Wow, Ternyata Telegram Bisa Dijadikan Sumber Belajar!

Wow, Ternyata Telegram Bisa Dijadikan Sumber Belajar! 1

Tahun 2021 ini kamu masih berkutat dengan pembelajaran daring. Masih suka bingung karena materi yang diberikan guru kurang lengkap?

Materi yang kurang lengkap tentunya berpengaruh dalam belajar. Jadi, selain bersumber dari guru maupun bimbingan belajar, kamu bisa mencari sumber belajar lain untuk memudahkan belajarmu.

Teknologi yang sudah berkembang pesat seperti sekarang, aplikasi belajar online banyak bermunculan. Ada yang berbayar ada pula yang gratis. Aplikasi gratis yang bisa kamu jadikan sumber belajar adalah telegram.

Banyak saluran telegram yang menyediakan materi catatan, file catatan pdf, latihan soal yang dapat kamu kerjakan, maupun kuis yang bisa mengasah pengetahuanmu. Catatan belajar yang aesthetic bisa kamu temukan di channel ini. Bisa kamu download untuk dijadikan sumber belajar tambahan.

Jadi, channel telegram apa saja sih, yang bisa dijadikan sumber belajar? Yuk, baca ulasan di bawah ini.

1. ambisitivee_

Sumber : Pribadi
Sumber : Pribadi

Channel ini menyediakan materi, info lomba, catatan, rumus, kuis dan latihan soal dari kelas 4 SD sampai kelas 12 SMA. Channel ini sudah ada 2 ribu subscriber lebih lho!

Kamu bisa bergabung dengan channel ini https://t.me/ambissitivee

2. Materi Ambis SMP & SMA

Sumber : Pribadi
Sumber : Pribadi

Mirip seperti ambissitivee_, channel ini berbagi seputar seputar UTBK, Olimpiade, Catatan materi kelas 7-12 juga latihan soal dan kuis. Channel itu sudah memiliki 46 ribu subscriber .

Kamu bisa bergabung di channel ini  https://t.me/ambistopia

3. Kumpulan Materi Ambis

Sumber : Pribadi
Sumber : Pribadi

Channel ini lebih sering berbagi tautan, file, dan tautan drive e-book. Materinya pun mencangkup materi sekolah, UTBK, hingga CPNS. Channel ini memiliki 98 subscriber.

Kamu bisa bergabung channel ini https://t.me/educatiest

4. Soal dan Materi Ambis

Sumber : Pribadi
Sumber : Pribadi

Channel ini berbagi ribuan soal dan materi gratis mulai dari soal sekolah, UTBK hingga CPNS. Kamu bisa mendapatkan big book juga di sini. Berguna banget kan, buat tambah-tambah materi. Channel ini sudah mempunyai 40 ribu subscriber.

Kamu bisa bergabung di channel ini https://t.me/Siap_PTN

5. Berbagi Latihan & Pembahasan Soal

Sumber : Pribadi
Sumber : Pribadi

Seperti judulnya, channel ini berbagi latihan dan pembahasan soal lho. Kamu tinggal mengerjakan latihan lalu melihat pembahasan di bawahnya.

Kamu juga bisa mengirimkan kiriman soal dan pembahasan lewat owner yang nantinya bisa diteruskan ke channel. Kamu bisa membantu temanmu yang lain. Channel ini sudah memiliki 32 ribu subcriber.

Kamu bisa bergabung di channel ini  https://t.me/berbagisoal

6. Grub Ambis Untuk PTN

Sumber : Pribadi
Sumber : Pribadi

Buat kamu yang lagi berjuang buat UTBK, grub ini sangat recommended. Kamu bisa menanyakan soal yang bisa dijawab oleh teman lain, tanya-tanya seputar dunia perkuliahan, juga kuis yang sudah terjadwal. Kamu bisa mengikuti kuis dengan materi yang berbeda setiap hari lho. Seperti materi soshum, saintek, tps, maupun random. Grub ini sudah memiliki 1 ribu lebih anggota.

Kamu bisa join di grub ini,  https://t.me/ambisforptn

Nah, itu dia ulasan beberapa channel telegram yang bisa dicoba. Di dalam beberapa saluran tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur bot quiz. Selamat mencoba!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Safania Elda