Tips Transportasi Dari Bangkok Menuju Chiang Mai

Tips Transportasi Dari Bangkok Menuju Chiang Mai

Saat berwisata ke Thailand, sebagian besar para wisatawan akan berfokus ke Bangkok, Pattaya, Phuket, Krabi dimana sebagian besar ada diwilayah selatan Thailand yang terkenal akan keindahan pantainya.

Namun kalian juga wajib menjajal wilayah Thailand bagian utara yang merupakan daerah dataran tinggi dan pastinya memiliki suhu yang lebih sejuk dengan hamparan hijau dataran tinggi yang memberi warna tersendiri bagi liburanmu.

Chiang Mai merupakan salah satu wilayah Thailand bagian utara yang wajib kalian kunjungi.

Dari Bangkok menuju ke Chiang Mai dibisa ditempuh melalui tiga pilihan, yaitu dengan kereta api (train) , bus dan pesawat terbang semua merupakan pilihan yang rekomended tergantung dari waktu, biaya dan prioritas kalian. 

1. Menggunakan Kereta Api 

Biasanya menjadi pilihan bagi sebagian besar backpacker  yang memiliki waktu panjang untuk berlibur.

Baca juga  Jangan Norak, Ini 42 Aturan dan Larangan Saat Naik MRT

Perjalanan Bangkok ke Chiang Mai memakan waktu sekitar 12 jam tergantung dari perusahaan kereta api yang dipilih. 

Karena panjangnya waktu yang dibutuhkan maka rata-rata tersedia dan tentunya pilihan para backpacker  adalah sleeper train yang memungkinkan kalian untuk rileks menikmati pemandangan yang indah dan menyenangkan bahkan kalian bisa tidur.

Kondisi kabin yang luas membuat kalian leluasa untuk bergerak ataupun berjalan-jalan saat bosan di kabin sleeper bahkan ada tempat makan yang tersedia di dalam kabin kereta api.

Harga masing-masing kelas berbeda-beda namun dengan membayar dikisaran 775-850THB untuk kereta api kelas dua kalian sudah mendapatkan fasilitas AC. 

Kereta api akan berhenti di stasiun kereta Chiang Mai yang berjarak sekitar 4km sebelah timur Old City Chiang Mai.

Walaupun waktu tempuh saat naik kereta memakan waktu paling lama, tapi bagi penikmat wisata apalagi yang memiliki cukup waktu tidak akan segan memilih moda transportasi satu ini, karena kalian akan puas menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. 

Baca juga  Jangan Menyalip Dalam Keadaan Seperti Ini!

2. Menggunakan Bus

Bangkok – Chiang Mai bila ditempuh dengan menggunakan bus memerlukan waktu sekitar 10 jam.

Sama halnya seperti pada kereta api, kalian juga bisa memilih sleeper bus saat perjalanan menuju Chiang Mai, hanya saja kalian harus lebih berhati-hati dengan barang bawaan kalian. 

Harga tiket berkisar antar 450THB-700THB tergantung dari masing-masing pengelola Bus, jadi kalian harus bertanya ke beberapa agen untuk mendapat perbandingan harga dan memutuskan mau naik bus yang mana.

Kalian bisa naik Bus dari stasiun yang ada di Khao San Road. Selain itu kalian juga bisa naik dari terminal Mo Chit bus nya lebih nyaman dan mewah. 

Baca juga  Lauterbrunnen, Swiss Salah Satu Kota Terindah di Eropa

3. Menggunakan Pesawat Terbang

Menggunakan pesawat terbang dapat mempersingkat dan menghemat waktu perjalanan kalian menuju Chiang Mai karena hanya memerlukan waktu kurang lebih 90 menit, namun kelemahannya adalah pengeluaran kalian akan jauh membengkak harga tiket biasanya berkisar antara 1.450THB, namun jika beruntung saat ada promo bisa diperoleh dengan harga 900THB, tapi juga bisa lebih mahal saat ada festival Songkran atau Loi Krathong. 

Lokasi bandara internasional Chiang Mai ke Old City sekitar 6km.

Chiang Mai merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat wajib kalian kunjungi.

Berbeda dengan Bangkok dengan hingar bingarnya, saat di Chiang Mai kalian akan merasakan sensasi yang lebih tenang, sejuk yang dapat merefresh segala kepenatan. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Listya Larasati