Menjelajah Dinginnya Dataran Kanada Untuk Menemukan Jati Diri


Menjelajah Dinginnya Dataran Kanada Untuk Menemukan Jati Diri 1

Mengisahkan perjalanan Buck, seekor anjing untuk bertahan hidup di Yukon dengan bertemu berbagai majikan dan akhirnya menemukan jati dirinya.

Film ini berlatarkan tahun 1890an, dan di Yukon, Kanada sedang marak-maraknya perburuan emas. Buck, seekor anjing rumahan asal California dicuri dan dijual ke Yukon, jauh dari rumahnya. Setelah tiba di Yukon, Buck bertemu dengan John Thornton, dan mengembalikan harmonikanya yang jatuh. Di Yukon, Buck dijual dan dibeli oleh Perrault, seorang tukang pos untuk menjadi salah satu anjing penarik kereta es miliknya.

Ketika menjadi bagian dari tim penarik kereta miliki Perrault, Buck belajar caranya bekerja sama dan patuh akan perintah majikan. Buck menjadi anjing yang disayangi oleh majikannya. Hal ini menimbulkan kecemburuan bagi Spitz, pemimpin anjing dalam tim tersebut. Pada suatu malam, Spitz menyerang Buck demi membuktikan siapa pemimpin dari tim tersebut. Buck menang, dan di akhir pertarungan Spitz pergi meninggalkan kawanan.

Yukon, Kanada
Yukon, Kanada

Paginya, Perrault kehilangan Spitz sebagai pemimpin kawanan dan akhirnya memilih Buck menggantikan Spitz. Untuk pertamakalinya, Perrault yang biasa terlambat sehari dalam mengantar surat, kini dapat mengantarkan surat tepat waktu. Perjalanan Buck sebagai pemimpin kawanan tak lama. Perrault menerima surat resmi pemberhentian tugasnya di akhir kota pemberhentiannya. Perrault terpaksa menjual kawanan anjingnya yang telah memiliki ikatan batin dengannya.

Perrault mengajarkan kawanan anjingnya mengenai rute yang harus ditempuh
Perrault mengajarkan kawanan anjingnya mengenai rute yang harus ditempuh

Perjalanan Buck tak sampai disitu, Buck menemukan majikan baru, Hal, seorang kaya yang berusaha mencari keberuntungan dengan mencari emas. Hal yang angkuh membeli Buck dan timnya untuk membawanya mencari emas. Dalam perjalanannya yang cukup berat, Buck dan kawanannya dipaksa untuk terus mengikuti perintah Hal meskipun Buck dan kawanannya sudah lelah. Ketika Buck sudah berada dipuncak kelelahannya, John datang menyelamatkan Buck dan memperingatkan Hal untuk tidak melanjutkan perjalanannya karena kondisi yang tidak memungkinkan. Singkat cerita, John membawa Buck ke rumahnya.

Buck menemukan majikan baru, John, seorang pria tua yang hidup menyendiri dan menghabiskan kesehariannya dengan minum minuman keras sebagai penyesalan akan kematian anaknya. Buck menghentikan John dari kebiasaan buruknya dan John membawa Buck untuk melakukan perjalanan yang dimimpikan oleh anaknya untuk pergi ke luar dari peta.

Buck beserta kawanannya dengan majikan yang baru
Buck beserta kawanannya dengan majikan yang baru

John dan Buck melakukan perjalanan, dan mereka menjadi sahabat karib. Mereka akhirnya menemukan rumah kecil di pinggir sungai sebagai tempat mereka untuk beristirahat. Meskipun belum berada di luar peta, tapi disitulah tujuan akhir mereka. Buck bertemu dengan kawanan serigala dan belajar berburu dari mereka. John menjadi penambang emas, dan menemukan banyak emas di sungai pinggir rumahnya.

Buck dan John melakukan petualangan
Buck dan John melakukan petualangan

Buck mulai jarang pulang ke rumah. John merasa bahwa Buck telah menemukan jati dirinya, menjadi anjing liar, dan John melihat ke dirinya, sudah pulangkah dia? Akhirnya John memutuskan untuk pulang ke rumah keluarganya dan pergi meninggalkan Buck. Di malam sebelum John pergi, Hal datang untuk membalaskan dendamnya, untungnya Buck datang menyelamatkan John dan mendorong Hal masuk ke dalam rumah kecil yang dalam kondisi hancur terbakar. Hal mati tertimpa atap rumah, dan John meninggal terkena tembakan Hal.

Buck kehilangan majikannya untuk kesekian kali, tapi kini Buck telah belajar banyak. Mulai dari melawan ketakutannya sendiri, belajar mandiri dan bekerjasama, serta pada akhirnya dia belajar berburu dan memimpin kawanan. Perjalanan yang panjang ini menuntun Buck untuk menjadi majikan atas dirinya sendiri.

Buck menemukan jati dirinya
Buck menemukan jati dirinya

Film ini bergenre petualangan dan drama. Film dimulai dengan narasi dari John yang diperankan oleh Harrison Ford. Film ini cocok untuk ditonton bersama sebagai film keluarga. Dengan tokoh utama Buck yang mengajarkan pentingnya untuk belajar. Buck belajar dari anjing rumahan yang manja menjadi seekora anjing yang penurut, disiplin, dan mau bekerjasama. Dan diakhir cerita, Buck belajar melawan ketakutannya dan menjadi seorang pemimpin dalam kawanan.

Film ini mendapatkan 6.8/10 dari IMDb dan 61% dari Rotten Tomatoes.

Dari saya sendiri, film ini mendapatkan 8/10 karena banyak pesan moral yang ditanamkan oleh film ini melalui perjalanan hidup Buck. Film ini mungkin terkesan panjang bagi beberapa penonton karena puncak masalah berbeda pada tiap-tiap majikan si Buck. Ketika masalah selesai, eh, ternyata Buck jatuh ke tangan majikan yang lain.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Adriel Prastyanto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap