy!

3. Jemblem

instagram.com/ettyyuni
instagram.com/ettyyuni

Kue tradisional berbentuk bulat dengan isian gula merah ini namanya jemblem. Kue ini terbuat dari singkong parut yang dibentuk bulatan kecil lalu diberi isian gula merah di dalamnya, setelah itu digoreng hingga matang kuning keemasan.

Memiliki tekstur kering di luar tapi lembut pula di dalam, jemblem pun ada sensasi lelehan gula merah yang seketika meledak di mulut. Perpaduan manis gurihnya mantap!

4. Cenil

instagram.com/dhiahoddie
instagram.com/dhiahoddie

Jajanan pasar ini terbuat dari campuran tepung tapioka dan campuran tepung beras yang diberi pewarna makanan, lalu dibentuk bulat maupun lonjong barulah adonan cenil direbus sampai matang.

Untuk tahap penyajiannya, cenil di alasi daun pisang. Setelah itu diberi topping kelapa parut dan siraman saus gula merah. Kombinasi antara rasa manis gurih dan tekstur kenyalnya menggoyang lidah.

5. Awug-awug

instagram.com/vidiamurni
instagram.com/vidiamurni

Dibungkus daun pisang, awug-awug jadi salah satu kue tradisional yang biasa kita temui saat acara syukuran. Penganan ini terbuat dari adonan tepung beras yang diberi sedikit garam, kemudian dibentuk sedemikian rupa dan diberi isian unti kelapa.

Setelah itu dibungkus menggunakan daun pisang, lalu dikukus sampai matang. Aroma harum khas dipadu rasa manis legit di lidah, awug-awug dapat kita temui di pasar tradisional.

6. Kue putu

instagram.com/ichachairunnisa54
instagram.com/ichachairunnisa54

Dijajakan keliling dengan bunyi yang menjadi ciri khasnya, kue putu pun juga menjadi salah satu camilan klasik yang masih diminati meskipun terbilang agak susah ditemukan.

Kue putu terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau dari sari daun pandan, lalu dikukus di dalam cetakan bambu dengan isian gula merah sampai matang. Sensasi rasa manis dan lembut saat digigit, seketika langsung lumer di mulut.

7. Kue apem gula merah

instagram.com/ipink_nicole
instagram.com/ipink_nicole

Memiliki tampilan kecoklatan, kue apem merupakan jenis kue tradisional yang menjadi favorit semua orang. Berbahan dasar adonan tepung beras yang dicampur tape singkong, gula merah, dan garam, lalu dicetak sesuai selera kemudian dikukus sampai matang.

Kue apem gula merah tentu memiliki tekstur lembut dan empuk yang dikombinasikan manis gurih, sedapnya terasa menari-nari di lidah.

Sensasi rasa manisnya aneka kue tradisional yang diberi tambahan gula merah ini memang seketika langsung dibuat ketagihan. Dijamin, gak bisa berhenti ngunyah deh. Jadi,dari sederet jajanan legit dengan tambahan gula merah di atas, mana saja yang pernah kamu cicipi nih?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Amir Rosadi