Eksotisnya Air Terjun Gemulai, Destinasi Wisata di Jatinom Klaten

Eksotisnya Air Terjun Gemulai, Destinasi Wisata di Jatinom Klaten 1

Kabupaten Klaten, di Jawa Tengah memiliki beragam tempat wisata menarik serta memiliki panorama indah. Selain terkenal dengan tradisi yaqowiyu nya sebaran apem setiap bulan Safar, Kecamatan Jatinom ternyata memiliki kawasan wisata yang menarik nan indah. Jika kalian warga Jatinom, Klaten atau kalian pernah berkunjung ke Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pasti pernah mendengar wisata dengan platform air terjun.

Air terjun ini berada di Dukuh Banyusri, Desa Krajan, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten. Air terjun ini bernama air terjun gemulai, air terjun gemulai sebenarnya berasal dari aliran air di sungai Gemuling, yang difungsikan untuk kepentingan saluran irigasi dan dialirkan ke persawahan warga Banyusri.
Aliran air melewati tebing setinggi sepuluh meter dan kemudian masuk ke sungai gemuling. Sebenarnya nama gemulai berawal dari nama sungai gemuling, karena biar lebih menarik air terjun diberi nama air terjun gemulai. Meski terbilang kecil dan letaknya yang tersembunyi, tetap banyak yang ingin mengunjungi air terjun ini.
Memang keindahan wisata yang mulai di perkenalkan tahun 2017 ini tak diragukan lagi, keindahan air terjun dengan debit air yang mengalir cukup deras diatas ketinggian sepuluh meter. Bahwa selain air terjun gemulai, juga ada air terjun Curuh Gandul, serta sumber mata air maduan, namun masih dalam tahap penataan.

Jika kalian yang masih penasaran dan ini mengeksplor lebih jauh tentang tempat wisata air terjun gemulai dan air terjun gandul ini, maka yang bisa kalian pergunakan yakni jika kalian dari arah pusat klaten, kemudian simpang empat ngupit ambil arah ke kanan, lalu kalian bisa mengambil arah ke kecamatan Jatinom dan menuju Desa Krajan, atau kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi google maps kalian. Kawasan ini memang berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Klaten. Untuk menuju lokasi wisata air terjun, para pengunjung terlebih dahulu harus berjalan setapak melewati pinggir jurang hingga ke dalam sungai sejauh 300 meter dari tempat parkir. Setelah menyeberangi sungai dengan menapaki sekumpulan bebatuan, wisatawan disuguhkan pemandangan air terjun Gemulai yang keluar dari bukit bertingkat setinggi 12 meter.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

BLUTS