Spongebob Punya Teori Konspirasi?

Spongebob Punya Teori Konspirasi? 1

Kalian semua pasti kenal dengan karakter kuning berlubang yang lucu dan konyol yang hingga saat ini masih saya di salah satu stasiun tv swasta Indonesia. Yap, Spongebob Squarepants!

Spongebob Squarepants
Spongebob Squarepants

Pernahkah kalian memikirkan beberapa hal dalam serial Spongebob yang sangat aneh dan janggal? Seperti,
kenapa Tuan Krab, yang merupakan seekor kepiting memiliki anak seekor paus?
Apa resep rahasia Krabby Patty? 
Kenapa Sandy yang seekor Tupai tinggal dibawah laut? 

Terdapat beberapa teori yang berkembang diantara para penggemar serial Spongebob dan teori-teori tersebut cukup terkenal hingga ada orang-orang yang menyelidiki lebih jauh hingga menganalisis berbagai detil dari serial Spongebob.

Apa saja teori-teori serial Spongebob yang paling sering dibicarakan?

1. Teori Serial Televisi

Kalian pasti ingat bahwa ada banyak episode yang sangat aneh dalam serial Spongebob, bukan? Seperti munculnya gorila di laut, Spongebob yang sakit disembuhkan dengan menjadi sponge pembersih oleh sebuah tangan manusia, bahkan munculnya seorang manusia muncul di hadapan Spongebob dan Patrick, menanyakan tentang petualangan mereka.

Kapal Selam Manusia
Kapal Selam Manusia

Hal ini mengingatkan banyak orang akan pencipta serial ini, Stephen Hillenberg, yang merupakan seorang penyelam yang mendokumentasikan kehidupan di bawah laut.

Muncullah teori dari para fans bahwa serial Spongebob Squarepants merupakan sebuah dokumentasi bawah laut yang sengaja dilakukan oleh manusia, namun para karakter dalam serial Spongebob tidak mengetahuinya. 

Teori ini ternyata memiliki banyak petunjuk. Selain dari munculnya gorila di bawah laut, kedatangan manusia yang sudah disebutkan barusan, masih banyak bukti yang menunjukkan bahwa teori ini mungkin benar, diantaranya:

  1. Tuan Krab memiliki ruang rahasia dimana dia memiliki banyak monitor yang menampilkan rekaman dari rumah banyak orang, diantaranya adalah Spongebob dan Patrick.
  2. Tuan Krab juga memiliki sebuah gudang rahasia di bawah Krusty Krab yang memiliki banyak barang yang merupakan properti atau barang-barang yang digunakan para episode-episode sebelumnya, alias barang-barang yang muncul pada episode-episode sebelumnya. 
  3. Neptunus dan keluarga nya ganti di beberapa episode

Sebenarnya masih banyak lagi petunjuknya, namun yang paling jelas adalah ada satu episode berjudul Ferral Friends, dimana terdapat bulan hijau yang membuat para karakter di serial ini berubah menjadi hewan biasa setelah terkena cahayanya. Dan dalam episode ini, Sandy Cheeks, tupai kesayangan kita semua, menelpon langsung seorang penyelam dan meminta tolong padanya. Pria tersebut tampak santai seakan tau bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Penyelam yang di telpon Sandy. Lihat! Penyelam pajang foto Sandy di mejanya!
Penyelam yang di telpon Sandy. Lihat! Penyelam pajang foto Sandy di mejanya!

Teori ini dapat menjelaskan kenapa seekor tupai tinggal di bawah laut, meskipun penemuannya tidak berguna untuk kehidupan bawah laut. Itu karena Sandy merupakan mata-mata yang dikirim manusia agar Spongebob dan kawan-kawan di Bikini Bottom dapat memberikan pertunjukan sesuai dengan yang ‘para manusia’ inginkan. 

Kalau kalian tanya, ‘loh, terus hubungannya sama Tuan Krab apa?’

Teori ini menyebutkan bahwa Tuan Krab memiliki kamera-kamera, monitor, dan gudang itu karena Tuan Krab yang gila uang akan melakukan apapun demi mendapatkan uang lebih banyak lagi. 

2. Teori Evolusi

Kata siapa cuma Darwin yang punya teori evolusi? Spongebob juga punya!

Teori ini berawal dari beberapa fans yang entah kenapa menganggap serius serial ini, pertanyaan-pertanyaan pun muncul, seperti:

  1. Kok hewan bawah laut bisa bicara dan bersikap seperti manusia?
  2. Kenapa ada yang tetap bersikap seperti hewan biasa, misalnya Gary?
  3. Pada Spongebob movie, terdapat banyak ikan ‘normal’ dalam akuarium di dunia manusia, namun terdapat juga Spongebob dan kawan-kawan yang bisa bicara layaknya manusia. Kenapa begitu?

