5 Perusahaan Otobus Dengan Armada Paling Banyak Di Indonesia


5 Perusahaan Otobus Dengan Armada Paling Banyak Di Indonesia 1

Di indonesia,kendaraan umum seperti bus masih menjadi pilihan transportasi utama bagi masyarakat indonesia, tentunya bermunculan berbagai macam perusahaan otobus guna menjadi pelayan kebutuhan masyarakat akan transportasi, nah pada artikel kali ini kita akan membahas singkat tentang 5 perusahaan otobus dengan jumlah armada atau bus terbanyak di indonesia,yuk simak ulasan nya.

PO SINAR JAYA

5 Perusahaan Otobus Dengan Armada Paling Banyak Di Indonesia 3

Perusahaan otobus ini didirikan oleh bapak herman rusly dan bapak rasyidin karyana,perusahaan ini berasal dari bekasi,po ini berdiri pada tahun 1982,dulu po sinar jaya sangat terkenal akan kecepatannya,namun seiring waktu untuk alasan keamanan dan keselamatan,pihak po sendiri membuat peraturan bagi driver bus agar tidak boleh memacu kendaraan nya dengan kecepatan di atas rata-rata,sehingga perusahaan ini sendiri menjatah bahan bakar agar driver tidak memacu kencang kendaraan nya.

dan berbicara soal unit armada,po sinar jaya di dominasi oleh sasis bus hino,dengan jumlah armada nya yang tergabung dalam sinarjaya group di perkirakan 1000 armada lebih.

 

AKAS GROUP

Perusahaan otobus ini didirikan oleh karman amat pada tahun 1956,nama AKAS sendiri merupakan akronim atau singkatan dari AMAT KARMAN ALI SEKELUARGA,perusahaan otobus ini berasal dari jawa timur,tentunya mungkin pembaca yang berasal dari jawa timur pasti kenal dengan po bus ini,sekarang armada yang tergabung dalam AKAS GROUP ini berjumlah 1500 unit lebih.

HIBA GROUP

Perusahaan otobus ini didirikan oleh hermawan singgih pada tahun 1949,berasal dari jakarta timur,awalnya HIBA hanya beroperasi pada penyewaan bus dan distribusi logistik.seiring berjalan nya waktu HIBA mulai menggeluti bidang jasa angkutan umum,dan membuka trayek AKAP (antar kota antar provinsi) pada tahun 90an dengan nama PO LAJU PRIMA.

umum nya armada perusahaan otobus ini di dominasi oleh sasis hino,karena perusahaan ini bekerjasama dengan pabrikan hino indonesia,dan mendapat kepercayaan untuk membuka dealer hino sendiri yakni HIBA INDO ARMADA MOTOR,untuk jumlah armadanya sendiri di perkirakan mencapai 2000 lebih armada bus.

 

MAYASARI GROUP

Mayasari sendiri merupakan salah satu perusahaan  otobus yang masih bertahan di jabodetabek,didirikan oleh amir mahfud pada tahun 1964 dan bermarkas di cijantung jakarta timur.

pada tahun 2016 pihak direksi menyurati gubernur DKI jakarta pada waktu itu yakni basuki tjahaja purnama perihal kesiapan nya bergabung dalam PT.TRANSJAKARTA, maka saat itu mayasari group telah resmi menjadi salah satu operator transjakarta dengan bayaran per kilometer,tak tanggung-tanggung pihak mayasari langsung memborong 300 unit sasis premium asal eropa seperti scania dan mercedes-benz,diperkirakan jumlah armadanya saat ini mencapai 2500 unit.

 

PERUM DAMRI

5 Perusahaan Otobus Dengan Armada Paling Banyak Di Indonesia 4
Merupakan akronim dari PERUSAHAAN UMUM DJAWATAN ANGKUTAN MOTOR REPUBLIK INDONESIA,damri memiliki sejarah yang panjang di indonesia,di bentuk pada tahun 1946 berdasarkan maklumat menteri perhubungan republik indonesia no.1/DAM/46,dengan tugas utama menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus,truk,dan angkutan bermotor lainnya

lalu pada tahun 1961 DAMRI berubah menjadi badan pimpinan umum perusahaan negara(BPUPN) berdasarkan PP No.233 tahun 1961.lalu pada tahun 1965 BPUPN di hapus dan DAMRI ditetapkan menjadi PN(perusahaan negara).

kemudian pada tahun 1984 DAMRI berubah status lagi menjadi perum(perusahaan umum) berdasarkan PP No.30 tahun 1984.kemudian pada tahun 2002 status DAMRI di sempurnakan dengan PP No.31 tahun 2002,pada tahun 2018 DAMRI mengganti logo/Re-branding dengan konsep pendekatan branding,tagline,dan brand guideline.diperkirakan jumlah armada nya saat ini yang tersebar di seluruh indonesia mencapai lebih dari 5000 armada.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Sayyid Aulia Akbar Alhabsyi

   

Menempuh dan fokus di jurusan halu selama beberapa dekade,hingga mencapai master

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments