3 Jenis Ikan Nila Paling diminati di Indonesia


3 Jenis Ikan Nila Paling diminati di Indonesia 1

Di Indonesia ikan nila merupakan salah satu ikan paling diminati, ikan ini memang merupakan ikan konsumsi yang warnanya cukup menarik dan ukuran yang cukup besar. Jenis ikan nila termasuk jenis ikan lebih mahal dari ikan biasa, ikan ini biasanya dibudidayakan di air tawar atau di tempat yang airnya terus mengalir. 

Ikan nila sendiri tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai jenis  yang bervariasi.  Nila memiliki bentuk ukuran badannya yang sediit bulat, dan bentuk tubuhnya yang kelihatan pipih jika dilihat dari sisi samping. Kebanyakan mereka hidup disungai-sungai yang airnya jernih secara bergerombol. Berikut jenis ikan nila yang paling diminati di Indonesia.

Nila Merah

Nila Merah NIFI
Nila Merah NIFI

Ikan jenis nila merah memang paling diminati di Indonesia, ikan ini memiliki ciri khas warnanya yang merah orange, ikan ini disebut Nirah atau nila merah atau NIFI ( (National Inland Fish Institute) ).

Ikan jenis ini merupakan persilangan antara ikan nila jantan lokal dan nila betina luar indonesia. Ikan jenis ini memiliki karateristik warnanya badannya yakni perpaduan antara warna merah,  keputihan, dan orange. 

Nila Larasati

Larasati
Larasati

Jenis ikan nila ini tergolong besar dan memiliki berat mencapai 900 gram dengan sktruktu tubuh kuat. Nila ini termasuk nila dengan badannya yang cantik. Jenis nila ini termasuk jenis nila paling kebal terhadap semua kondisi air, dan dapat dibudidayan di semua jenis air. Nila ini salah satu yang paling dminati di Indonesia dengan ketahanan tubuhnya, dan tidak mudah terkena penyakit. 

Nila Nirwana

Nirwana
Nirwana

Ikan nila merupakan nila persilangan dan rekayasa genetik antara ikan jenis nila get dengan nila jenis Gift. Nama lain dari ikan nila nirwana adalah Nila Ras Wayanasa. Ciri khas nila ini warnanya yang hitam perpaduan garis sisik berwarna putih.

Ikan ini mampu mencapai berat 650 gram per ekornya dengan lama pertumbuhannya selama enam bulan. Bentuk ikan nila lebih lebar dengan kepala pendek. Nila jenis ini juga terkenal dengan dagingnya yang lebih banyak. Nirwana juga menjadi salah satu jenis ikan nila yang paling diminati di Indonesia.  


Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap