Daftar Pemenang Kodansha Manga Award Kategori Shounen Tahun 2011-2020

Daftar Pemenang Kodansha Manga Award Kategori Shounen Tahun 2011-2020 1

Mari langsung simak judul Manga bergensi yang berhasil memenangkan perhargaan Kodansha Manga Award untuk kategori Shounen dari tahun 2011 hingga 2020!

Tahun 2011:  Shingeki no Kyojin

Cover Volume 32
Cover Volume 32

Ratusan tahun yang lalu, makhluk mengerikan yang menyerupai manusia muncul. Raksasa yang tidak berakal dan menjulang ini, disebut “titans”, terbukti menjadi ancaman eksistensial, karena mereka memangsa manusia untuk memuaskan selera yang tampaknya tak ada habisnya. Tidak dapat secara efektif memerangi para raksasa, umat manusia dipaksa untuk membarikade diri mereka sendiri di dalam tembok besar yang mengelilingi wilayah yang mungkin merupakan tempat perlindungan terakhir umat manusia di dunia.

Tahun 2012:  Mashiro no Oto

Cover Volume 23
Cover Volume 23

Shamisen adalah alat musik tradisional Jepang yang bentuknya mirip dengan gitar. Kakek dari seorang remaja Setsu Sawamura, yang membesarkannya dan kakak laki-lakinya Wakana, baru-baru ini meninggal dunia. Kakeknya adalah salah satu pemain shamisen terhebat, dan kedua bersaudara itu tumbuh besar dengan mendengarkan dia bermain dan belajar memainkan alat musik itu.

Sejak kematian kakeknya, Setsu putus sekolah, pindah ke Tokyo dan terhanyut, tidak tahu harus berbuat apa selain memainkan shamisennya. Saat itulah ibunya yang sukses dan kaya, Umeko, menyerbu ke dalam hidupnya dan mencoba membentuk Setsu. Dia mendaftarkannya kembali ke sekolah menengah tetapi Setsu tidak tahu bahwa dia akan menemukan kembali hasratnya untuk shamisen.

Tahun 2013:  Shigatsu wa Kimi no Uso

Cover Volume 1
Cover Volume 1

Di usia yang sangat muda, Kousei Arima diajari dengan ketat cara bermain piano dan mengikuti irama dengan cermat oleh ibunya, hingga ia mendominasi setiap kompetisi yang diikutinya dengan mudah. Dia mendapatkan gelar “Human Metronome” karena tampil hampir sempurna. Setiap musisi seusianya mengaguminya. Namun, setelah ibunya tiba-tiba meninggal, dia menjadi tuli nada karena shock dan kemudian menghilang, tidak pernah terlihat di atas panggung sejak itu.

Dua tahun kemudian, Kousei menjalani kehidupan yang monoton dengan teman masa kecilnya Tsubaki Sawabe dan Ryouta Watari mendukungnya. Dia terus berpegang teguh pada musik, meskipun pertunjukan masih merupakan hal yang mustahil baginya. Hingga sampai pertemuannya yang tak terduga dengan Kaori Miyazono, seorang pemain biola yang tampil bebas tanpa dikte skor. Sebuah kisah persahabatan, cinta, musik, dan satu kebohongan, kehidupan Kousei mulai berubah dan mendapatkan warna saat Kaori membantunya mengambil musik lagi.

Tahun 2014: Baby Steps

Cover Volume 1
Cover Volume 1

Maruo Eiichirou, seorang siswa teladan tahun pertama, suatu hari memutuskan bahwa dia tidak senang dengan keadaannya dan kurang berolahraga. Dia menemukan selebaran untuk Klub Tenis dan memutuskan untuk memeriksanya. Dia langsung terpikat. Tanpa pengalaman sebelumnya dan kondisi fisik yang buruk, bergabunglah dengan Eiichirou saat ia memulai perjalanan tenis menggunakan kecerdasan, dedikasi, dan etos kerjanya.

Tahun 2015:  Nanatsu no Taizai

Cover Volume 11
Cover Volume 11

Di dunia di mana ketidakadilan merajalela, Ksatria Suci Britannia melindungi tanah air mereka dengan sihir dan kekuatan mereka yang tak tertandingi. Target mereka yang paling dicari adalah “Tujuh Dosa Mematikan”: sekelompok penjahat yang pernah dianggap sebagai Ksatria Suci Inggris terkuat. Menurut konspirasi, mereka seharusnya menggulingkan Kerajaan Liones menyebabkan kekalahan mereka di tangan Ksatria Suci, tetapi desas-desus bertahan bahwa tujuh ksatria terkenal itu masih hidup.

Yowamushi Pedal

Cover Volume 67
Cover Volume 67

Setiap minggu sejak kelas empat, otaku Sakamichi Onoda telah bersepeda sejauh 45 kilometer dari rumahnya ke Akihabara dengan sepeda tua yang sudah reyot—satu-satunya alat transportasinya. Saat ia mulai sekolah menengah, Onoda berharap untuk mendapatkan teman otaku baru—sesuatu yang telah hilang dari kehidupan sekolahnya sejauh ini—sehingga ia akhirnya dapat memiliki seseorang untuk diajak bicara tentang hobinya. Namun, yang membuatnya kecewa, klub anime telah dibubarkan.

