Membangun dunia imajinasi lewat World Building


Membangun dunia imajinasi lewat World Building 1

Siapa nih yang suka berimajinasi ?? 

Berimajinasi adalah hal yang paling biasa bagi kita yang biasanya menciptakan suatu kreativitas tanpa batas lewat sebuah bakat yang kita miliki seperti menulis misalnya. Menulis juga merupakan sebuah seni kreatif dalam bentuk suatu tulisan hasil berdasarkan ide maupun pengalaman kehidupan, saat ini banyak sekali orang-orang lebih sering menulis ungkapan pesan singkat dalam bentuk quotes atau kata-kata bijak yang kita temui di sosial media. 

Tetapi saya ini gak bahas menulis quotes kok, tetapi kali ini saya akan bahas mengenai dunia kepenulisan yaitu membangun dunia imajinasi alias World Building. 

Mungkin bagi kalian yang penulis belum pada tahu tentang istilah World Building ini, biasanya yang kita pelajari tentang menulis itu paling yang PUEBI, macam-macam diksi, penggunaan tanda baca, dan masih banyak lagi. Bahkan kita pun sudah belajar tentang macam-macam ini sejak duduk di bangku sekolah saat ada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 

Bagi kalian yang masih dengar tentang World Building ini, World Building adalah dimana seseorang membangun dunia imajinasinya sendiri yang memiliki gambaran yang lengkap, seperti sejarah, alam, kota, penduduk, dan bersosialisasi. Ini seolah-olah sedang berimajinasi tentang kehidupan gambaran yang dibuat dan membayangkan seolah-olah berada di dunia yang ia buat sendiri. 

Dunia imajinasi yang kalian buat ini yang jelas adalah bersifat fiksi karena menurut saya ini seperti karangan cerita saja yang kalian buat dan menjadikan dunianya adalah dunia sendiri. Biasanya konsep ini dipakai saat kalian sedang menulis cerpen/ novel yang bergenre fantasi atau Sci-fi. Contoh dunia imajinasi fiksi ini sering sekali yang kita temukan di berbagai buku, game, dan film seperti The Hobbit, Hogwarts di Harry Potter, Narnia, Star Wars, dan masih banyak lagi. 

Membuat konsep World building ini cukup gampang dan kaliann bisa membuat ini sambil berimajinasi, konsep ini bisa dipakai saat kalian yang ingin menulis cerita, menggambar/ buat komik, atau membuat video seperti animasi. Ada macam-macam cara teknik membuat konsep World Building yang bisa kita buat, apa sajakah itu ? 

1. Tentukan ide 

Sumber : https://pixabay.com/id/illustrations/ide-kosong-kertas-pena-lampu-1876659/
Sumber : https://pixabay.com/id/illustrations/ide-kosong-kertas-pena-lampu-1876659/

Langkah pertama sebelum membuat World Building adalah menentukan idenya terlebih dahulu. Bebas mau nentuin ide apa saja yang akan ingin kalian buat sesuai yang sudah direncanakan secara matang, baik bikin kota, kerajaan, negara, terserah aplikasikan sesuai dengan imajinasi kalian sendiri tentang bagaimana fisik bangunannya serta bentuk dunianya seperti apa. Usai menemukan ide dunia yang kalian buat, tuliskan detail-detail rancangan dunia imajinasi yang kalian buat atau kalian juga bisa menggambarnya langsung dalam berupa peta supaya terlihat jelas. Jika masih bingung, kalian juga bisa mencari informasi di internet atau buku sebagai bahan riset untuk bikin cerita. 

2. Buatlah deskripsi kondisi alam atau Geografis 

Sumber : https://pixabay.com/id/illustrations/castle-dongeng-alam-benteng-air-2064013/
Sumber : https://pixabay.com/id/illustrations/castle-dongeng-alam-benteng-air-2064013/

Next, jangan lupa gambarkan kondisi alam dan geografis disekitar kota/kerajaan yang kalian buat, seperti gunung, hutan, sungai, dan berbagai macamnya. Atau kalian juga boleh membuat kondisi alam geografis di tengah hutan atau di gurun yang gersang dan kering. 

