Pasar Gabus, Pusat Induk Sayur Terbesar di Klaten

Pasar Gabus, Pusat Induk Sayur Terbesar di Klaten 1

Pasar merupakan tempat berkumpulnya para pedagang maupun pembeli atau pengunjung. Pasar memiliki kekhususan sendiri-sendiri tergantung pola ekonomi di wilayahnya masing-masing. Di setiap daerah pasti memiliki induk pasarnya masing-masing. Di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dikenal dengan pusatnya berbagai jenis sayuran, namanya pasar gabus. Pasar Gabus berada di daerah pusat Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, atau berada dijantung kecamatan Jatinom. Dinamakan pusat induk sayuran, karena pasar jatinom ini rutin melaksanakan aktitas perdangannya dengan lebih menitikberatkan pada sektor sayuran.

Berbagai jenis sayuran tersedia di pasar ini, oleh karenanya  aktivitas pasar ini selalu ramai pengunjung bahkan termasuk pasar dengan kegiatan transaksi dengan perputaran uang paling besar di Klaten. Bagaimana tidak, setiap pagi mulai dini hari, mereka sudah bersiap memulai kegiatan, mobil pick up membawa aneka jenis sayur sudah mulai berdatangan sedikit demi sedikit, mereka berjajar sembari menawarkan dagangan mereka ke tengkulak-tengkulak. Tak jarang dari mereka pun harus antri lebih awal, agar dagangannya cepat habis. 

Para Pedagang yang lihai menawarkan barang dagangannya pun mulai beraksi, dengan menawarkan sayurannya yang masih segar-segar dengan harga murah, bertujuan agar pembeli tertarik kepadanya. Para Pengunjung silih berganti sembari melihat ke lokasi-lokasi yang berdekatan berpindah tempat dari atu tempat ke tempat lain, menunggu harga yang cocok untuk dibeli. Mereka pun udah bersemangat meski udara pagi yang dingin menghujam badan mereka, tak sedikitpun dari mereka sikap kemalasan, yang ada mereka harus bergerak cepat agar pekerjaannya selesai. Uniknya harga bisa berubah dalam hitungan menit saja.

Banyak juga pembeli yang kerasan berlama-lama di pasar tersebut. da yanag sekedar hobi jalan-jalan, ada yang memang sengaja untuk kulakan kemudian dijual lagi, ada yang hobi belanja, mungkin dalam benak mereka sangat menikmati pemandangan hijau-hijau segar yang memanjakan mata, sampai bingung mau beli apa?, di Pasar induk gabus tidak hanya menjual sayuran saja, tapi semua keperluan pokok semua ada di pasar itu. Buah-buahan pun juga ada, ada juga semua jenis aneka jajanan makan pasar yang dijual lengkap. 

Suasana ini terjadi setiap harinya, mulai jam satu dini hari pasar ini sudah mulai terlihat ramai aktivitasnya, meskipun sebagian dari kita masih ada yang tidur. Kemudian selepas Shubuh sebagian mulai berangsur pergi, dan berpindah ke Pasar lain di Klaten. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.