Jika kalian belum tau, Bikini Bottom adalah sebuah tempat yang ada di dunia nyata bernama Bikini Atoll yang merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menguji kekuatan bom nuklir hingga tahun 1946. Seperti yang kita sudah dengar dari series dan movie lain, makhluk hidup yang terkena pancaran radiasi bisa berubah alias mengalami evolusi, seperti Hulk dan Spiderman.

Teori ini berkata bahwa penduduk Bikini Bottom mengalami evolusi akibat radiasi nuklir yang dilakukan di Bikini Atoll dari ikan-ikan biasa, hingga menjadi ikan ‘modern’ seperti yang kita lihat dalam series ini.

Teori ini juga menjawab banyak misteri, diantaranya:

  1. Ada sebuah episode yang menceritakan bahwa Tuan Krab pernah ikut perang, yang tidak dijelaskan perang dengan siapa. Teori ini menjawab pertanyaan itu, bahwa mereka berperang melawan ikan-ikan yang tidak berevolusi. 
  2. Teori ini juga menjawab identitas ibu dari Pearl sebelumnya. Diruamh Tuan Krab terdapat sebuah foto yang tergantung di tembok. Foto tersebut memperlihatkan sebuah paus besar dengan kapal kecil yang tampaknya kapal perang Tuan Krab dan kawan-kawan. Tampaknya, setelah berhasil mengalahkan ibu Pearl, Tuan Krab melihat Pearl yang memiliki tanda bahwa dia adalah ikan yang sudah berevolusi, maka ia pun di adopsi.  
  3. Resep Rahasia Krabby Patty. Bohong kalau kalian tidak percaya resep rahasia dari Krabby Patty! Sudah siapkah kalian membaca resep rahasia dari Krabby Patty? Tarik nafas, dan jangan kaget setelah membacanya. Kita semua tau bahwa Krabby Patty terbuat dari daging, namun tidak pernah melihat Tuan Krab melakukan pembelian daging dari mana pun. Darimana asal daging yang dia gunakan? Teori ini menjawab, resep rahasianya adalah daging ibu Pearl.  
Foto di rumah Tuan Krab
Foto di rumah Tuan Krab

3. Spongebob adalah anak adopsi

Pernahkah kalian berpikir demikian? Karna saya pernah.

Kita sudah melihat kedua orang tua Spongebob yang bentuknya bundar dan berwarna coklat sedangkan Spongebob berbentuk kotak dengan warna kuning cerah. Jika mereka adalah orang tua kandung Spongebob, bukankah harusnya paling tidak salah satu dari mereka memiliki bentuk kotak atau warna kuning?

Jika kalian sudah melewati masa SMP, di pelajaran IPA biologi tentang genetika, kita pernah belajar tentang perkawinan antara mangga besar pahit dan mangga kecil manis, serta berapa banyak mangga besar manis yang mungkin didapat.

Dalam kasus ini, mari kita anggap bahwa gen warna coklat adalah gen dominan, bentuk bundar juga gen dominan. Sedangkan warna kuning adalah gen resesif, dan bentuk kotak juga gen resesif. Dengan perhitungan sederhana, didapatkan presentase kemungkinan bahwa kedua orang tua dengan gen yang sama-sama dominan, bundar dan coklat, memiliki anak dengan bentuk kuning dan kotak, yang dua-duanya resesif adalah 0,0625 % atau dengan kata lain, hampir tidak mungkin.

Daftar Keluarga Dalam Serial Spongebob
Daftar Keluarga Dalam Serial Spongebob

Memang sepupu dan kakeknya Spongebob memiliki bentuk yang sama seperti Spongebob. Namun kembali pada pelajaran biologi kita barusan, kemungkinan Spongebob adalah anak adopsi masih tinggi. 

Jadi, apakah Spongebob di adopsi?

Teori Bonus!!

Tiga teori sebelumnya sudah sering dibahas disana sini, sedangkan teori yang satu ini, saya sendiri tidak yakin.

Kita semua tau bahwa Squidward memiliki musuh bebuyutan bernama Squilliam Fancison. Namun tidak ada keterangan kenapa mereka bisa bermususah dan sejak kapan mereka bermusuhan. Bahkan setelah menonton episode-episode tentang mereka berdua, tidak pernah ada flashback yang menyebutkan bagaimana kehidupan masa sekolah mereka berdua maupun alasan mereka bermusuhan.

Hanya–

Squidward
Squidward

Seperti yang kalian lihat di gambar sebelah kiri, itu bukan jenis pakaian yang biasa digunakan Squidword. Pakaian biasa Squidword adalah yang sebelah kiri. Dan pakaian merah itu adalah pakaian yang biasa digunakan Squilliam!!

Kenapa Squidward punya baju Squilliam?

Bagaimana bisa Squidword memiliki baju Squilliam?

Jangan-jangan—–

****

Sekian teori-teori konspirasi dari serial Spongebob ini.

Terima kasih sudah membaca!

Sumber: Youtube dan Google

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Laurent