Saat itulah Onoda bertemu dengan sesama siswa kelas satu Shunsuke Imaizumi secara kebetulan. Tinggi, atletis, dan jago bersepeda, Imaizumi tidak bisa lebih berbeda dari Onoda; namun, setelah melihat Onoda bersepeda di lereng belakang sekolah yang terkenal, Imaizumi menjadi tertarik dengan gaya panjatnya yang unik dan mulai menantangnya untuk berlomba. Pertemuan yang tidak biasa ini menandai langkah pertama Onoda ke jalan bersepeda yang kompetitif.

Tahun 2016: Days

Daftar Pemenang Kodansha Manga Award Kategori Shounen Tahun 2011-2020 3

Lemah, canggung, dan pemalu, Tsukushi Tsukamoto adalah target utama para pengganggu. Meskipun dia menderita melalui siksaan mereka, hal itu mengarah pada pertemuan dengan sesama siswa SMA Seiseki Jin Kazama, seorang pemain sepak bola jenius pada usia yang sama. 

Tahun 2017:  Shoukoku no Altair

Cover Volume 21
Cover Volume 21

Selama beberapa generasi, Turkiye Devleti dan Kekaisaran Balt-Rhein saling bertentangan satu sama lain. Kemudian suatu malam, ketika seorang menteri kekaisaran ditemukan terbunuh, kedua negara itu terjerumus ke dalam situasi yang berpotensi menghancurkan. Saat para jenderal dewan Turkiye menyerukan perang, Mahmut datang untuk menemukan kebenaran licik di balik pembunuhan itu. Dengan demikian pertempuran pasha muda untuk negaranya, perdamaian, dan kepercayaan pada sesamanya dimulai!

Tahun 2018: Beastars

Cover Volume 9-10
Cover Volume 9-10

Di dunia yang dihuni oleh hewan antropomorfik, ada sebuah pandangan bias: karnivora hanyalah pemangsa yang tidak punya otak di mata banyak herbivora. Namun, ketika alpaka bernama Tem dibunuh di dalam tembok SMA Cherryton, ketakutan terhadap karnivora meroket ke titik tertinggi sepanjang masa.

Legoshi, seorang siswa di sekolah ini, adalah serigala abu-abu yang cukup canggung meskipun penampilannya menakutkan. Ketika gejolak mempengaruhi kehidupan sekolahnya, ia terpaksa menghadapi kesenjangan antara herbivora dan karnivora, serta tempatnya sendiri di masyarakat ini. Hal ini semakin diperumit oleh perasaan romantisnya terhadap seorang herbivora, yang mungkin tidak seperti yang terlihat.

Tahun 2019:  5-toubun no Hanayome

Cover Volume 6
Cover Volume 6

Dianggap sebagai jenius, siswa sekolah menengah Fuutarou Uesugi unggul dalam belajar dan memperoleh nilai sempurna di setiap ujian. Karena fokusnya yang intens pada hal itu, dia adalah orang yang tertutup tanpa teman. Selain itu, ia hidup dalam keadaan keuangan yang ketat sebagai akibat dari hutang keluarga.

Gaya hidup Fuutarou terganggu ketika Itsuki Nakano, seorang siswa pindahan baru, memperebutkan kursi makan siangnya yang biasa. Setelah pertengkaran singkat, Fuutarou muncul sebagai pemenang dengan menghina kebiasaan makan Itsuki, yang membuat Itsuki cukup marah untuk pergi. Namun, ketika Fuutarou mengetahui bahwa dia telah ditawari posisi guru privat dari putri-putri keluarga kaya yang putus asa secara akademis, dia segera menyesali pertemuan sebelumnya. Ternyata penerima bimbingannya tidak lain adalah Itsuki dan empat saudara kandungnya yang identik: Miku yang pemalu, Yotsuba yang ceria, Nino yang licik, dan Ichika yang dewasa!

Fumetsu no Anata e

Cover Volume 3
Cover Volume 3

Itu, makhluk abadi yang misterius, dikirim ke Bumi tanpa emosi atau identitas. Namun, ia mampu mengambil bentuk orang-orang di sekitar yang memiliki dorongan kuat.

Tahun 2020:  Tokyo卍Revengers

Cover Volume 9
Cover Volume 9

Kehidupan Takemichi Hanagaki berada pada titik terendah sepanjang masa. Tepat ketika dia berpikir situasinya tidak bisa menjadi lebih buruk, dia mengetahui bahwa Hinata Tachibana, mantan pacarnya, dibunuh oleh Geng Tokyo Manji: sekelompok penjahat ganas yang telah mengganggu kedamaian masyarakat selama beberapa waktu.

Bertanya-tanya di mana salahnya, Takemichi tiba-tiba menemukan dirinya bepergian melalui waktu, berakhir 12 tahun di masa lalu — ketika dia masih menjalin hubungan dengan Hinata. Menyadari dia memiliki kesempatan untuk menyelamatkan mantan pacarnya, Takemichi memutuskan untuk menyusup ke Geng Tokyo Manji dan naik pangkat untuk menulis ulang masa depan dan menyelamatkan Hinata dari nasib tragisnya.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lyra