Contoh Penulisan Keterangan Waktu yang Baik dan Benar dalam Bahasa Mandarin

Contoh Penulisan Keterangan Waktu yang Baik dan Benar dalam Bahasa Mandarin 1

Penulisan artikel sebelumnya yang berjudul “Bagaimana Struktur Kalimat dalam Bahasa Mandarin? (part 2)” telah dibahas saat menulis keterangan waktu,  penempatan dalam kalimat dapat diletakkan di belakang atau di depan subject (disebut 主语 / 主語 dibaca zhǔ yǔ). Jika Anda belum membaca artikel sebelumnya dapat diakses melalui klik tautan ini https://digstraksi.com/bagaimana-struktur-kalimat-dalam-bahasa-mandarin-part-2

Pada penulisan artikel kali, penulis akan menjawab bagaimana menjelaskan keterangan waktu yang lebih detail dan maksud dari umum ke khusus itu seperti apa? Semua akan dibahas secara lengkap dibawah ini. Selamat membaca!

Hari, Tanggal, Bulan dan Tahun
Berikut ini penulis akan menunjukkan gambar mengenai perbedaan penulisan hari, tanggal, bulan dan tahun dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin, sehingga dapat terlihat letak perbedaan saat ingin menulis dalam kalimat efektif.

Perbedaan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin saat menulis Hari, Tanggal, Bulan, dan Tahun. Sumber: Dokumentasi PenulisPerbedaan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin saat menulis Hari, Tanggal, Bulan, dan Tahun. Sumber: Dokumentasi Penulis

Berdasarkan contoh diatas, dapat dilihat letak perbedaan dalam penulisan hari, tanggal, bulan, dan tahun versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin terletak dari segi urutan penulisan. Dalam Bahasa Indonesia pada umumnya, menuliskan hari terlebih dahulu, kemudian menyusul tanggal, bulan, dan tahun.

Dalam Bahasa Mandarin, berdasarkan contoh diatas, maka harus menulis tahun terlebih dahulu, kemudian bulan, tanggal dan hari. Dari contoh tersebut, maka harus menulis 二〇二一年 dibaca Èr Líng Èr Yì Nián artinya tahun 2021, kemudian 一月 dibaca Yí Yuè artinya bulan Januari, 十八日 dibaca Shí Bā Rì artinya tanggal 18 dan 星期一 dibaca Xīng Qī Yī artinya hari Senin. 

Tata Cara Penulisan Hari, Tanggal, Bulan dan Tahun dalam Bahasa Mandarin. Sumber: Dokumentasi PenulisTata Cara Penulisan Hari, Tanggal, Bulan dan Tahun dalam Bahasa Mandarin. Sumber: Dokumentasi Penulis

AM / PM, Jam, Menit, dan Detik
Berikut ini penulis akan menunjukkan gambar mengenai perbedaan penulisan jam, menit, detik, AM atau PM dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin, sehingga dapat terlihat letak perbedaan saat ingin menulis dalam kalimat efektif.

Perbedaan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin saat menulis AM / PM, Jam, Menit, dan Detik. Sumber: Dokumentasi PenulisPerbedaan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin saat menulis AM / PM, Jam, Menit, dan Detik. Sumber: Dokumentasi Penulis

Dalam Bahasa Indonesia pada umumnya, menuliskan pukul atau jam berapa terlebih dahulu, kemudian menyusul menit, detik dan apakah AM atau PM. Dalam Bahasa Mandarin harus menulis 上午 (dibaca Shàng Wǔ artinya AM) atau 下午 (dibaca Xià Wǔ artinya PM) terlebih dahulu, kemudian 9点 (dibaca Jiǔ Diǎn artinya pukul 9), 45分 (dibaca Sì Shí Wǔ Fēn artinya 45 menit) 20秒 (dibaca Èr Shí Miǎo artinya 20 detik).

Tata Cara Penulisan AM / PM, Jam, Menit, dan Detik dalam Bahasa Mandarin. Sumber: Dokumentasi PenulisTata Cara Penulisan AM / PM, Jam, Menit, dan Detik dalam Bahasa Mandarin. Sumber: Dokumentasi Penulis

Kombinasi Hari, Tanggal, Bulan dan Tahun serta AM / PM, Jam, Menit, dan Detik
Dalam Bahasa Mandarin jika dalam penulisan keterangan mau kombinasi antara Hari, Tanggal, Bulan dan Tahun serta AM / PM, Jam, Menit, dan Detik, maka urutan penulisan adalah Tahun –> Bulan –> Tanggal –> Hari –> AM / PM –> Jam –> Menit –> Detik.
Contoh Kalimat:
2021年02月12日 星期五 下午3点我们去阿姨的家。(dalam aksara Chinese Simplified)
2021年02月12日 星期五 下午3點我們去阿姨的家。(dalam aksara Chinese Traditional)  
dibaca 2021 Nián 02 Yuè 12 Rì Xīng Qī Wǔ Xià Wǔ 3 Diǎn Wǒ Men Qù Ā Yí De Jiā artinya Pada Hari Jumat, 12 Februari 2021 kita akan pergi ke rumah bibi.

Demikianlah penulisan artikel hari ini, jika ada kritik dan saran maupun pengetahuan yang belum ada dalam artikel dapat Anda berbagi melalui kolom komentar. Jika ada kesalahan yang dilakukan oleh penulis secara sengaja maupun tidak sengaja mohon maaf sebesar – sebesarnya. Terima kasih dan Selamat Membaca!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.