Rekomendasi Novel Bertema Ayah

Rekomendasi Novel Bertema Ayah 1

Ayah adalah sosok laki-laki yang menjadi cinta pertama bagi putrinyaAnnonymous

Rasa-rasanya kutipan tentang ayah ini sudah sering sekali kita temukan. Baik di media sosial maupun dikehidupan sehari-hari. Bisa secara tersurat lantang terucap, maupun tersirat penuh drama dan kegalauan. Beruntunglah bila masih memiliki manusia terbaik di bumi.

Tapi bagi kalian yang ayahnya telah lama berada di tempat terbaik daripada apapun di dunia ini, maka semoga buku-buku di bawah ini bisa menyembuhkan rindu yang tidak memiliki temu. 

Sabtu Bersama Bapak

Sabtu Bersama Bapak
Sabtu Bersama Bapak

Novel karya Adhitya Mulya ini telah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama pada tahun 2016. Buku ini mengisahkan tentang seorang ayah dengan dua anak laki-lakinya. Sayangnya Bapak – begitu panggilannya, harus meninggalkan mereka untuk selama-lamanya.

Kesedihan hatinya adalah bukan karena sakit yang diderita, melainkan bagaimana cara membantu istrinya dalam mendidik anaknya nanti jika dia mati. Maka tercetuslah sebuah ide untuk membuat video yang akan ditayangkan oleh istrinya sesuai waktu yang telah dipersiapkan oleh Bapak.

Pemutaran video-video ini adalah setiap hari Sabtu sepulang anak-anak sekolah. Isi dari setiap kaset adalah pembelajaran dari seorang ayah untuk anak-anaknya. 

Buku ini sangat bagus dibaca kalangan milenial juga sebab bisa menambah wawasan tentang parenting dan bagaimana cara menjadi ayah. 

Ayah

Ayah
Ayah

Siapa yang tak kenal Andrea Hirata? Atau setidaknya pasti pernah mendengar namanya disebut. Kali ini beliau hadir dengan karya yang berjudul “Ayah”. Sesuai dengan judulnya, kisah yang disajikan adalah kisah tentang perjuangan seorang Sabari yang sabar, sejak dulu hidupnya penuh derita. Kisah cinta dengan Marlena yang tidak mulus, mereka menikah untuk kemudian berpisah.

Dari pernikahan mereka melahirkan seorang anak laki-laki bernama Zorro. Walau bukan anak kandung Sabari, tapi dia tetap menyayangi Zorro melebihi apapun di dunia ini. Hingga pada akhirnya perpisahan itu nyata adanya. Marlena menceraikan Sabari lalu pergi berkelana membawa Zorro. 

Bagaimana dengan Sabari? Sabari yang sabar berubah menjadi Sabari yang depresi. Hidup segan mati tak mau. Satu kampung berduka atas kesedihan Sabari. Beruntung dia memiliki dua sahabat sejak kecil yang akhirnya mau berkelana mencari sosok Marlena dan Zorro. 

Ayahku (Bukan) Pembohong

Ayahku (Bukan) Pembohong
Ayahku (Bukan) Pembohong

Novel karya Tere Liye ini sudah berganti sampul tiga kali sejak cetakan pertama sampai artikel ini dibuat. Kisah di dalamnya menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Dam yang dibesarkan bersama dongeng-dongeng masa lalu yang dikisahkan ayahnya. Awalnya memang sangat menyenangkan mempunyai seorang ayah yang pintar bercerita, namun seiring beranjak dewasa, Dam merasa ada yang salah dengan cerita-cerita itu.

Dia menuduh bahwa ayahnya adalah seorang pembohong yang menceritakan cerita-cerita bohong namun seolah-olah memang betul pengalaman hidupnya semasa dulu. Betapa terlukanya hati Ayah yang terkenal jujur dan berwibawa itu dituduh pembohong oleh anak kandungnya sendiri. Hingga pada akhirnya Dam menyadari sesuatu ketika semuanya sudah terlambat. 

***

Itulah beberapa rekomendasi Novel bertema Ayah dan dari semua judul di atas, yang paling mengaduk-aduk perasaan menurut saya adalah “Ayah”-nya Andrea Hirata sebab saya juga merasakan betapa kehilangan bisa merenggut akal sehat sekalipun. 

Akhir kata, terimakasih sudah membaca!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

emde