Pasar Tradisional Surowono di Lereng Merapi Klaten


Pasar Tradisional Surowono di Lereng Merapi Klaten

Pasar dibawah lereng gunung Merapi ini bernama Pasar Surowono, yang ada di kecamatan Kemalang Kabupaten , . Pasar ini selalu ramai setiap paginya. Namun pasar ini lebih ramai pada pasaran jawa tertenntu yaitu saat pasaran Pon dan Pasaran Kliwon.

Pasar Tradisonal ini tidak terlalu jauh dari gunung Merapi, dan lokasinya memang startegis dengan udara yang dingin menyelimuti para pedagang yang berjualan.

Kebanyakan mereka berbondong-bondong menjajakan jualan mereka, ada mobil pick up bak yang berjejer dan tertata rapi disekitar pasar. Pedagang lalu lalang, pembeli yang silih berganti datang.

Ada truk lalu lalang saling bertatapan, membawa muatan papsir maupun batu, karena di pasar ini merupakan jalur galian C yang membawa material vulkanik di gunung merapi.

Pemandangan Gunung Merapi Yang nampak Dekat

Jika kita berada disini, kita aan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah gunung Merapi yang terlihat sangat jelas dan nampak dekat sekali dengan pasar ini. Ketika cuaca cerah akan nampak jelas, namun saat musim penghujan atau mendung pemandangan Merapi tak bergitu terlihat bahkan sama sekali tidak terlihat.

Merapi sendiri mengalami erupsi besar terakhir pada tahun 2006 dan tahun 2010, dan mayoritas penduduk disekitar lereng mengungsi ke tempat yang lebih aman. Tak terkecuali aktivitas di Pasar Surowono ini, yang lengang saat peristiwa Erupsi satu dekade silam.

Aneka Jajanan Sayuran Buah

Sama halnya dengan pasar tradisional pada umumnya, di Pasar Surowono ini banyak tersedia aneka jajanan, sayuran, buah-buahan dan bumbu-bumbu dapur sembako dan lain lain, dan terasa alengkap sudah bagi mereka yang membutuhkan itu semua.

Tidak terlalu sumpek

Seperti pasar pasar tradisional pada umumnya, di Pasar Suworono karena udara di tempat ini selalu dingin, maka ketika desak-desakan pun tak terasa panas atau gerah. Bahkan mereka asik aja berbelanja menawarkan dagangan mereka sambil bersendau gurau satu sama lain.

Akses menuju banyak tempat wisata

Selain pasar, juga tempat ini merupakan akses menuju ke beberapa obyek wisata terkenal di Merapi. Namun harus tetap berhati hati jika melewati pasar ini, karena aktivitasnya yang padat dan selalu ramai hampir menutup jalan dan juga lalu lintas kendaraan truk bermuatan berat yang silih berganti.

Pasar ini telah lama ada, dan menjadi pusat ekonomi di daerah Surowono dan sekitarnya. Namun bukan hanya pribumi saja yang selalu meramaikan pasar ini, bahkan orang diluar daerah pun yang penasaran datang ke Pasar ini. 

Petunjuk Jalan

Hal yang paling utama adalah petunjuk jalan menuju pasar ini, dimana ketika kita dari arah Kota , Kita menuju ke arah Kecamatan Kemalang, jika sudah sampai ke Pasar Kembang, Kemalang, maka belok kanan arah ke Tlogowatu dan Surowono.

Petunjuknya sangat mudah hanya saja akses jalannya yang kurang begitu baik, dan harus berbarengan dengan lalu lintas kendaraa truk yang bermuatan berat dan tentunya harus pakai masker dan kacamata karena debu bertaburan dimana mana.

Baca Juga

Exit mobile version