Fakta Band Rock Perempuan Dari Indonesia, The Voice Of Baceprot !

Fakta Band Rock Perempuan Dari Indonesia, The Voice Of Baceprot !

Siapa sangka Band Metal asal Garut yang berdiri sejak 2014 ini digawangi oleh tiga perempuan berhijab. Band ini terbentuk sejak ketiga anggota nya  Firda Marsya Kurnia (vokal dan gitar), Widi Rahmawati (bass), dan Eusi Siti Aisyah (drum) masih mengenyam pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al Baqiyatussolihat.

Instagram : @voiceofbaceprot
Instagram : @voiceofbaceprot

Karena keunikan dan talentanya, Voice of Baceprot mendapatkan sorotan media internasional. Mereka pernah diwawancarai oleh The Guardian, BBC, Reutesrs, Metal Injection, The New York Times, dan lain-lain.

1. Seluruh Personil nya Perempuan

instagram : @voiceofbaceprot
instagram : @voiceofbaceprot

Aliran musik yang lebih banyak diminati laki-laki ini justru digawangi oleh tiga perempuan.kehadiran mereka menjadi warna baru dalam dunia musik metal. tidak sedikit perempuan yang menjadikan mereka inspirasi untuk keluar dari zona nyaman dan menepis kepercayaan lama bahwa sulit untuk perempuan berkarir di musik metal. Bagi banyak perempuan, Trio ini menjadi pemecah stigma juga pemantik semangat perempuan modern.

2. Nama Band Dari Bahasa Sunda

Instagram : @voiceofbaceprot
Instagram : @voiceofbaceprot

Nama band yang terdengar autentik ini ternyata berasal dari bahasa sunda “Baceprot” yang artinya “berisik” atau “bawel”. Nama tersebut selain merepresentasikan musik mereka juga karakter mereka.

Selain berasal dari bahasa daerah, Baceprot sendiri berasal dari sebuah teater di Madrasah Tsanawiyah atau setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP), tempat mereka menuntut ilmu dengan nama Legok Teater Baceprot.

3. Konser Keliling Eropa

Instagram : @voiceofbaceprot
Instagram : @voiceofbaceprot

Melalui Media sosial The Voice Of Baceprot mengumumkan akan melaksanakan Tour Eropa di delapan kota. Tur Eropa pertama ini bertajuk Fight Dream Believe European Tour 2021. Selain itu mereka ambil bagian dalam Les Trans Musicales 2021, lho. FYI, Les Trans Musicales 2021 adalah salah satu festival musik Prancis!

Sejak 28 november 2021, The Voice Of Baceprot telah memulai Tour mereka di Eropa. Mereka memulai Tour di Belanda kemudian melanjutkan ke beberapa kota di Belgia dan Prancis dan ditutup di Swiss. Tour ini menjadi penyembuh luka mereka karna sebelum nya The Voice Of Baceprot sempat mengcalcel Tour saat Pandemi.

Kehadiran The Voice Of Baceprot memberi warna baru pada dunia musik Indonesia. Ayo, bangga dengan perempuan indonesia yang berani mendobrak stigma dengan cara yang positif !

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lingga Kaori