3. Deskripsikan kebiasaan sosial yang diterapkan oleh para penduduk 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/lego-mainan-patung-kerumunan-1044891/
Sumber : https://pixabay.com/id/photos/lego-mainan-patung-kerumunan-1044891/

Setelah membuat poin 2, kalian akan deskripsikan mengenai kebiasaan penduduk serta cara bersosialisasinya. Ibarat kalian adalah seorang peneliti Antropologi yang terjun ke lapangan untuk meneliti kondisi penduduk dan sosial di suatu pemukiman terpencil yang kalian kunjungi. 

4. Sistem perekonomian 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/pasar-pasar-sayur-pasar-petani-lokal-1558658/
Sumber : https://pixabay.com/id/photos/pasar-pasar-sayur-pasar-petani-lokal-1558658/

Poin ini biasanya juga dipakai ketika kalian ingin membuat dunia yang kalian buat sendiri secara lengkap dan detail. Kalian juga bisa menceritakan sistem perekonomiannya ketika kalian butuhkan saat buat cerita. Seperti cara jual beli atau berbagai permasalahan ekonomi. 

4. Buatlah sistem pemerintahan serta aturannya 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/catur-raja-buah-catur-papan-catur-2727443/
Sumber : https://pixabay.com/id/photos/catur-raja-buah-catur-papan-catur-2727443/

Setelah kalian bikin fisik bangunan dan kondisi geografisnya, buatlah sistem pemerintah yang bebas kalian buat seperti presiden atau kerajaan. Habis itu buatlah aturan-aturan di dunia imajinasi yang sudah kalian buat. Kalian bisa jelaskan mengenai aturan pemerintah secara detail dan masuk akal. 

5.   Teknologi dan Sihir 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/robot-mech-mesin-teknologi-2301646/
Sumber : https://pixabay.com/id/photos/robot-mech-mesin-teknologi-2301646/

Umunya di dunia nyata memiliki macam berbagai teknologi modern di masa kini atau kepercayaan sihir di masa lalu. Bagi kalian yang suka bikin cerita tentang masa depan dengan teknologi yang canggih bisa kalian pakai sebagai bahan buat cerita nanti, atau memakai sihir dan magis jika kalian ingin membuat cerita fantasi tentang legenda. Tetapi kalian juga bisa kok mengaplikasikan kedua ini ke dalam cerita yang kalian buat. 

6. Jelaskan hubungan antara daerah lain 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/catur-buah-catur-papan-catur-2730034/
Sumber : https://pixabay.com/id/photos/catur-buah-catur-papan-catur-2730034/

Poin ini adalah penting menurut saya karena ini adalah sebagai inti cerita atau konflik yang ada di dalam cerita. Karena itulah kalian harus jelaskan tentang hubungan antara kerajaan atau kota lain, apakah hubungannya baik-baik saja atau bersitegang? tulislah sebebas kalian. 

7. Tulislah sejarah dunia yang kalian buat & mulailah menulis cerita 

Sumber : https://pixabay.com/id/photos/meja-tulis-tinta-pendidikan-kertas-1869579/
Sumber : https://pixabay.com/id/photos/meja-tulis-tinta-pendidikan-kertas-1869579/

Setelah kalian sudah menyelesaikan poin-poin yang diatas, tinggal lanjut membuat cerita sejarahnya. Nulisnya gak terlalu panjang kok, asalkan fokus ke inti sejarahnya saja. Usai sudah menulis sejarah latar belakangnya, baru deh kalian langsung eksekusikan ke dalam bentuk sebuah cerita 

Itulah tadi penjelasan-penjelasan tentang World Building beserta langkah-langkahnya. Semoga langkah ini sangat membantu bagi kalian yang ingin menulis cerita fantasi dan sains, gak hanya untuk menulis aja. Tetapi juga bisa kok bagi para kalian yang suka menggambar komik atau animasi. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Alya P

   

Saya adalah seorang Mahasiswi yang merupakan pecinta dunia literasi dan kepenulisan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap