5 Film Animasi yang Memberi Pelajaran Hidup

5 Film Animasi yang Memberi Pelajaran Hidup 1

Menonton film merupakan salah satu kegiatan yang cocok dilakukan untuk mengisi waktu luang atau akhir pekan. Dengan menonton film kita bisa mendapatkan banyak pelajaran penting apalagi jika filmnya berisi tentang motivasi hidup. Jika Anda ingin menonton film motivasi yang bisa ditonton oleh semua kalangan, berikut deretan film animasi bertemakan motivasi dan perjuangan dalam hidup!

Zootopia

Film Zootopia. Foto: Walt Disney Animation Studios
Film Zootopia. Foto: Walt Disney Animation Studios

Film animasi pertama yang bisa Anda tonton adalah Zootopia yang ditayangkan pada tahun 2016 yang menceritakan tentang seorang kelinci yang ingin menjadi polisi. Di mana di kotanya tidak ada polisi yang berbadan kecil seperti kelinci. Kelinci itu bernama Judy Hopps yang mendapatkan banyak ejekan dari orang-orang di sekitarnya, mereka meremehkan Judy bahkan orangtuanya pun tidak mempercayai anaknya.

Film ini mengajarkan kepada kita arti tentang sebuah kerja keras yang akan membuahkan hasil. Judy berhasil membuktikan bahwa siapa saja bisa menjadi sesuatu jika ia mau berusaha. Walaupun diremehken banyak orang, Judy tidak serta merta putus asa, ia malah terus berjuang dan belajar sampai keinginannya pun tercapai. Tidak mudah untuk diterima di akademi kepolisian, bahkan ketika Judy sudah berhasil masuk ke akademi, ia tetap tidak dipercaya bisa menjalankan tugasnya sebagai polisi.

The Emoji Keyboard

Film animasi motivasi yang berikutnya berjudul The Emoji Keyboard yang ditayangkan pada tahun 2017. Film yang satu ini berkisah tentang sebuah emoticon yang bernama Meh di mana ia berbeda dibanding teman-temannya yang lain yang bisa menghasilkan satu emot saja. Meh bisa menjadi beberapa emoticon dan itu yang menyebabkan ia dikeluarkan dari Telephone. Orangtua Meh merasa iba dengan anaknya dan memintanya untuk diam di rumah saja akan tetapi Meh tidak mau.

The Emoji Keyboard merupakan film animasi yang memberi pelajaran kepada kita tentang arti mencintai diri sendiri dan menerima semua kekurangan yang ada. Meh yang awalnya diremehkan oleh orang-orang sekitarnya ternyata ia merupakan seorang penyelamat. Meh percaya bahwa dirinya bisa menghasilkan emoji yang sesuai dan ia pun berhasil.

Ballerina

Film Ballerina. Foto: Amazon
Film Ballerina. Foto: Amazon

Film berikutnya yang bisa Anda tonton adalah Ballerina. Film yang satu ini ditayangkan pada tahun 2016 bercerita tentang seorang anak yatim piatu yang ingin menjadi seorang penari. Gadis bernama Felicie yang sejak kecil hidup di panti asuhan dan ia pun mempunyai cita-cita yang tinggi akan tetapi impiannya itu hanya dianggap angin lalu oleh pengurus panti asuhan. Pengurus panti juga mengatakan bahwa Felicie memiliki impian yang terlalu tinggi dan mustahil.

Walaupun tidak mendapatkan percaya dari pengurus panti, Felicie tidak gentar dan berusaha keras untuk mewujudkan impiannya. Hal pertama yang ia lakukan untuk mewujudkan impiannya adalah kabur dari panti bersama dengan temannya yang bernama Victor. Felicie dan Victor pergi ke Paris dan Felicie berhasil masuk ke sekolah khusus penari akan tetapi sama saja seperti di panti, Felicie diremehkan oleh pelatihnya.

Film ini mengajarkan kita bahwa boleh memiliki impian yang tinggi akan tetapi juga harus dibarengi dengan usaha yang keras. Felicie berhasil membuktikan bahwa ia bisa menjadi penari yang hebat. Ia terus berlatih sampai akhirnya impiannya itu terwujud.

Brave

Brave merupakan film animasi yang ditayangkan pada tahun 2012. Bercerita tentang seorang putri raja bernama Putri Merida yang sangat pandai memanah. Film animasi ini mengajarkan kita bahwa kita harus tumbuh menjadi seorang yang pemberani seperti Merida. Putri Merida berani untuk menentang tradisi walaupun mengancam keselamatan keluarganya. Karena itu Merida ingin mengembalikan kedamaian keluarganya.

Inside Out

Film Inside Out. Foto: liputan6
Film Inside Out. Foto: liputan6

Inside Out merupakan film yang ditayangkan pada tahun 2015. Film ini cocok untuk ditonton oleh anak-anak karena mengajarkan kepada kita bahwa manusia itu memiliki banyak emosi yang harus diterimanya. Film ini bercerita tentang seorang anak yang berusia 11 tahun bernama Riley. Riley memiliki 5 emosi yaitu bahagia, sedih, jijik, marah dan takut.

Kita harus sadar mengenai emosi yang muncul sehingga kita bisa mengendalikan emosi-emosi itu. Jika kita bisa mengendalikan emosi tersebut maka kita juga bisa membangun hubungan yang baik dengan sesama. Karena itu jangan sampai emosi yang mengontrol kita.

Kelima film animasi tersebut memiliki pelajaran penting yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Kini ketika sembari Anda menonton film, Anda juga akan mendapatkan pelajaran penting tentang motivasi di dalam kehidupan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Gita Welastiningtias